Berita Terkini

Kemenag Blora Gelar Upacara Hari Amal Bhakti Ke-72


Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Blora melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari Hari Amal Bhakti (HAB) ke 72 tahun 2017, Rabu (3/1/2018). Upacara dilaksanakan di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Blora, Jl.Gatot Subroto KM 4 Blora.

Pada upacara itu Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si menjadi inspektur upacara dengan diikuti 600 peserta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Blora.

Pelaksanaan upacara berjalan khidmat dengan dilanjutkan penyerahan berbagai hadiah, penghargaan, dan pelantikan komite madrasah tingkat MI, MTs, dan MA se Kabupaten Blora oleh Kepala Kemenag Blora, Nuril Anwar.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si mengucapkan terimakasih karena selama ini Pemkab bisa bersinergi dan bekerjasama dengan baik bersama Kemenag dalam berbagai aspek sosial keagamaan maupun pendidikan. Ia berharap kondisi ini bisa terus ditingkatkan agar kedepan Blora bisa lebih baik lagi.

Wabup Arief Rohman, membacakan sambutan Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin. Ia mengucapkan Selamat Hari Amal Bakti ke-72 kepada seluruh jajaran keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Blora.

“Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita,” terangnya.

Menurutnya, Kementerian Agama bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia. Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa adalah jantung kebangsaan, tempat bertemunya semangat beragama dan cinta Tanah Air.

Sila kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab berintikan ajaran universal semua agama dalam menghargai jiwa, kehormatan, dan kehidupan setiap manusia. Sila ketiga, Persatuan Indonesia bermakna ikatan bangsa yang merajut keberagaman dan keberagamaan masyarakat Indonesia.

Sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan mewujudkan pada sistem demokrasi yang khas Indonesia. Dan, sila kelima, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia diterjemahkan dalam kebijakan menggerakkan segenap sumberdaya demi perbaikan nasib dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata.

“Melihat amat pentingnya tugas itu, maka pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Misi itu antara lain: mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kemenag Blora, Nuril Anwar memaparkan, upacara yang dimulai pukul 08.00WIB merupakan puncak peringatan HAB Kementerian Agama ke- 72 di Blora. Sebelumnya telah dilaksaksanakan agenda jalan santai pegawai Kantor Kemenag Blora dan Tahtiman bersama anak yatim.

“Ada tiga agenda yang dilaksanakan dalam rangka HAB ke- 72 ini. Diantaranya, Tahtiman bersama anak yatim pada tanggal 2 Desember 2017, dilanjutkan dengan jalan santai pada tanggal 29 Desember 2017 dan kali ini upacara bendera,” ujarnya. (Dinkominfo Kab. Blora | Tim)

    Berita Terbaru

    68 LMDH Terima Dana Sharing dari Perhutani
    17 Januari 2018 Jam 05:58:00

    Enam Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) di wilayah Kabupaten Blora, yaitu KPH Blora, Cepu,...

    Wabup Arief Rohman Hadiri Lepas Sambut Sembilan Kapolsek Polres Blora
    17 Januari 2018 Jam 04:12:00

    Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman menyampaikan kepada sembilan Kapolsek Polres Blora yang baru...

    Bupati Djoko Nugroho Tegasi Larangan Curi Kayu di Hutan
    17 Januari 2018 Jam 03:21:00

    Bupati Blora Djoko Nugroho menegaskan, warga dilarang untuk mencuri kayu, tapi kalau ambil...