Seputar Blora

Warga Diimbau Hemat Air dan Waspada Kebakaran Musim Kemarau


Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora Sri Rahayu mengimbau kepada seluruh warga masyarakat agar menghemat penggunaan air pada musim kemarau dan mewaspadai tingginya potensi kebakaran baik di lingkungan perumahan atau hutan.
.
“Kami imbau masyarakat untuk hemat penggunaan air. Kemudian perbaiki sumber ait dan bila perlu tanam pohon. Waspadai tingginya potensi kebakaran baik di lingkungan perumahan atau hutan,” tegas Kalakhar BPBD Blora, Sri Rahayu, di Blora, Rabu (13/6).

Ia menjelaskan, untuk menghadapi bencana kekeringan di musim kemarau tahun ini, BPBD Blora sudah menginventarisasi wilayah yang dinilai berpotensi dan memiliki dampak kekeringan.

“Puncak musim kemarau tahun ini diperkirakan bulan Agustus hingga September 2018. Selalu waspada saja,” ucapnya.

Bagi wilayah desa yang sudah kesulitan air bersih, menurut Sri Rahayu, untuk segera melapor ke Kepala Desa atau Lurah setempat agar diusulkan bantuan air bersih ke BPBD Kabupaten Blora.

Untuk mencegah bencana kebakaran, warga masyarakat Kabupaten Blora diminta selalu melakukan pengecekan instalasi listrik di rumah-rumah, tidak menyalakan perapian (bediang) untuk hewan ternak tanpa pengawasan, tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak menyalakan obat nyamuk bakar di dekat benda yang mudah terbakar, serta selalu mengecek selang kompor gas di dapur.

“Anak-anak jangan sembarangan main korek api dan petasan. Karena jika tidak bisa mengendalikan bisa terjadi kebakaran. Orang tua harus ekstra melakukan pengawasan terhadap anak agar tidak membuat sumber api,” lanjut Sri Rahayu.

“Jika ada kondisi kedaruratan bencana harap segera menghubungi Kantor BPBD Blora dengan nomor (0296) 532599. Baik kebakaran, permintaan bantuan air bersih ataupun jika ada organisasi yang akan ikut memberikan bantuan air bersih agar berkoordinasi dengan BPBD karena disini sudah ada data lengkap wilayah mana saja yang mengalami kekeringan dan mendesak untuk dibantu,” ujarnya. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Bersama FK Metra, Masyarakat Desa Jagong Diajak Nonton Bareng
    19 Desember 2018 Jam 05:03:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Nonton Bareng (Nobar)...

    Hery Sutiyono Jadi Ketua KONI Blora Masa Bhakti 2018-2022
    18 Desember 2018 Jam 09:57:00

    Hery Sutiyono secara aklamasi terpilih kembali menjadi ketua umum Komite Olahraga Nasional...

    Bupati Djoko Nugroho Buka Musyawarah Olahraga Kabupaten KONI Blora
    18 Desember 2018 Jam 09:02:00

    Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Blora menggelar musyawarah olahraga...