Seputar Blora

UNBK SMA/MA di Blora Diselenggarakan di 22 Sekolah


Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA dan Madrasah Aliyah (MA) diselenggarakan di Kabupaten Blora mulai Senin (9/4) hingga Kamis (12/4).

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Blora Sudarmanto mengemukakan sebanyak 2848 siswa SMA mengikuti UNBK di 22 sekolah, yaitu 14 SMA swasta dan 8 SMA negeri.

Ia menyebutkan, ada 5 siswa yang tidak bisa mengikuti UNBK dengan alasan yang beragam, seperti keluar dari sekolah hingga ada satu siswa yang meninggal.

''Tapi kelima anak ini mengundurkan diri sudah lama ada sebulan lalu, Tapi karena sudah masuk daftar nominasi tetap (DNT) jadi tidak bisa dirubah datanya,'' ujar kepala MKKS SMA Blora Sudarmanto, Senin (8/4/2018).

Adapun kelima siswa ini sendiri lanjutnya, berasal dari 4 sekolah, yakni, SMA Muhammadiyah Randubaltung 1 siswa, SMA MUN Ngawen 1 siswa, Muhammadiyan 1 Blora 2 siswa, dan SMA PGRI Cepu 1 siswa.

Dari semua sekolah, kata dia, saat ini sudah siap semua untuk melaksanakan UNBK.

''Sudah semua sekolah sudah tersingkronkan,'' ujarnya.

Untuk UNBK tahun ini, menurutnya, ada perbedaan ketimbang tahun lalu. Salah satunya yang membedakan tahun ini adalah untuk peserta sesaat sebelum mengerjakan soal ujian foto dari siswa itu akan diupload dalam soal itu sendiri oleh proktor. Meski dia tidak tahu alasan mengapa demikian. Tapi, dia menduga ini untuk memberikan keamanan dalam pengerjaan soal.

"Mungkin, biar tambah aman dan tidak ada penyusupnya,'' imbuhnya.

Sedangkan untuk listrik sendiri, Sudarmanto berharap listrik tidak padam lagi seperti pada saat simulasi yang lalu. Karena pihak MKKS dan SMA bahkan Provinsi sendiri sudah mengirimkan surat kepada PLN untuk tidak memadamkan listri selama pelaksanaan UNBK. Meskipun sebenarnya masing-masing SMA sudah menyiapkan genset. Tapi tetap saja itu hanya untuk berjaga-jaga dan jangan sampai ada lampu mati.

"Karena genset itu kan juga tidak stabil,” ucapnya.

Sementara itu Ketua MKKS Madrasah Aliyah Drs H. Amiruddin Aziz, MPD mengemukakan, se Kabupaten Blora ada 14 sekolah Madrasah Aliyah dengan jumlah peserta 959 siswa yang mengikuti UNBK. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...