Seputar Blora

Warga Difabel Blora Siap Gunakan Hak Pilih Pada Pilgub Jateng 2018


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Jawa Tengah 2018 kepada warga difabel Blora di sekretariat Difabel Blora Mustika (DBM) Desa Kamolan, Kecamatan Blora, Minggu (15/4/2018).

Komisioner KPU Kab. Blora Ita Sadrini Astutiningsih mengemukakan sosialisasi digelar sebagai upaya mendorong minat dan kesadaran warga difabel untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jateng 2018 yang dilaksanakan tanggal 27 Juni 2018.

“Jadi kami berharap kepada saudara-saudara difabel bisa menggunakan hak pilihnya dan datang ke TPS. Ada dua pasangan calon, yang bisa dipilih sesuai dengan hati nurani masing-masing. Cermati rekam jejak dan visi misi calon. Sosialisasi yang sama juga menyasar di daerah pinggiran di Blora” jelasnya.

Masih menurut Ita, sudah ada ketentuan bagi KPPS saat membuat atau menata Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingg warga difabel bisa terbantu.

“Sudah ada aturannya, sehingga nanti TPS mudah dijangkau, khusunya bagi warga difabel,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, berdasarkan data ada 918 warga difabel Blora yang sudah masuk dalam DPS.

“Kami minta warga proaktif melihat dan mengecek DPS yang sudah kami tempel di sejumlah tempat strategis di masing-masing wilayah Kecamatan, Kelurahan dan Desa. Di situ sudah ada keterangan yang mencantumkan difabel atau disabilitas, ” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Kasubbag Teknis Pemilu dan Hubmas Edi Purwantoro menyampaikan kepada warga masyarakat bisa melihat informasi Pilgub Jateng melalui website infopemilu.kpu.go.id yang bisa dilihat langsung melalui telepon genggam android.

“Di website itu sudah ada tahapan-tahapan Pilkada dan dilengkapi DPS, termasuk nama warga dan di TPS mana harus mencoblos. Salah satu caranya, dengan menggunakan NIK,” kata Edy.

Warga difabel juga diminta praktik membuka website melalui telepon genggam dan terbukti namanya sudah tercantum dalam DPS dan di TPS mana harus menggunakan hak suaranya.

Sementara itu Ketua DBM Blora Adul Ghofur menyambut baik sosialisasi yang disampaikan oleh KPU Blora.

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi sosialisasi ini. Tentu saja, warga difabel sadar memilih dalam Pilgub Jateng 2018,” katanya.

Sosialisasi, kata dia, diundang 100 orang perwakilan difabel se Kabupaten Blora. Hanya saja, ada beberapa yang ijin hadir.

“Kami akan bantu menginformasikan kepada semua warga masyarakat, kami sadar gunakan hak pilih dan ingin menjadi contoh dalam pesta demokrasi ini,” tandasnya. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...

    Halalbihalal, Membangun Semangat Silaturahmi dan Membumikan Kerukunan
    21 April 2024 Jam 22:21:00

    Camat Kunduran, Blora, Suharto berpesan supaya Ikatan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan...