Seni dan Budaya

Dalang Blora Sosialisasi Hasil-Hasil Pembangunan Melalui Pagelaran Wayang Kulit


Dalang Ki Mulyono, SP mensosialisasikan hasil-hasil pembangunan Kabupaten Blora, Jawa Tengah melalui pagelaran wayang kulit di desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Sabtu, (30/6). Pertunjukan wayang kulit menampilkan lakon Kikis Tunggarana dan hiburan pelawak lokal (Jolang) serta sejumlah waranggana dengan iringan grup karawitan Among Raos.

“Pembangunan yang dilaksanakan di kabupaten Blora telah dirasakan oleh warga masyarakat. Infrastruktur jalan, jembatan dan gedung layanan masyarakat dapat dinikmati. Oleh karenanya perlu disosialisasikan agar bisa diketahui. Yang belum, tentu saja secara bertahap akan dilakukan. Yang penting jaga persatuan dan kerukunan antar warga,” ucap Dalang Mulyono.

Acara diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora dengan anggaran APBD aspirasi DPRD Blora.
Pertunjukan diawali pentas pakeliran padat oleh dalang muda Blora, Mayricho Kukuh.

Kemudian sambutan Kepala Desa Sidomulyo, Rosidi, dilanjutkan penyerahan tokoh wayang Gatotkaca oleh Kepala Dinkominfo Blora Drs. Sugiyono, M.Si kepada dalang Ki Mulyono, SP.

“Kami mengucapkan tertimakasih kepada Dinkominfo yang telah memberi kepercayaan di wilayah desa Sidomulyo dan Kecamatan Banjarejo pada umumnya, yaitu menyampaikan sosialisasi hasil-hasil pembangunan Kabupaten Blora melalui pagelaran wayang kulit,” kata Rosidi, Kades Sidomulyo.

Pada adegan limbukan, Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si tampil di panggung didampingi Camat Banjarejo Margono,SH dan Kades Sidomulyo Rosidi bersama pelawak lokal Blora, Jolang.

Suasana tampak menghibur warga masyarakat dengan ditampilkannya sejumlah gending oleh sejumlah waranggana (pesinden) dengan iringan grup karawtan Among Raos disertai joget tayub ala kadar oleh sejumlah warga di atas panggung.

Di panggung pagelaran, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora, Drs. Sugiyono,MSi kembali menandaskan bahwa selain untuk memberi hiburan kepada warga masyarakat, pagelaran wayang kulit yang dihelat di halaman depan kantor Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo merupakan media sosialisasi hasil-hasil pembangunan Kabupaten Blora tahun 2017 di wilayah setempat.

“Dengan menggandeng dalang lokal Blora, kami dari Dinkominfo Blora mempunyai tugas menyampaikan informasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Penyampaian informasi, kata Sugiyono, ada dua media. Yang pertama melalui sosial media, seperti internet, instagram, website dan facebook.

Dan, yang kedua Dinkominfo Blora mempunyai kelompok lain untuk menyampaikan informasi, yaitu Forum Komunikasi Media Tradisional.

"Kami harapkan tidak hanya sebagai tontonan, tetapi juga sebagai tuntunan, serta diapresiasi masyarakat khususnya terkait capaian dan rencana pembangunan," kata Sugiyono, yang pernah menjabat sebagai Camat Banjarejo.

Dikatakan lebih lanjut, melalui pergelaran wayang kulit, diharapkan terjalin silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat.
Sekadar diketahui, Dalang Ki Mulyono adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di wilayah Kecamatan Tunjungan. Bakat mendalang wayang kulit digeluti ketika masih muda hingga sekarang.

Ia menjelaskan lakon Kikis Tunggorono menceritakan kisah perebutan wilayah Tunggorono yang diakibatkan karena kesalahpahaman yang terjadi sejak jaman Prabu Pandu Dewanata. Wilayah Tunggorono yang sebenarnya berada di area Kerajaan Pringgondani menjadi rebutan antara Boma Narakasura dengan Gatotkaca.

Kemudian diadakan persidangan besar antara Boma dan Gatotkaca, keduanya harus bertempur demi mendapatkan daerah tersebut dengan syarat tidak seorangpun boleh membantu pertempuran tersebut, baik bantuan dari keluarga, abdi dalem, atau siapapun. Harus murni pertempuran Boma dan Gatotkaca.

Namun dalam peperangan itu dari pihak boma, Prabu Karentagnyana tidak tega melihat Boma terdesak kemudian memberikan bantuan turut menghajar Gatotkaca. Pihak Pandawa yang melihat kejadian ini pun turut membantu Gatotkaca. Perang menjadi sangat riuh karena semua membantu pihak masing-masing. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Kepala Desa Diminta Lebih Inovatif Memajukan Desa
    14 November 2018 Jam 07:30:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Bursa...

    Bupati Djoko Nugroho Lepas Keberangkatan Atlet Peparprov Jateng 2018
    14 November 2018 Jam 02:51:00

    Bupati Blora Djoko Nugroho melepas keberangkatan 13 orang atlet National Paralympic Committee...

    Pembangunan Jalan TMMD di Desa Kadengan Dinikmati Warga
    13 November 2018 Jam 13:00:00

    Kodim 0721/Blora telah selesai melaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)...