Berita Terkini

Upacara Hari Lahir Pancasila Berlangsung Khidmat


Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Blora berlangsung khidmat dan sukses dilaksanakan di halaman Pemkab Blora, Jumat (1/6/2018). Bupati Blora Djoko Nugroho bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Komandan upacara Dijan Wahjudi Kepala Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan Dinkominfo Kabupaten Blora. Kemudian Perwira Upacara Budi Cahyono Kepala Bidang Statistik Persandian dan Telekomunikasi (SPT) Dinkominfo Kabupaten Blora.

Rangkain upacara diantaranya pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan doa oleh petugas dari Dinkominfo Kabupaten Blora. Sedangkan kelompok paduan suara dari Korpri Kab. Blora.

Peserta upacara terdiri Forkopimda, Pimpinan OPD, Gabungan Korpri, Pelajar, Mahasiswa, Pramuka, KNPI, Organisasi Wanita, Sat Pol PP, BPBD, PMI/PMR, TNI, Polri dan Linmas.

Pada upacara Hari Lahir Pancasila, Bupati Djoko Nugroho membaca teks Pancasila yang ditirukan semua peserta upacara.
Kemudian membaca amanat Presiden Repuplik Indonesia Joko Widodo.

"Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya," ujar Bupati Blora Djoko Nugroho membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Tak hanya itu, lanjut dia, selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah bagi warga Indonesia yang berbineka Tunggal Ika.

"Insyaallah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," ucap dia.

Presiden Jokowi, melalui sambutan yang dibacakan Bupati Djoko Nugroho, juga mengingatkan sejarah Pancasila dihasilkan dari para pejuang bangsa.

"Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945, dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 2018," paparnya.

Usai membaca amanat Presiden Joko Widodo, dilantunkan lagu wajib nasional Mars Pancasila oleh kelompok paduan suara Korpri Blora. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...