Seputar Blora

FK Metra Punya Peran Pembangunan dan Kolaborasi Teknologi


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora, Jawa Tengah menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelola media informasi bagi pengurus Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra). Bimtek berlangsung di ruang pertemuan Sekretaris Daerah (Setda) Blora, Senin (23/7/2018).

Kepala Dinkominfo Blora Drs. Sugiyono, M.Si dalam laporannya mengemukakan bimtek dilaksanakan setelah pengurus FK Metra dibentuk dan disahkan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho berdasarkan surat keputusan Bupati tanggal 7 Juni 2018.

“Bimbingan teknis ini dilaksanakan sehari. Menghadirkan nara sumber dari Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah dan Ketua FK Metra Jawa Tengah,” kata Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora, Drs. Sugiyono, M.Si.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri, STD., MT dalam sambutan yang dibacakan Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Sudarman, SH., M.M antara lain menyampaikan apresiasi kepada Bupati Blora Djoko Nugroho atas perhatian khusus kepada FK Metra mulai dari pengukuhan hingga menyelenggarakan Bimtek. Demikian pula dengan Dinkominfo Kabupaten Blora yang telah menyelenggarakan Bimtek.

“Bagi saya, rekan-rekan semua merupakan pejuang budaya, yang peduli pada kelestarian dan kemajuan seni budaya kerakyatan. Apalagi di era yang serba digital, banyak yang sudah abai dengan pertunjukan rakyat,” jelasnya.

Upaya desiminasi informasi program dan hasil-hasil pembangunan melalui media tradisional, kata dia, harus mampu mengatasi tantangan dan arus globalisasi.

“Pesan-pesan sosial yang disampaikan harus kuat. Oleh karena itu, tampilkan sebaik-baiknya. Karena dalam pertunjukan itu selain sebagai penyampai informasi, juga menjadi ruang apresiasi dan sekaligus nguri-uri seni budaya tradisional kita,” ungkapnya.

Kadinkominfo Prov Jateng Dadang Somantri juga berharap melalui Bimtek FK Metra kali ini bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Blora dan Jawa Tengah pda umumnya.

“Karena sasaran akhir FK Metra ini, disamping terus meningkatkan dan mengembangkan budaya kearifan lokal juga ikut berperan langsung dalam pembangunan. Selain itu juga berkolaborasi dengan teknologi jaman now atau IT. Teruslah berkarya,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Setda Blora Bidang Pemerintahan, H. Setyo Edy, SH.,M.Hum antara lain menyampaikan komunikasi dengan menggunakan media tradisional memiliki peran penting dalam masyarakat.

Karena, menurut Bupati Djoko Nugroho, selain pesan bisa tersampaikan dengan baik, juga menjadi media pendidik, alat pengendali sosial, serta tersampaikannya niliai-nilai budaya secara langsung.

“Saya berharap FK Metra mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ntuk mengatasi kekurangan dan mengoptimalkan kinerjanya. Baik sebagai alat koordinasi, sarana penyebarluasan informasi, serta mempublikasikan berbagai hal,” ujarnya.

FK Metra Kabupaten Blora diharapkan mampu menjalin dan memelihara hubungan antara komunitas media tradisional, lembaga pemerintah daerah dan non pemerintah daerah.

“Pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah terkait pasti mempunyai program pembangunan yang harus disosialisasikan kepada masyarakat. Agar pesan lebih mengena, FK Metra bisa menjadi pilihan sebagai media desiminasi informasi tersebut,” jelasnya.

Usai membacakan sambutan Bupati Blora Djoko Nugroho, Asisten I Setda Blora Bidang Pemerintahan, H. Setyo Edy, SH.,M.Hum didampingi Kepala Dinkominfo Blora dan Provinsi Jateng serta Ketua FK Metra Jateng melakukan penyematan pin kepada perwakilan Ketua FK Metra Kabupaten Blora Mei Nariyono. Kemudian diikuti oleh pengurus lainnya.

Sementara itu, Ketua FK Metra Jawa Tengah ST. Sukirno, dalam arahannya antara lain menjelaskan beberapa langkah dan pengalaman yang sudah dilakukan oleh FK Metra Jateng dan sejumlah Kabupaten di Jawa Tengah.

Ia menjelaskan, pada intinya adalah pemanfaatan dan kerja sama dengan OPD untuk sosialisasi.

“Intinya adalah pemanfaatan FK Metra dan konsep-konsepnya. Sehingga bukan hanya tanggung jawab Kominfo saja, tetapi juga perlu didukung oleh OPD lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, bimtek yang berlangsung di ruang pertemuan Setda Blora, diikuti antusias oleh belasan pengurus FK Metra.
Dua nara sumber, yakni Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Dinkominfo Jateng, Sudarman, SH., M.M dan Ketua FK Metra Jateng ST. Sukirno menyampaikan edukasi dan berbagi pengalaman guna mensupport pengurus FK Metra Kabupaten Blora.

Pembukaan Bimtek dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait serta Camat se Blora. Usai Bimtek, kedua nara sumber mendapatkan kenang-kenangan ikat kepala (udeng) ala budaya Samin Blora. (Dinkominfo Kab. Blora). 

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...