Seputar Blora

Bunda Siaga Ajak Pramuka Cinta dan Peduli Lingkungan


Bunda Siaga Dra. Hj Umi Kulsum Djoko Nugroho meminta anggota Praja Muda Karana (Pramuka Siaga) selalu mengamalkan dan berpedoman pada Dwidarma. Pramuka Siaga juga diminta menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan.

Demikian hal itu disampaikan Bunda Siaga Dra. Hj Umi Kulsum Djoko Nugroho pada sambutan upacara pembukaan Pesta Siaga yang diselenggarakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Blora di komplek SMPN 1 Bogorejo, Kamis (22/2).

“Bunda minta kepada kalian untuk berpedoman pada Dwidarma dalam kehidapan sehari-hari. Siaga berbakti kepada ayah bunda. Siaga berani dan tidak putus asa. Bunda juga minta agar kalian menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Bunda Siaga Dra. Hj Umi Kulsum Djoko Nugroho.

Kebersihan yang dimaksud, kata Bunda Siaga Dra. Hj Umi Kulsum Djoko Nugroho, antara lain membersihkan saluran air agar tidak terjadi genangan air. Ia juga meminta agar Pramuka Siaga waspada terhadap penyakit yang diakibatkan gigitan nyamuk Aedes Aigypti.

Bunda Siaga Umi Khlulsum juga mengajan tanam pohon sebanyak-banyaknya di sekitar kita agar alam tidak rusak. Sehingga saat musim hujan seperti ini tidak terjadi banjir dan tanah longsor.

“Bunda juga minta, kalian kalau menaruh baju jangan sembarangan. Biasakan membantu menguras bak mandi, menutup lubang dan mengubur barang-barang yang rentan menjadi sarang nyamuk. Sehingga kalian semua tidak terjangkit penyakit Demam Berdarah,” jelasnya.

Seperti tahun sebelumnya, Pesta Siaga diselenggarakan bertepatan dengan hari lahirnya Bapak Kepanduan Baden Powell. Tahun ini diperingati sudah yang ke 161.

“Anak-anak Pramuka Siaga seluruh dunia juga mengadakan kegiatan yang sama untuk mengenang Bapak Kepanduan dunia. Tahun ini yang ke 161,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam Pesta Siaga 2018 Barung tergiat 1 dan 2 (putra dan putri) akan mewakili Siaga Blora untuk mengikuti kegiatan yang sama se Binwil Pati pada bulan Maret 2018.

Pesta siaga tahun ini diikuti 32 tim atau barung yang terdiri dari 16 barung putra dan 16 barung putri yang merupakan perwakilan dari 16 Kwarran/Kecamatan se Kabupaten Blora. Tergiat pertama nantinya akan mewakili Blora di Pesta Siaga tingkat Binwil Pati yang akan dilaksanakan bulan Maret.

Secara resmi Pesta Siaga dibuka Bupati Blora Djoko Nugroho. Bupati Djoko Nugroho mengapresiasi diadakannya iven tahunan Pesta Siaga oleh Kwarcab Blora.

Menurutnya, dengan pesta siaga, anak-anak bisa melatih dan mengasah kemampuan diri dalam hal pengetahuan, keberanian, kekompakan dan rasa percaya diri.

“Ini acara yang sangat bagus dalam membangun karakter anak. Disini mereka dilatih kerjasama, saling menolong, kekompakan dan keberanian. Mereka semua adalah bibit unggul, generasi Blora yang pintar dan berani dari seluruh wilayah berkumpul bersama. Pendidikan mereka harus terus diperhatikan,” tegasnya.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Blora H. Arief Rohman, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pesta Siaga 2018 ini dilaksanakan bersamaan dengan hari lahirnya Bapak Pandu Dunia Boden Powel.

“Disini anak-anak akan berlomba menunjukkan keahlian di bidang pengetahuan, kekompakan, seni budaya dan ketangkasan lainnya yang memuat nilai kemandirian, kerjasama, nasionalisme, tolong menolong dan kebernian. Setidaknya ada 11 pos penilaian yang didirikan panitia untuk menilai kemampuan masing-masing tim. Semoga ini bisa mewujudkan generasi penerus yang kuat,” terangnya.

Selama pembukaan, dimeriahkan dengan adanya kuis pengetahuan, tari gambyong, kesenian barongan, pencak silat, penanaman pohon, pelepasan balon dan burung merpati, serta senam bersama goyang Maumere.

Sekadar diketahui, Baden Powell lahir di London, Inggris pada tanggal 22 Februari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Nama Baden Powell diambil dari nama ayahnya Domine HG Baden Powell, seorang Profesor geometri di Universitas Oxford. Ayahnya meninggal paad saat Stephenson masih berusia 3 tahun. Ibunya adalah putri seorang Admiral Kerajaan Inggris bernama WT Smyth.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Blora serta seluruh Pembina Pramuka se Kwarcab Blora. (Dinkominfo Kab. Blora | Tim).

    Berita Terbaru

    Peringatan HPS 2018 Momentum Promosi Potensi Blora
    20 September 2018 Jam 13:52:00

    Kabupaten Blora menjadi tuan rumah peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 tingkat Provinsi...

    Ciptakan Kamtibmas Jelang Pemilu 2019
    20 September 2018 Jam 07:28:00

    Kapolres Blora AKBP Saptono,S.I.K.,M.H memimpin rapat lintas sektoral pengamanan Pemilu 2019....

    Polres Blora Gelar Apel Pasukan Operasi Mantab Brata Candi 2018
    19 September 2018 Jam 11:57:00

    Kepolisian Resor (Polres) Blora, Jawa Tengah melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap...