Seni dan Budaya

Sukseskan Program Indonesiana, Dinporabudpar Blora Gelar Kerja Bakti di Rumah Kelahiran Pramoedya


Sukseskan Program Indonesiana, Dinporabudpar Blora Gelar Kerja Bakti di Rumah Kelahiran Pramoedya

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar kerja bakti di lingkungan rumah kelahiran sastrawan Pramoedya Ananta Toer di Kelurahan Jetis Kecamatan Blora, Jumat (13/4/2018).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka Jumat Bersih dan mendukung program Indonesiana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji melalui Kepala Bidang Kebudayaan Wahyu Tri Mulyani, AP mengemukakan dipilihnya lokasi kegiatan Jumat Bersih di rumah kelahiran mendiang Pram yang kini ditempati Soesilo Toer, adik kandungnya. Antara lain sebagai bentuk apresiasi terhadap sastrawan asli Blora dan dinilai di seputar lingkungan rumah itu ditumbuhi rumput dan pepohonan yang perlu dipangkas dan dibersihkan.

“Jadi ini sebagai bentuk kepedulian kami dan apresiasi kepada tokoh serta sastrawan Blora. Sekaligus mengawali program Indonesiana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia,” jelasnya.

Pada kasempatan tersebut, selain memangkas rumput dengan mesin pemotong juga memangkas beberapa tanaman yang dinilai kurang rapi. Selain itu juga disumbangkan material bangunan berupa pasir dan semen untuk pemugaran bagian bangunan yang mulai rusak.

“Indonesiana, adalah sebuah platform kegiatan kebudayaan yang nantinya akan digarap bersama-sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” katanya.

Ke depan, kata dia, rumah kelahiran Pram akan terus didorong sebagai salah satu cagar budaya.

Pada kesempatan yang sama, adik kandung mendiang Pram, Soesilo Toer mengapresiasi positif langkah yang dilaksanakan oleh Pemkab Blora melalui Dinporabudpar.

“Kalau menurut saya positif saja. Semoga tertib dan terus bekelanjutan. Karena kami inginnya itu menjadi heritage kota Blora. Kebangkitan kota Blora,” kata Soesilo Toer. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Wanita Berpendidikan Sanggup Mendidik Putra-Putrinya Jadi Bangsa Yang Besar
    21 April 2018 Jam 09:26:00

    Wanita berpendidikan sanggup mendidik putra-putrinya menjadi bangsa yang besar dengan semangat...

    Posyandu Desa Jiworejo Masuk Enam Besar Pelaksana Terbaik Nasional
    21 April 2018 Jam 07:08:00

    Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Margo Makmur I Desa Jiworejo, Kecamatan Jiken masuk nominasi...

    Tingkatkan Sinergitas Yang Mantap, Kompak dan Solid Melalui Olah Raga Bersama
    20 April 2018 Jam 08:08:00

    Kepolisian Resor Blora bersinergi dengan TNI dan Forkopimda Blora menggelar olah raga bersama di...