Seputar Blora

Pengecekan Kendaraan Angkutan Arus Balik Lebaran dan Pos Pelayanan Keamanan


Petugas gabungan Sat Lantas Polres Blora dan Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora melakukan pengecekan kelaikan bus untuk angkutan penumpang pada arus balik Lebaran 2018 di terminal bus Gagak Rimang Blora.

Kasat Lantas Polres Blora AKP Himawan S.I.K melalui Kanit Laka Ipda Zainal Arifin, mengungkapkan petugas memeriksa kondisi kendaraan mulai dari rem hingga bagian penting lainnya.

Kegiatan ini, kata dia, sebagai bentuk antisipasi mencegah kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) selama mudik dan balik Lebaran tahun ini. Selain itu, menjadi bagian dari Operasi Ketupat Candi 2018 yang bertujuan menjamin keamanan dan keselamatan penumpang angkutan umum.

“Kita cek kesiapan dan kelayakan kendaraan di terminal. Mulai rem, ban, lampu, hingga surat-surat kendaraan. Agar mudik dan arus balik tahun ini berjalan lancar serta tidak ada kecelakaan lalu lintas,” ujarnya, di Blora, Senin (18/6/2018).

Dikatakan lebih lanjut, pengecekan kesehatan dan tes urine kepada sejumlah orang awak angkutan dan pengemudi/sopir bus juga dilakukan bersama tim medis Dinkes Blora.

Menurutnya, para sopir yang memiliki tensi tinggi berbahaya saat mengemudikan kendaraan. Banyak kasus kecelakaan angkutan umum yang faktor penyebabnya kesehatan sopir bermasalah.

"Sebelumnya kita juga telah melaksanakan kegiatan serupa di Terminal Cepu sebelum arus mudik lalu. Harapanya para pengemudi akan lebih siap baik fisik, siap kendaraan maupun siap kelengkapan surat-surat kendaraan, demi keamanan dan kenyamanan perjalanan.” Jelas IPDA Zainal Arifin.

Dengan bersinergi bersama instansi yang berkompeten Polres Blora selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik demi keamanan dan keselamatan selama arus mudik dan balik lebaran 2018.

Sinergitas Cek Pos Pelayanan

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Dandim 0721/Blora Letkol Inf Rizadly Themba intensif melakukan pengecekan Pos Pelayanan dan Keamanan di seluruh wilayah Kabupaten Blora.

Keseluruhan Pos Pengamanan dan Pelayanan Lebaran yang dikun jungi yakni Pos Alun-Alun dan Blok T Blora, Terminal Ngawen, Pos DX Jiken, Simpang 4 Kantor Pos Cepu, serta Pos Simpang 3 Wulung dan Pos Ngliron, Randublatung.

Dalam acara tersebut Kapolres Blora berpesan kepada jajarannya bahwa, agar melaksanakan tugas pengaman dan pemantauan arus mudik dan balik ini dengan sebaik baiknya,jangan tinggalkan kewaspadaan setiap saat.

"Kami menekankan kepada setiap personel yang melakukan pengamanan di tiap-tiap pos agar selalu waspada dan siap sedia terhadap segala situasi dan kondisi yang berkembang saat ini. Perhatikan keselamatan diri sendiri dan masyarakat sekitar, jangan menganggap sepele situasi karena bisa berubah sewaktu-waktu," ucap AKBP Saptono.

Selain itu Kapolres juga mengingatkan kepada personel yang terlibat dalam Satgas Operasi Ketupat Candi 2018 untuk tetap melakukan pengamanan giat hiburan masyarakat dan memantau arus lalu lintas.

"Baik anggota Polri Maupun TNI kali ini memang benar-benar diperas tenaga dan waktunya untuk memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat yang merayakan lebaran idul fitri. Meski demikian saya tekankan kepada anggota untuk tetap semangat dan pantang mengeluh," katanya.

Sementara Komandan Kodim 0721 Letkol Inf. Rizadly turut menyampaiakan bahwa kehadirannya di tujuh pos pengamanan yang tersebar di sejumlah titik di Blora. Untuk memberikan semangat dan motivasi kepada anggota dalam bentuk perhartian sebagai pimpinan.

“Ini, bentuk dukungan dan komitmen kami dari Kodim 0721/Blora turun bersama Kapolres Blora, memantau setiap Pos Pam. Guna memastikan kesiapan personel TNI, Polri dan Instansi terkait lain dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Blora,” pungkas Dandim 0721. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Kepala Desa Diminta Lebih Inovatif Memajukan Desa
    14 November 2018 Jam 07:30:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Bursa...

    Bupati Djoko Nugroho Lepas Keberangkatan Atlet Peparprov Jateng 2018
    14 November 2018 Jam 02:51:00

    Bupati Blora Djoko Nugroho melepas keberangkatan 13 orang atlet National Paralympic Committee...

    Pembangunan Jalan TMMD di Desa Kadengan Dinikmati Warga
    13 November 2018 Jam 13:00:00

    Kodim 0721/Blora telah selesai melaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)...