Seni dan Budaya

Sukseskan Blora Menuju Kota Sastra dan Sambut Program Indonesiana Melalui Lomba Baca Puisi


Dalam rangka mensukseskan Blora Menuju Kota Sastra dan menyambut Program Indonesiana, Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora mengadakan lomba baca puisi tingkat SMP/SMA/SMK dengan tema Alam.

Lomba yang diikuti 25 siswa SMP dan 14 siswa SMA/SMK perwakilan sekolah se Blora, sukses dilaksanakan di lantai II kantor Bappeda Blora, Kamis (26/4/2018).

Kepala Diporabudpar Drs. Kunto Aji melalui Kepala Bidang Kebudayaan Wahyu Tri Mulyani, AP mengemukakan, lomba baca puisi dilaksanakan untuk meningkatkan rasa cinta kepada seni sastra. Memacu kreativitas seni sastra di lingkungan pelajar SMP,SMA/SMK.

Kemudian, meningkatkan seni apresiasi masyarakat Blora terhadap seni sastra. Dan, sebagai daya tarik wisata budaya Kabupaten Blora.

“Pertimbangannya, bahwa di Blora ini pernah lahir sorang tokoh sastra yang mendunia. Tetapi banyak warga Blora yang justru belum mengenalnya. Beliau adalah Pramoedya Ananta Toer,” tandasnya.

Sehingga, kata dia, meski lomba baca puisi kerap dilaksanakan di instansi atau lembaga lain, sehingga untuk menuju Blora Kota Sastra dan menyambut Program Indonesiana, maka kegiatan itu patut dilaksanakan oleh Dinporabudpar.

“Jadi lomba ini dibagi dua katagori, yakni katagori SMP dan katagori SMA/SMK. Adapun unsur penilaian meliputi, intonasi, artikulasi dan ekspresi atau penjiwaan,” tandasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, adapun juara I, II dan III nantinya akan ditampilkan pada acara Sarasehan Sastra di rumah Pramoedya Ananta Toer tanggal 30 April 2018.

“Masing-masing peserta membawakan satu puisi wajib dan satu puisi pilihan sesuai materi yang terlampir. Adapun juara I, II dan III nantinya akan ditampilkan pada acara Sarasehan Sastra di rumah Pramoedya Ananta Toer tanggal 30 April 2018,” jelasnya.

Dari hasil penilaian dewan juri, untuk katagori SMP juara I nomor undi 24, juara II nomor undi 6 dan juara III nomor undi 23.
Sedangkan untuk katagori SMA, juara I nomor undi 05, juara II nomor undi 11 dan juara III nomor undi 07.

Puisi wajib yang dibawakan peserta berjudul Membaca Tanda-Tanda karya Taufik Ismail. Sedangkan puisi pilihan yaitu berjudul Teratai karya Sanoesi Pane, Alam karya Revo dan Belajar Bahasa Daun karya Moh.Wan Anwar. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...

    Tunjangan Hari Raya 2024 Pegawai ASN Pemkab Blora Capai Rp46,3 Miliar
    28 Maret 2024 Jam 09:42:00

    Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Blora, Slamet Pamudji...