Seputar Blora

Apel Kesiapan Pengamanan TPS dan Distribusi Logistik Pilgub Jateng 2018


Kapolres Blora AKBP Saptono memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018 di halaman mapolres setempat, Senin (25/6/2018). Apel gabungan ini dilaksanakan sebagai persiapan terakhir pelaksanaan pengamanan pesta demokrasi yang diselenggarakan hari Rabu tanggal 27 Juni 2018.

Kapolres AKBP Saptono pada apel tersebut membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Disampaikannya, bahwa dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang ada. Jangan sampai menimbulkan komplain dari masyarakat. Tetap jaga kesehatan dan tingkatkan iman pada Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap menjalankan tugas.

“Semua angota pengamanan TPS Pilgub Jateng tahun ini harus benar-benar siap, baik siap fisik, mental, dan peralatan yang dibutuhkan. Jaga netralitas, jangan ada melakukan kegiatan yang mendukung Pasangan Calon tertentu. Tugas utama kita adalah pengamanan, sesuai tupoksi, demi suksesnya Pilgub Jateng 2018,” jelas Kapolres Blora.

Dijelaskan Kapolres Blora, sebanyak 550 personil Polres Blora akan disebar dan berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 1.735 Desa/Kelurahan. Tiap satu anggota Polisi akan mengamankan 5 TPS yang akan didampingi dari TNI dan Linmas.

“Terhitung mulai hari ini, Senin (25/6) pasukan sudah bergeser ke TPS untuk mengamankan TPS sampai selesainya pemungutan dan penghitungan suara. Hingga nanti kotak suara terkirim sampai ke PPK Kecamatan masing masing,” tandasnya.

Pengamanan, lanjut Kapolres Blora, sudah harus dimulai dari mengawal logistik dari KPU hingga ke TPS, begitupun sebaliknya, hingga surat suara kembali ke KPU.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol INF Rizadly Themba menyampaikan pesan pada semua anggota apel, agar selalu menjalin sinergitas yang baik di lapangan.

“TNI dalam hal ini Kodim 0721 dan juga Batalyon 410 Alugoro siap mendukung Polres Blora dalam melaksanakan pengamanan TPS. Karena kemanan dan suksesnya Pilgub Jateng 2018 adalah tanggung jawab bersama,” tegas Letkol Rizadly.

Hadir dalam Apel tersebut Komandan Kodim 0721/Blora, Komandan Batalyon 410 Alugoro, Ketua KPU, Ketua Panwaslu dan juga Kepala Satpol PP. Turut hadir juga Pejabat utama Polres Blora beserta Kapolsek jajaran. Adapun peserta apel adalah seluruh petugas pengamanan TPS, baik dari Polri, TNI, maupun Linmas.

Selepas apel siaga pergeseran personil Pengamanan TPS Pilgub Jateng 2018. Anggota Polres Blora yang terlibat pengamanan TPS langsung bergeser ke Desa/Kelurahan sesuai tempat penugasan masing-masing.

Kabag Ops Polres Blora Kompol Zuwono mengatakan, PPS di Desa/kelurahan akan mendistribusikan surat suara, bilik, kotak, dan perlengkapan lainnya ke TPS. Anggota Polres Blora akan memberikan pengawalan ketat pendistribusian logistik Pilgub tersebut.

"Anggota baik dari Kepolisian dan TNi telah terploting di TPS tiap Desa/Kelurahan untuk melaksanakan tugas pengamanan dan juga pengawalan logistik Pilgub Jateng 2018 dari PKK ke TPS," jelas Kapolres Blora AKBP Saptono, melalui Kabag Ops Kompol Zuwono.

Lebih lanjut Kabag Ops menjelaskan bahwa hari dimulai pendistribusian logistik Pilgub petugas harus sudah ada di tiap TPS. Segala bentuk kerawanan harus bisa diantisipasi oleh personil yang bertugas mengawal dan mengamankan kotak suara.

"Bersama TNI dan Linmas Polres Blora siap mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pemungutan suara di desa/kelurahan demi terciptanya situasi yang kondusif selama Pilgub Jateng 2018,” lanjutnya.

Menurutnya, hari pemungutan suara sudah di depan mata, sehingga diperlukan kesiapsiagaan dan penjagaan yang ketat dari aparat keamanan untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif, sampai nanti tahapan akhir Pilgub Jateng 2018 dengan terpilihnya pemimpin yang baru. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Pertemuan Gabungan Persit Sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi
    10 Desember 2018 Jam 11:42:00

    Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Candra Kirana (KCK) LX Batalyon Infanteri (Yonif) 410...

    Dzikir dan Haul Akbar Berlangsung Khidmat
    09 Desember 2018 Jam 08:13:00

    Ribuan umat muslim berbagai daerah dari dalam dan luar Kabupaten Blora mengikuti Majlis Dzikir...

    Pertunjukan Wayang Kulit dan Pengajian digelar Pepadi Pusat di Blok T
    08 Desember 2018 Jam 21:31:00

    Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) pusat Jakarta menggelar pertunjukan wayang kulit dan...