Seputar Blora

KPU Blora Gelar Program Goes To School


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora membuat program KPU BLORA Goes To School dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tingkat SLTA di Blora. Program itu bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih pemula.

Dalam program KPU BLORA Goes To School ini, KPU Blora tidak hanya memberikan sosialisasi terkait Pilgub Jateng 2018 tetapi juga melakukan pendidikan pemilih pemula yang disebabkan faktor usia.

Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Moesafa, menjelaskan tentang pemilih pemula yaitu mereka yang akan menggunakan hak pilihnya pertama kali. Munculnya pemilih pemula ini disebabkan oleh tiga faktor.

Pertama karena faktor usia, yaitu mereka yang telah berusia 17 tahun pada saat pemungutan suara (27 Juni 2018).

Kedua, faktor perubahan status perkawinan, yaitu mereka yang belum berusia 17 tahun tapi sudah/pernah kawin.

Ketiga, faktor perubahan status dari anggota TNI/POLRI menjadi sipil. Dari ketiga faktor ini, pemilih pemula karena faktor usia merupakan jumlah terbesar dibanding dua faktor lainnya.

“Program KPU BLORA goes to school merupakan upaya untuk memaksimalkan sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 kepada pemilih pemula. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kehadiran pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar 77,5 persen,” jelasnya di Blora, Senin (26/3).

Dijelkaskan lebih lanjut, program ini berjalan di beberapa sekolah diantaranya di SMKN 1 Blora (26/3), SMKN 2 Blora (26/3), dan SMK Ma’arif (27/3).

“Untuk selanjutnya, KPU Blora juga akan menyasar sekolah-sekolah lain diantaranya SMKN Cepu, SMKN Kunduran, SMAN 1 Blora, SMAN 2 Blora, SMAN 1 Cepu, SMAN 2 Cepu, SMAN Ngawen, SMAN Randublatung, dan MAN Blora. Sementara sekolah-sekolah selebihnya akan digarap oleh PPK di wilayah masing-masing,” tandasnya.

Moesafa menambahkan bahwa 27 Juni nanti merupakan momentum bagi pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pertama kali. Secara psikologis, sesuatu yang pertama kali itu biasanya menggairahkan. Program ini diarahkan untuk membantu mengelola ‘kegairahan’ itu tersalur melalui penggunaan hak pilih secara benar agar tidak menjadi kesia-siaan. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...