Berita Terkini

Grand Final Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora 2018


Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman,MSi mengapresiasi pelaksanaan grand final pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2018 yang diselenggarakan di panggung terbuka di halaman depan pasar rakyat Sido Makmur di kawasan Gabus, Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora, Sabtu, (28/4/2018).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Arief Rohman mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan generasi muda yang berkualitas. Yaitu generasi muda yang kreatif, inovatif dan mempunyai wawasan pengetahuan yang luas.

“Melalui pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora, kami berharap dapat mencetak generasi muda Kabupaten Blora yang berani bersaing dalam era globalisasi. Berpengetahuan luas, luwes dalam berkepribadian maupun berpenampilan serta mampu mengembangkan diri secara progresif utamanya dalam bidang kepariwisataan,” kata Wabup Arief Rohman.

Siapapun yang terpilih nantinya, menurut Wabup Arief Rohman, akan mempunyai tanggung jawab yang besar sebagai duta wisata, yaitu untuk mempromosikan aset dan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Blora.

“Kami juga mengapresiasi atas terselenggaranya acara dari Dinporabudpar Kab. Blora untuk tahun ini. Kami mengamati melalui sosial media kegiatan yang sudah dilakukan cukup inovatif dan semoga ini menjadi momen tahunan yang terus kita laksanakan dan terus kita lakukan inovasi,” ujarnya.

Masih menurut Wakil Bupati Arief Rohman, berbagai bidang kepariwisataan terus dioptimalkan, termasuk pembinaan dan pemanfaatan duta wisata.

Ia berpesan pada OPD terkait serta stakeholder yang lain agar memberikan dukungan yang memadai untuk meningkatkan kinerja serta kesungguhan dalam mempromosikan dan memasarkan obyek maupun daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Blora.

Kemudian, kata Wabup, kepada para peserta Kakang Mbakyu Duta Wisata agar tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

“Terangkan secara kemampuan untuk dapat berkompetisi sekaligus belajar dan menimba ilmu tentang kepariwisataan serta dapat mempromosikan dan memajukan kepariwisataan di Kabupaten Blora secara profesional,” katanya.

Serta, siapapun yang terpilih nantinya hendaknya tidak puas diri karena pemilihan duta wisata di Kabupaten Blora adalah sebuah awalan. Dan tugas yang lebih besar sudah menanti yaitu mewakili Kabupaten Blora dalam pemilihan Duta Wisata tingkat Jawa Tengah.
“Kita harapkan nantinya, akan mendapatkan prestasi di tingkat Jawa Tengah. Karena itu siapaun pemenangnya harus senantiasa belajar berbagai hal berkaitan perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Blora dan di Jawa Tengah,” ucapnya.

Selanjutnya, sebagai duta wisata, kata Wabup Arief Rohman, diharapkan mengerti sepenuhnya apa dan bagaimana tugas sebagai duta wisata sehingga mampu mengemban tugasnya dengan baik.

“Yang juara atau tidak, saya minta tetap memiliki peran mengenalkan mengenalkan potensi yang ada di Blora, sehingga orang ketika tanya lokasi pariwisata di Blora bisa ikut membantu mengenalkan dan mempromosikannya,” ujarnya.

Usai sambutan, Wakil Bupati Blora Arief Rohman memukul gong sebagai tanda dimulainya acara.


Diikuti 40 Finalis
Kapala Dinporabudpar Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji dalam laporannya antara lain menyampaikan para peserta pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata telah mengikuti sejumlah tahapan seperti seleksi administrasi, psikotes, tes tertulis dan karantina selama tiga hari.

“Dalam karantina diawali kunjungan lapangan di tiga titik destinasi wisata, yang pertama di Kampung Durian dan Cemara 7, Kecamatan Tunjungan. Lantas di Kampung Samin Sambongrejo, Kecamatan Sambong. Di kampung kerajinan keramik desa Balong, Kecamatan Jepon dan di makam Sunan Pojok, Kecamatan Blora,” jelas Kunto Aji Kepala Dinporabudpar Blora.

Selanjutnya, peserta pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora dilaksanakan unji talenta di taman Tirtonadi Reborn Blora. Kemudian dilaksanakan tes di gedung Sasana Bhakti Blora.

“Dan malam ini dilaksanakan malam puncak, malam grand final pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata tahun 2018,” ujarnya.

Kejuaraannya, lanjut Kunto Aji, terdiri sepuluh pasang yang akan dipilih meliputi juara I,II dan III. Harapan I,II,III. Selanjutnya katagori intelegensia dan penampilan terbaik, berbahasa Jawa terbaik, dan katagori favorit.

“Juara terpilih nomor I, Kakang Mbakyu Duta Wisata Kab. Blora akan dinobatkan sebagai duta wisata Kabupaten Blora 2018 oleh Bupati Blora, dan akan mengikuti ajang pemilihan tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang rencananya dilaksanakan pada 25 Oktober 2018 di kota Pekalongan,” jelasnya.

Untuk penghargaan, kepada sepuluh terbaik mendapat piala,piagam, tropy dan uang pembinaan serta souvenir.

“Terimaksih kami ucapkan kepada para sponsor. Bank Jateng, Exxon Mobil, PHRI,KPP Pratama, Rumah Makan Kalkun, Abadi Motor Honda, Wardah Kosmetik dan Telkomsel,” pungkasnya.

Hadir pada acara antara lain Asisten Setda Blora Slamet Pamuji, SH, M.Hum, H.Setyo Edy, Chris Hapsoro AW. Unsur Forkopimda dan pimpinan OPD serta pewakilan kepariwisataan dari Pakudjembara. Ratusan warga nampak antusias menonton hingga acara selesai.

Sementara itu disela-sela acara juga ditampilkan pentas seni drama Kartini dan penampilan kelompok musik remaja Blora serta penampilan salah seorang seniman yakni Lintang Marwanda yang membawakan lagu karyanya tentang Blora.


Berikut juara hasil penilaian dewan juri :


KAKANG BLORA 2018 :

Juara I : HANIF NURRIFQI (SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG).

Juara II : HILALLI FAHRIAN (SMA NEGERI 1 BLORA).

Juara III : DEWANGGA NURRIZAL (SMK NEGERI 1 BLORA).

Juara Harapan I : DAVID MAHENDRATA S. ( SMA NEGERI 1 BLORA).

Juara Harapan II : FRESA RENGGA (Umum).

Juara Harapan II : DENDI WAHYU PRATAMA (SMK NEGERI 1 Blora).

KATAGORI INTELEGENSIA : RISANG BAGUS ADHI PRATAMA (SMA NEGERI 1 CEPU).

KATAGORI BAHASA JAWA TERBAIK : ANANDA ILHAM (SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG).

KATAGORI PENAMPILAN TERBAIK : RIYAN WAHYU (SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG).

KATAGORI FAFVORIT : MUKTI TRI PRASETYO (SMA NEGERI 1 JEPON).

MBAKYU BLORA 2018 :

Juara I : KHOIRUN NISA (SMK NEGERI 2 BLORA).

Juara II : FATIKAH M.H (SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG).

Juara III : LAURENSIA SHERLYN TANIA (SMA NEGERI 1 CEPU).

Juara Harapan I : SAUMITA NGESTI (SMA NEGERI 1 BLORA).

Juara Harapan II : ALVINA WANDA (SMA NEGERI 1 TUNJUNGAN).

Juara Harapan III : KARENINA PUTRI (SMA NEGERI 1 TUNJUNGAN).

KATAGORI INTELEGENSIA : FITRIANA NUR ROCHMI (Umum).

KATAGORI BAHASA JAWA TERBAIK : SAFIRA MAURA ALDIRA (SMA NEGERI 1 CEPU).

KATAGORI PENAMPILAN TERBAIK : DELISA KAIS LAILA (SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG).

KATAGORI FAFVORIT : ALLIFIA ZAHRA N. (SMA NEGERI 1 BLORA).

(Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...