Seputar Blora

POLRES BLORA GELAR TACTICAL FLOOR GAME


Kepolisian Resor Blora, Polda Jateng menggelar Tactical Floor Game di lapangan Apel Mapolres Blora guna menyambut kesiapan pengamanan malam penggantian tahun baru 2017 menuju 2018.

“Inti dari kegiatan Tactical Floor Game adalah, menggambarkan titik-titik rawan, selama malam pergantian tahun, 2017 ke 2018. Seperti tempat objek vital, titik-titik 6 panggung hiburan, serta titik-titik kerawanan baik kejahatan maupun kemacetan,’’ kata Kapolres Blora AKBP Saptono, Jumat (29/12).

Dengan menggunakan peta yang diberi nama adalah sebuah permainan seperti rumah-rumahan tiga dimensi yang dilengkapi boneka orang-orangan yang merupakan rangkaian pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai.

Tujuan dari digelarnya acara ini adalah untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan pasukan baik pada saat aman maupun situasi kontijensi.

Untuk pengaman di dua wilayah prioritas yakni di Kecamatan Cepu dan kota Blora, Polres Blora akan menerjunkan ratusan personil gabungan dari Satuan Lantas, Reskrim, Intel, Sabhara, dan Binmas. Tak hanya itu Polres Blora juga menggandeng instansi terkait seperti TNI Kodim 0721/Blora, BPBD, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja Blora dalam pengamanan malam bergantian tahun.

“Sesuai rencana apel gelar pasukan pengamanan malam tahun baru akan digelar besok hari Minggu (31/12/17) pukul 16.30 WIB di Mako Sat Lantas Polres Blora,” kata AKBP Saptono.

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, demi ketertiban dan keamanan, sudah disosialisasikan kepada masyarakat tentang penutupan arus poros-poros jalan, baik roda dua maupun roda empat.

Jalur rekayasa lalulintas yang dimaksud antara lain, yang pertama, simpang empat Bangkle yang menuju kota ditutup. Untuk kendaraan dari arah timur menuju arah Purwodadi diarahkan melalui jalur selatan menuju simpang empat Biandono. Dan, untuk tujuan Rembang ke arah utara menuju simpang empat Karangjati.

Yang ke dua, simpang empat Karangjati yang menuju kota ditutup. Jika ke Cepu diarahkan melalui jalan Ki Soreng menuju simpang empata Bangkle. Dan untuk arah ke Purwodadi diarahkan melalui Jalan Taman Makam Pahlawan (TMP) menuju simpang empat Biandono.

Selanjutnya yang ke tiga, simpang empat Biandono yang menuju kota ditutup dan semua kendaraan dari barat belok ke kiri Jalan Agil Kusumodiyo.

Kemudian yang ke empat, jalan protokol, mulai dari Alun-Alun Blora sampai dengan Blok T, khusus diperuntukkan bagi pajalan kaki.
Dari penjelasan tersebut AKBP Saptono memastikan bahwa jajaran Polres Blora siap mengamankan malam Tahun Baru 2018.
“Kita all out dan bersinergi dengan TNI dan instansi terkait lainnya. Semua bertindak dan bergerak sesuai dengan porsi tugas masing-masing, serta saya minta kepada masyarakat untuk bisa tertib,” tegasnya.


ANGKA KECELAKAAN MENURUN TAHUN 2017

Kasatlantas Polres Blora AKP Febriyani Aer melalui Kanit Laka Ipda Zainul Arifin mengatakan, menurunnya angka kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2017 menjadi bukti kegiatan operasi yang digalakkan Satuan Lalu Lintas Polres Blora ada manfaatnya. Dibandingkan tahun 2016, angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan hingga lebih 20 persen.

"Angka kecelakaan lalu lintas di tahun 2017, hingga tercatat terakhir pada 28 Desember mengalami penurunan. Di tahun 2016, angka kecelakaan lalu lintas tercatat ada 507 peristiwa. Setelah Bu Kasat (AKP Febriyani Aer) sepanjang 2017 memprogramkan giat operasi dan patroli, angka kecelakaan turun menjadi 383 peristiwa hingga 3 hari jelang pergantian tahun," jelas Ipda Zaenul Arifin.

Turunnya angka peristiwa ini diyakini disebabkan kegiatan operasi yang gencar dilakukan Satlantas Polres Blora. Hal ini juga terbukti dari lebih rendahnya angka peristiwa kecelakaan lalu lintas di banding 2015 yang tercatat 453 peristiwa.

"Kita gencar melakukan kegiatan operasi (lalu lintas). Kita ada operasi di pagi hari, kemudian siang hari, dan malamnya dilanjutkan dengan patroli," sebut Ipda Zaenul Arifin.

Dengan menurunnya angka peristiwa kecelakaan lalu lintas, otomatis korban dan kerugian juga mengalami penurunan dibanding satu tahun sebelumnya.

"Di tahun 2017, dari jumlah peristiwa 383 ini menyebabkan korban meninggal dunia tercatat 78 orang dalam 66 peristiwa kecelakaan lalu lintas," ungkap Kanit Laka.

Angka korban meninggal dunia di tahun ini cukup jauh di bawah angka korban yang sama di tahun 2016 dan 2015. Di tahun 2015, dengan angka peristiwa 453 kecelakaan lalu lintas mengakibatkan jumlah korban meninggal lewat dari 100 orang. Sementara di tahun 2016, meskipun angka peristiwanya naik namun jumlah korban meninggal turun menjadi 92 orang.

"Untuk korban luka berat di tahun 2017 tercatat ada 18 orang, dan luka ringan tercatat 517 orang." ucapnya.

Angka kecelakaan lalu lintas dan korban dari akibat peristiwa-peristiwa itu tercatat terakhir pada 28 Desember. Angka ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Namun diharapkan angka tersebut tidak berubah hingga perubahan tahun.

"Karena itu kami mengimbau agar nanti di malam jelang pergantian tahun dan sesudahnya di dinihari, para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaannya saat berkendara," imbau Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aer melalui Kanit Laka Ipda Zainul Arifin.

Di malam perayaan pergantian tahun, kata Kanit Laka, dipastikan lalu lintas akan padat. Warga akan turun ke jalan, dan sebagian dipastikan akan merayakannya sambil berlalu-lalang dengan kendaraannya.

"Maka untuk terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan tidak menambah daftar korban, para pengendara sebaiknya selalu waspada, baik itu saat membelok, menyeberang, maupun menyalip. Karena kebanyakan peristiwa kecelakaan lalu lintas bermula dari sini," imbaunya lagi.

Selain itu saat berkendara melintas di persimpangan agar mengurangi kecepatan (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    68 LMDH Terima Dana Sharing dari Perhutani
    17 Januari 2018 Jam 05:58:00

    Enam Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) di wilayah Kabupaten Blora, yaitu KPH Blora, Cepu,...

    Wabup Arief Rohman Hadiri Lepas Sambut Sembilan Kapolsek Polres Blora
    17 Januari 2018 Jam 04:12:00

    Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman menyampaikan kepada sembilan Kapolsek Polres Blora yang baru...

    Bupati Djoko Nugroho Tegasi Larangan Curi Kayu di Hutan
    17 Januari 2018 Jam 03:21:00

    Bupati Blora Djoko Nugroho menegaskan, warga dilarang untuk mencuri kayu, tapi kalau ambil...