Seni dan Budaya

Sukseskan Blora Menuju Kota Sastra dan Sambut Program Indonesiana Melalui Lomba Baca Puisi


Dalam rangka mensukseskan Blora Menuju Kota Sastra dan menyambut Program Indonesiana, Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora mengadakan lomba baca puisi tingkat SMP/SMA/SMK dengan tema Alam.

Lomba yang diikuti 25 siswa SMP dan 14 siswa SMA/SMK perwakilan sekolah se Blora, sukses dilaksanakan di lantai II kantor Bappeda Blora, Kamis (26/4/2018).

Kepala Diporabudpar Drs. Kunto Aji melalui Kepala Bidang Kebudayaan Wahyu Tri Mulyani, AP mengemukakan, lomba baca puisi dilaksanakan untuk meningkatkan rasa cinta kepada seni sastra. Memacu kreativitas seni sastra di lingkungan pelajar SMP,SMA/SMK.

Kemudian, meningkatkan seni apresiasi masyarakat Blora terhadap seni sastra. Dan, sebagai daya tarik wisata budaya Kabupaten Blora.

“Pertimbangannya, bahwa di Blora ini pernah lahir sorang tokoh sastra yang mendunia. Tetapi banyak warga Blora yang justru belum mengenalnya. Beliau adalah Pramoedya Ananta Toer,” tandasnya.

Sehingga, kata dia, meski lomba baca puisi kerap dilaksanakan di instansi atau lembaga lain, sehingga untuk menuju Blora Kota Sastra dan menyambut Program Indonesiana, maka kegiatan itu patut dilaksanakan oleh Dinporabudpar.

“Jadi lomba ini dibagi dua katagori, yakni katagori SMP dan katagori SMA/SMK. Adapun unsur penilaian meliputi, intonasi, artikulasi dan ekspresi atau penjiwaan,” tandasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, adapun juara I, II dan III nantinya akan ditampilkan pada acara Sarasehan Sastra di rumah Pramoedya Ananta Toer tanggal 30 April 2018.

“Masing-masing peserta membawakan satu puisi wajib dan satu puisi pilihan sesuai materi yang terlampir. Adapun juara I, II dan III nantinya akan ditampilkan pada acara Sarasehan Sastra di rumah Pramoedya Ananta Toer tanggal 30 April 2018,” jelasnya.

Dari hasil penilaian dewan juri, untuk katagori SMP juara I nomor undi 24, juara II nomor undi 6 dan juara III nomor undi 23.
Sedangkan untuk katagori SMA, juara I nomor undi 05, juara II nomor undi 11 dan juara III nomor undi 07.

Puisi wajib yang dibawakan peserta berjudul Membaca Tanda-Tanda karya Taufik Ismail. Sedangkan puisi pilihan yaitu berjudul Teratai karya Sanoesi Pane, Alam karya Revo dan Belajar Bahasa Daun karya Moh.Wan Anwar. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Peringatan HPS 2018 Momentum Promosi Potensi Blora
    20 September 2018 Jam 13:52:00

    Kabupaten Blora menjadi tuan rumah peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 tingkat Provinsi...

    Ciptakan Kamtibmas Jelang Pemilu 2019
    20 September 2018 Jam 07:28:00

    Kapolres Blora AKBP Saptono,S.I.K.,M.H memimpin rapat lintas sektoral pengamanan Pemilu 2019....

    Polres Blora Gelar Apel Pasukan Operasi Mantab Brata Candi 2018
    19 September 2018 Jam 11:57:00

    Kepolisian Resor (Polres) Blora, Jawa Tengah melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap...