Berita Terkini

Media Center Blora Dapat Penghargaan Kemenkominfo RI


Media Center Kabupaten Blora mendapat penghargaan pengelolaan media center terbaik 2017 dari Kementerian Kominfo RI. Penghargaan diserahkan Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Republik Indonesia Rosarita Niken Widiastuti kepada Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono bersama sejumlah pengelola media center kabupaten/ kota dan Provinsi lainnya se Indonesia di The Margo Hotel, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (21/2).

Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono mengungkapkan, bahwa penghargaan yang diterima menjadi pemacu semangat dalam menyampaikan informasi yang baik kepada publik.

Disampaikan lebih lanjut, penghargaan yang diserahkan oleh Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI yaitu Pengelolaan Media Center Terbaik 2017 katagori berita dan foto.

“Media Center Kabupaten Blora termasuk salah satu yang dinilai aktif untuk katagori berita dan foto. Jadi sekaligus mendapat dua penghargaan,” ujarnya.

Selain penghargaan, tim dari Blora juga mengikuti bimbingan teknis peningkatan kualitas konten bagi pengelola media center daerah hingga hari Jumat (23/2).

"Harapannya, setelah dapat penghargaan dan mengikuti bimtek, kedepan lebih bisa baik dalam pelayanan informasi publik. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada lembaga/instansi pemerintah maupaun BUMN/BUMD, OPD dan dukungan publik Blora atas sinergitas dan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik," ucapnya.

Diberikannya pengharhargaan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dalam informasi publik media center katogeri konten berita nomor 8 Nasional dan Foto Nomor 4 Nasional.

Tahun 2017 Media Center Daerah (MCD) Prov/Kab/Kota yang dievaluasi/dinilai sebanyak 251 MCD. Dari informasi jumlah tersebut, 145 MCD Aktif dan 112 MCD tidak Aktif.

Dari 145 MCD yg aktif ditetapkn MCD Terbaik adalah MCD Provinsi (Kontribusi Berita) : Riau, Jawa Timur, Gorontalo, Sumatera Barat, Sumatera Selatan. MCD Kab/Kota (Kontribusi Berita) : Kota Batam, Kabupaten Sumenep, Kota Tangerang, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Sleman, Kota Palangkaraya, Kabupaten Balangan, Kabupaten Blora, Kota Palembang dan Kabupaten Agam.

Kemudian MCD Prov/Kab/Kota (Kontribusi Foto) : Kota Teodore Kepulauan, Kabupaten Banjar, Provinsi Riau, Kabupaten Blora, Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Batang, Kabupaten Tabalong, Kota Bengkulu, Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

Pada kesmepatan yang sama Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan Media Center merupakan salah satu simpul jaringan diseminasi informasi strategis dan lokal agar terjadi pertukaran informasi dua arah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Karena itu, peran media center di daerah perlu dioptimalkan untuk mencapai tujuan 3E+1N (Educating, Empowering, Enlightening, Nationalism).

Untuk mengoptimalkan peran media center daerah, lanjut Niken, Direktorat Jenderal (Ditjen) IKP akan membangun portal berita www.indonesia.go.id.

“Portal ini merupakan sumber informasi tentang Indonesia. Diharapkan semua media center di daerah mampu menguasai keterampilan menulis dan berbahasa, karena kita akan menyajikan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris,” terangnya.

"Kesiapan www.indonesia.go.id dalam tataran konsep sudah selesai, dalam bulan depan akan menyusun sumber daya manusia (SDM), serta penyiapan sarana dan prasarana dalam waktu dua bulan ini,” sambungnya.

Masih menurut Dirjen IKP guna menyukseskan hal itu media center daerah memilkiki peran penting dengan mengutamakan akurasi informasi berita.

Harapan dari portal berita ini dapat menampilkan Indonesia seutuhnya sebagai kepentingan nasional dan internasional.
Bimtek yang digelar selama dua hari, Rabu (21/2) hingga Kamis (22/2) yang diikuti oleh Media Center se-Indonesia ini, Ditjen IKP mengundang narasumber Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur Eddy Santoso, J. Heru Margianto dari Kompas.com, Chief Officer Kompasiana Iskandar Zulkarnaen,

Blogger Digital Content Provider sekaligus Konsultan Pr 3.0 (Three Point Zero), Pimpinan Redaksi Infopublik Ahmed Kurnia, Redaktur Foto InfoPublik Agus S. Budiawan, Tenaga Ahli IT Ditjen IKP Rian Heriantono, dan Redaktur Berita Nusantara Info Publik Elvira Inda Sari. (Dinkominfo Kab. Blora | IP | KB).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...