Seputar Blora

Siswa SMPN 1 Sambong Dibekali Pengetahuan Safety Riding Berkendara


Satuan Lalu Lintas Polres Blora mengadakan kegiatan pengetahuan safety riding kepada siswa di SMP Negeri 1 Sambong, Selasa (20/2). Kegiatan bertujuan membentuk karakter para pelajar agar lebih disiplin berlalu lintas dijalan saat mengendarai kendaraan.

Acara yang dipimpin oleh Kanit Dikyasa Lantas Polres Blora Iptu Yoga dibantu oleh tiga anggota Polisi Bripda Ariana Jovi, Bripda Ganang dan Brigadir Minal Sobirin. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak kurang lebih 120 siswa kelas 3 SMP didampingi 4 guru wali kelas.

“Tujuan jangka pendeknya adalah mengurangi pelanggaran dan korban kecelakaan pada usia pelajar. Sedangkan jangka panjangnya adalah munculnya kepatuhan yang benar-benar berangkat dari kesadaran mereka sendiri yang sudah tertempa sejak usia dini,” ujar Iptu Yoga.

Dijelaskannya, kesadaran aka pentingnya kedisiplinan dalam berlalu lintas harus ditanamkan sejak usia dini mulai dari siswa TK, SD, SMP, SMA sampai dengan Perguruan Tinggi.

Sebab, lanjut dia, yang sering menjadi korban adalah usia-usia Produktif seperti anak-anak pelajar sampai dengan usia 40 tahun, tetapi yang paling besar adalah dari para pelajar yang masih belum dewasa dalam berkendara dan bersikap seperti bermain dengan kendaraan bermotor dengan cara kebut-kebutan di jalan.

Dalam kegiatan tersebut para siswa diberikan pengetahuan Sosialisasi UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan, Etika lalu lintas, dan pengetahuan tilang. Tak hanya itu mereka juga diberikan pemahaman tentang bahaya dan dampak kecelakaan lalu lintas akibat dari pelangaran yang tidak memperhatiakn keamanan saat berkendara.

“Mereka harus mengetahui aturan keselamatan berkendaraan. Kecelaaan lalulintas kebanyakan karena faktor pengendara, karenanya setiap pengendara harus mengetahui berbagai hal terkait keselamatan berkendara,” katanya.

Selama kegiatan berlangsung para siswa SMP N 1 Sambong sangat antusias dan memperhatikan apa yang disampaikan petugas. Mereka juga diberikan kuis oleh petugas dengan hadiah seperangkat alat tulis bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan.

“Kami terus melakukan sosialisasi, untuk sementara kami berikan teguran bahkan sampai penindakan bagi pelajar di bawah umur yang masih nekat menggunakan sepeda motor,” jelasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Pembangunan Wilayah Perbatasan Dinantikan Masyarakat
    12 Desember 2018 Jam 15:47:00

    Bupati Blora, Jawa Tengah, Djoko Nugroho mengatakan hubungan antara Kabupaten Blora dan...

    Kirab Budaya Hari Jadi Blora ke-269 Meriah
    11 Desember 2018 Jam 09:57:00

    Kirab Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-269 berlangsung meriah dan sukses di gelar...

    Pertemuan Gabungan Persit Sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi
    10 Desember 2018 Jam 11:42:00

    Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Candra Kirana (KCK) LX Batalyon Infanteri (Yonif) 410...