Berita Terkini

OPD DIMINTA AKTIF UPDATE DATA WEBSITE


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortala) menggelar Rapat Koordinasi Tim SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dengan mengundang seluruh Kasubag Program dan staf yang berkaitan dengan penyusunan SAKIP dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kab.Blora.

Rakor berlangsung di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora, Selasa (23/1) dibuka dan dipimpin langsung oleh Sekda Drs. Bondan Sukarno MM didampingi Asisten 3 Bidang Administrasi Chris Hapsoro AW dan Kabag Ortala Riyatno.

Dalam sambutannya, Sekda Drs. Bondan Sukarno MM menyampaikan pentingnya transparansi atau akuntabilitas dalam kinerja pemerintahan. Ia meminta rencana kinerja hingga pencapaiannya dapat disajikan dalam sebuah data yang tersaji untuk publik, misalnya diupload di website dinas atau OPD terkait.

“Semua OPD harus memiliki website dan menjalankan dengan baik. Datanya harus terus diperbaharui. Masak update youtube bisa, tapi kantornya tidak memiliki website untuk menyajikan data kinerja. Mari bersama-sama kita dorong agar website seluruh OPD bisa dijalankan dengan baik untuk menunjang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah,” ucap Bondan Sukarno.

Menurutnya, hingga saat ini belum semua OPD memperoleh nilai baik dalam penilaian SAKIP. Terbukti dari 10 OPD percontohan yang dinilai sepanjang kinerja tahun 2016 kemarin masih ada empat OPD yang nilainya CC (belum B).

“Salah satu penyebabnya adalah belum terpublikasinya perjanjian kinerja dan rencana kinerja. Padahal ini sepele, tinggal diupload saja di website sebenarnya sudah selesai. Ayo aktif menjalankan website untuk menyajikan data dan informasi,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Ortala Setda Blora Riyatno menyatakan bahwa setiap tahun Pemkab melalui seluruh OPD diwajibkan membuat dokumen laporan kinerja instansi Pemerintah (LKJiP), dokumen perjanjian kinerja (PK) dan rencana kinerja tahunan.

“Semua dokumen itu dilaporkan kepada Menteri Bappenas, Menpan RB, Mendagri dan Gubernur selambat-lambatnya31 Maret 2018 untuk penilaian kinerja tahun 2017 kemarin. Sehingga agar hasilnya bisa baik, kali ini kita laksanakan rakor untuk penyusunan dokumen akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Kami ingin semua OPD bisa memperoleh nilai B,” terangnya. (Dinkominfo Kab. Blora | Tim)

    Berita Terbaru

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...

    Tunjangan Hari Raya 2024 Pegawai ASN Pemkab Blora Capai Rp46,3 Miliar
    28 Maret 2024 Jam 09:42:00

    Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Blora, Slamet Pamudji...