Berita Terkini

Blora Tuan Rumah Pesta Siaga Tingkat Binwil Pati


Pelaksanaan Pesta Siaga atau pertemuan Pramuka golongan Siaga tingkat Binaan Wilayah (Binwil) Pati berjalan lancar dan sukses di Kabupaten Blora. Acara dilaksanakan di Alun-alun Blora, Rabu (28/3/2018). Pesta Siaga dibuka langsung oleh Bupati Djoko Nugroho sebagai Kamabicab bersama istri Kamabicab Bunda Dra. Hj. Umi Kulsum serta diisi dengan beragam lomba, permainan dan kegiatan edukasi.

Bunda Siaga Dra. Hj. Umi Kulsum menyatakan rasa bangga kepada semua peserta Pesta Siaga yang hadir di Alun-alun Blora. Hal itu dismapaikan pada saat pembukaan pesta siaga di depan perwakilan kontingen Pramuka Siaga dari Kabupaten Pati, Kudus, Jepara, Rembang dan tuan rumah Blora,

Ia juga memberikan semangat agar seluruh peserta bisa menampilkan seluruh kemampuan yang telah disiapkan untuk meraih nilai terbaik.

“Kami percaya bahwa anak-anak semua adalah anak terpilih dan terbaik dari masing-masing Kabupaten. Maka dalam acara ini tampilkanlah kekompakan, kecerdasan dan kekayaan pengetahuan kalian untuk menjadi yang lebih terbaik dari yang sudah baik,” ujar Umi Kulsum.

Di tempat yang sama Bupati Djoko Nugroho menyampaikan hal senada, sebab Blora kali ini menjadi tuan rumah Pesta Siaga untuk anak-anak generasi penerus yang memiliki potensi besar. Ia berahap melalui kegiatan Pesta Siaga ini bisa melahirkan bibit-bibit generasi muda yang berani, pintar, dan mandiri.

“Selamat datang anak-anak ku di Kabupaten Blora. Selamat berlomba dan tunjukkan seluruh kemampuan kalian. Pesta siaga ini adalah ajang yang bagus untuk mengasah keberanian, kekompakan, pengetahuan dan kerjasama,” tegasnya.

Tidak hanya Pesta Siaga saja, Bupati juga ingin tahun depan Jambore Pramuka tingkat Jawa Tengah bisa dilaksanakan di Kabupaten Blora. Dirinya meminta Kwarda Jawa Tengah bisa memilih Blora sebagai tuan rumah, serta meminta Kwarcab Blora untuk mulai bersiap diri.

Pembukaan dimeriahkan dengan penampilan Tari Gambyong, Tari Bujangganong Kolosal dari Kwarran Tunjungan, serta pertunjukkan Marchingband dari SD Kartini Blora.

Usai pembukaan, selama satu hari seluruh barung mempertunjukkan kemampuannya dengan percaya diri, kompak dan semangat, di masing-masing pos atau taman penilaian. Tim juri langsung melakukan penilaian di pos yang didirikan, seperti pos pengetahuan umum, pos yel-yel, pos seni budaya, pos ketangkasan, pos keimanan dan ketaqwaan dan lainnya.

Setelah semua nilai di rekapitulasi, diperoleh masing-masing 3 regu barung tergiat putra dan putri. Dimana tergiat pertama hingga ketiga baik putra maupun putri nantinya akan mewakili Binwil Pati di Pesta Siaga tingkat Jawa Tengah yang akan dilaksanakan bulan 28-29 April di Kota Semarang.

Hasil tergiat diumumkan usai Upacara Penutupan dengan pembina Bunda Ir. Wahyu Agustini M.Si, Waka Abdimas Humas Kwarcab Blora. Adapun daftar Barung Tergiat dalam Pesta Siaga tingkat Binwil Pati di Blora adalah sebagai berikut :
PUTRA
a. Tergiat I SDN 2 Wonokerto Kab.Rembang dengan nilai 874,7
b. Tergiat II SDN Kepohagung Kab.Rembang dengan nilai 867,4
c. Tergiat III SDN 2 Ngawen Kab.Blora dengan nilai 865,3
d. Tergiat Harapan I SDN 3 Jepon Kab.Blora dengan nilai 864,2
e. Tergiat Harapan II SDN 4 Cepogo Kab.Jepara dengan nilai 861,3
f. Tergiat Harapan III MI NU Pendidikan Islam Kab.Kudus dengan nilai 861,2

PUTRI
a. Tergiat I SDN 4 Panggang Kab.Jepara dengan nilai 862,3
b. Tergiat II SDN 1 Maitan Kab.Pati dengan nilai 860,6
c. Tergiat III SDN Kepohagung Kab.Rembang dengan nilai 859, 2
d. Tergiat Harapan I SDN Tambaksari Kab.Blora dengan nilai 857,4
e. Tergiat Harapan II SDN 2 Ngawen Kab.Blora dengan nilai 857,2
f. Tergiat Harapan III SDN 3 Jambu Kab.Jepara dengan nilai 856,6

Handika Rahman, salah satu panitia dari Kwarcab Blora menyampaikan bahwa total peserta Pesta Siaga tingkat Binwil Pati di Kabupaten Blora kali ini ada 30 barung yang berasal dari 5 Kabupaten se eks Karesidenan Pati.

“Masing-masing Kabupaten mengirimkan 6 barung terbaik dari wilayahnya, 3 barung putra dan 3 barung putri. Sehingga total ada 30 barung dari 5 kabupaten,” ujarnya. (Dinkominfo Kab Blora/Tim)


    Berita Terbaru

    Media Diminta Dukungan Publikasi TMMD Reguler di Desa Jurangjero
    23 Januari 2019 Jam 15:41:00

    Dandim 0721/Blora, Jawa Tengah, Letkol Ali Mahmudi meminta dukungan kepada insan pers untuk...

    Blora Masuk Nominasi Tiga Besar Pelaksana PAAR Jawa Tengah
    22 Januari 2019 Jam 09:13:00

    Kabupaten Blora masuk tiga besar nominasi lomba pelaksanaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR)...

    Pencanangan MBK dan WBBM Kodim 0721/Blora
    22 Januari 2019 Jam 08:09:00

    Dandim 0721/Blora Letkol Ali Mahmudi mengemukakan dilakukannya pemberantasan korupsi, kolusi dan...