Seni dan Budaya

Ajarkan Anak Disipilin dan Kreatif Melalui Pelatihan Seni Tari


Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sanggar Tari Merpati Blora menggelar pentas seni tari di Taman Mustika Blora, Minggu (6/5). Pementasan tari diselenggarakan dalam rangka penerimaan raport para siswa yang tergabung di LKP yang berpusat di Desa Tambaksari, Kecamatan Blora.

Pimpinan LKP Sanggar Merpati Blora Umi Ardiyah, SPd mengungkapkan pembinaan seni tari dan penerimaan raport dilaksanakan sudah dua tahun berjalan.

“Kami buka tiga kelas, yakni kelas dasar, kelas terampil dan kelas mahir. Saat ini kami sudah buka cabang di wilayah kecamatan Jepon, meski baru setahun berjalan namun cukup mendapat respon dari warga masyarakat . Tujuannya untuk membangkitkan rasa cinta dan suka menari bagi anak-anak. Khususnya tari tradisional Blora,” ujarnya.

Melalui seni tari, kata dia, bisa melatih kedisiplinan dan kesabaran serta kreativitas bagi anak-anak.

“Dan yang tidak kalah penting adalah upaya pelestarian seni tradisi. Satukan aksi, ekspresikan diri melalui seni budaya tari, ” kata dia.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kab. Blora Supriyadi dalam sambutannya mengapresiasi geliat dan upaya yang telah ditempuh oleh LKP Sanggar Merpati Blor adalam upaya pelestarian seni tradisi melalui seni tari di Kabupaten Blora.

“Seni tari menurut hemat kami, adalah bagian dari pendidikan keluarga yang harus ditingkatkan agar anak mempunyai kreativitas dan prestasi. Semoga kegiatan dari LKP Sanggar Merpati ini tiap tahun terus menngkat dan berjalan terus,” ujarnya.

Ia menyebut, tari kalau tidak dijiwai mungkin kurang enak dilihat.

“Jadi melalui pelatihan khusus seperti di Sanggar Merpati ini, kami nilai sangat baik,” imbuhnya.

Adapun yang menampilkan tari pada acara tersbut sebanyak 73 anak, terdiri siswa Kelompok Bermain/PAUDm SD, SMP, SMA/SMK yang tergabung di LKP Sanggar Tari Tambaksari dan Jepon.

Beberapa tari yang ditampilkan diantaranya tari kuthuk (anak ayam), tari Apuse, tari Pendet, tari Denok Deblong dan tari lilin. Ratusan warga dan orang tua siswa antusias menyaksikan penampilan dan pementasan tari yang di helat. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...