Seni dan Budaya

GRUP SENI BARONGAN DIGANDENG UNTUK SOSIALISASI PENYERBARLUASAN INFORMASI PEMERINTAH DAERAH


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah lewat pagelaran seni barongan di desa Kembang, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (4/7).

Grup seni barong Selo Ganti pimpinan Gacuk dari Kelurahan Tegalgunung, Kecamatan Blora ditampilkan dan memukau ratusan warga dengan mengemas penyampaian program dan hasil-hasil pembangunan Pemkab Blora di wilayah setempat.

Di antaranya pembangunan infrastruktur jalan, gedung pelayanan masyarakat dan bidang budaya.

Adapun cerita yang disuguhkan adalah pernikahan Raden Panji dan Dewi Sekartaji.

Acara diawali sambutan Kamituwo (Perangkat Desa) Dusun Kembang, Lasman, mewakili Kepala Desa Kembang Ahmad Ali Nur Amin.

"Atas nama pemerintah desa Kembang, kami menghaturkan terima kasih. Sosialisasi penyebarluasan informasi pemerintah daerah sangat penting diketahui warga masyakat. Sebab dampaknya sudah bisa dirasakan," ujar Lasman.

Seni barongan, kata dia, adalah seni tradisional yang diminati baik dari kalangan anak-anak, remaja dan orang dewasa. Sehingga sebagai seni rakyat Blora yang populer, sangat tepat untuk media penyampaian informasi terkait aneka hal penyelenggaraan pemerintah daerah.

"Pada kesempatan ini, kami juga berharap mendapat bantuan gamelan jawa dan barongan dari pemkab Blora, untuk melatih generasi muda desa Kembang dan melestarikan seni tradisional," ucap Lasman.

Usai sambutan, kemudian dilanjutkan penyerahan topeng Bujangganong oleh Camat Banjarejo, Margono, kepada Gacuk, pimpinan grup seni barong Selo Ganti.

Penyerahan topeng Bujangganong diserahkan Camat Banjarejo Margono didampingi Kepala Seksi Radio, Televisi, Film dan Pers (RTFP) Dinkominfo, Samedi Djoko Waspodo mewakli Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si.

Selain itu juga didampingi unsur Forkopimca Banjarejo, Kades Kembang dan tokoh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kominfo Drs. Sugiyono, M.Si melalui Kepala Kepala Seksi Radio, Televisi, Film dan Pers (RTFP) Dinkominfo, Samedi Djoko Waspodo menyampaikan dihelatnya pertunjukan seni tradisional sejatinya berkaitan dengan salah satu tugas Dinkominfo yaitu menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Penyampaian informasi ini ada dua media. Yang pertama melalui sosial media, seperti internet, instagram, website dan facebook. Dan, kami punya Kelompok Informasi Masyarakat khusus bagi yang gemar sosial media,” jelasnya.

Selain itu, Dinkominfo Blora mempunyai kelompok lain untuk menyampaikan informasi, yaitu Forum Komunikasi Media Tradisional.

“Media tradisional, selain wayang kulit, yang lain di antaranya adalah seni barongan. Dalam pertujukan dikemas dalam reportoar pertujukan tentang capaian hasil-hasil pembangunan di wilayah ini diselingi adegan yang menghibur ketika menyampaikan informasi yang dimaksud,” ujarnya.

Turut hadir menyaksikan dan mendokumentasikan acara, Kepala Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan Dinkominfo Dijan Wahjudi bersama tim peliput informasi. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...