Seni dan Budaya

Sukseskan Blora Menuju Kota Sastra dan Sambut Program Indonesiana digelar Lomba Baca Puisi


Dalam rangka mensukseskan Blora Menuju Kota Sastra dan menyambut Program Indonesiana, Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bekerja sama dengan Yayasan Mahameru akan mengadakan lomba baca puisi tingkat SMP/SMA/SMK dengan tema Alam.

Kepala Diporabudpar Drs. Kunto Aji mengemukakan, pendaftaran lomba dimulai tanggal 18-25 April 2018 pada jam kerja Dinporabudpar Jalan GOR Mustika Nomor 2 Blora.

Sedangkan pelaksanaan lomba pada hari Kamis, tanggal 26 April 2018 di lantai II Bappeda Blora. Pelaksanaannya dimulai pukul 08.00 WIB.

“Masing-masing peserta membawakan satu puisi wajib dan satu puisi pilihan sesuai materi yang terlampir. Adapun juara I, II dan III nantinya akan ditampilkan pada acara Sarasehan Sastra di rumah Pramoedya Ananta Toer tanggal 30 April 2018,” jelasnya.

Tujuan diselenggarakan lomba baca puisi, kata dia, untuk meningkatkan rasa cinta kepada seni sastra. Memacu kreativitas seni sastra di lingkungan pelajar SMP,SMA/SMK.

Kemudian, meningkatkan seni apresiasi masyarakat Blora terhadap seni sastra. Dan, sebagai daya tarik wisata budaya Kabupaten Blora.

“Jadi lomba ini dibagi dua katagori, yakni katagori SMP dan katagori SMA/SMK. Adapun unsur penilaian meliputi, kualitas suara, intonasi, dinamika, artikulasi dan ekspresi atau penjiwaan,” tandasnya.

Puisi wajib yang dibawakan peserta berjudul Membaca Tanda-Tanda karya Taufik Ismail. Sedangkan puisi pilihan yaitu berjudul Teratai karya Sanoesi Pane, Alam karya Revo dan Belajar Bahasa Daun karya Moh.Wan Anwar. (Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    Media Diminta Dukungan Publikasi TMMD Reguler di Desa Jurangjero
    23 Januari 2019 Jam 15:41:00

    Dandim 0721/Blora, Jawa Tengah, Letkol Ali Mahmudi meminta dukungan kepada insan pers untuk...

    Blora Masuk Nominasi Tiga Besar Pelaksana PAAR Jawa Tengah
    22 Januari 2019 Jam 09:13:00

    Kabupaten Blora masuk tiga besar nominasi lomba pelaksanaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR)...

    Pencanangan MBK dan WBBM Kodim 0721/Blora
    22 Januari 2019 Jam 08:09:00

    Dandim 0721/Blora Letkol Ali Mahmudi mengemukakan dilakukannya pemberantasan korupsi, kolusi dan...