Berita Terkini

Sosialisasi Hasil-Hasil Pembangunan Melalui Pagelaran Wayang Kulit


Pemeritah Kabupaten Blora, Jawa Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mensosialisasikan hasil-hasil pembangunan melalui pagelaran wayang kulit karena dinilai efektif dan komunikatif.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora, Drs. Sugiyono, MSi mengatakan selain untuk memberi hiburan kepada warga masyarakat, pagelaran wayang kulit yang dihelat di halaman hotel Arra Amandaru Cepu, Jumat (22/6) mengambil tema sosialisasi hasil-hasil pembangunan Kabupaten Blora tahun 2017-2018 di wilayah setempat.

Dinkominfo bersama Pemkab dan DPRD Blora, menurut Sugiyono, selain di kecamatan Cepu, akan menggelar wayang kulit dengan agenda yang sama di Kecamatan Randublatung tanggal 29 Juni 2018 di kompleks pasar setempat.

"Siapa saja bisa memanfaatkan pertunjukan wayang kulit untuk berbagi sosialisasi. Kami harapkan tidak hanya sebagai tontonan, tetapi juga sebagai tuntunan, serta diparesiasi masyarakat khususnya terkait capaian dan rencana pembangunan," katanya.

Dikatakan lebih lanjut, melalui pergelaran wayang kulit, diharapkan terjalin silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat.

“Sehingga bisa menyampaikan harapan juga kritik yang membangun melalui dialog interaktif,” ujarnya.

Pagelaran wayang kulit kali ini menampilkan dalang Ki Sigid Ariyanto dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dengan mengambil lakon "Semar Bangun Kahyangan".

Di tempat yang sama, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, MSi mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya mengapresiasi dan mendukung terselenggaranya acara pelestarian seni tradisi di Kabupaten Blora.

Ia meminta, agar acara yang sama digelar di setiap kecamatan.

"Kami berharap, acara yang sama digelar di 16 Kecamatan, tidak hanya di dua kecamatan saja. Ini merupakan upaya pelestarian seni tradisi. Ini juga sangat menarik, karena pertunjukan wayang kulit di gelar di hotel Arra sehingga ada perpaduan nuansa pembeda," ucapnya.

Acara dimulai pukul 20.30 WIB dengan ditandai penyerahan tokoh wayang Semar oleh Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, MSi kepada Ki Dalang Sigid Ariyanto.

Penyerahan tokoh wayang Semar didampingi Kepala Dinkominfo Sugiyono, Anggota DPRD Blora Siswanto dan Forkopimca Cepu.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Ignatius Ary Soesanto didampingi Kepala Seksi Radio, Televisi, Film dan Pers (RTFP) Samedi Djoko Waspodo mengemukakan sosialisasi hasil-hasil pembangunan tahun 2017-2018 melalui pagelaran wayang kulit di kecamatan Cepu antara lain mencakup pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, taman kota, gedung pelayanan masyarakat serta dimulainya pembangunan di kawasan lapangan terbang Ngloram.

“Capaian pembangunan ini perlu disampaikan kepada masyarakat agar diketahui dan ikut peduli merawat serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Salah satunya melalui pagelaran wayang kulit,” ujarnya.

Dikatakan dalam pagelaran wayang kulit juga dihibur oleh pelawak lokal asal kecamatan Cepu serta pesinden (waranggana) yang tergabung dengan Sanggar Seni Cakraningrat pimpinan Sigid Ariyanto.

Ribuan warga antusia menyaksikan hingga pertunjukan selesai.

Disela-sela acara Anggota DPRD Blora, Siswanto, SPd tampil menyumbangkan lagu pada acara limbukan.

"Baru kali ini selama empat tahun menjadi anggota DPR, melihat ribuan warga Cepu dan sekitarnya yang antusias menonton wayang kulit," ujarnya

Adapun lakon Semar Bangun Kahyangan, (dari berbagai sumber), menceritakan antara lain di negara Amarta Prabu Yudistira bersama saudara-saudaranya sedang membahas sebab kegagalannya dalam membangun negaranya yang selalu longsor dan ditimpa bencana, tiba tiba datanglah Radja Dwarawati yaitu Betara Kresna yang menanyakan ketidak hadiran Semar dalam keraton Amarta dan menyatakan bahwa itulah yang menjadi sebab kegagalan tersebut. Untuk itu diperintahkanlah Arjuna untuk memanggil Semar dari Karangkabuyutan untuk menghadap ke Amarta.

Namun belum sempat Arjuna berdiri datanglah Petruk menghadap dalam pertemuan tersebut yang memberitahukan bahwa dia diperintahkan Semar untuk mengundang kelima Pendawa untuk menuju Karangkabuyutan dengan membawa tiga pusaka kerajaan untuk membantu Semar membangun Kahyangan. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...