Seputar Blora

Temu Teknik Pelaksanaan Pawai Pembangunan Kabupaten Blora


Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Republik Indonesia tingkat kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar temu teknik pelaksanaan pawai pembangunan (karnaval) di ruang pertemuan Smart House Dinrumkimhub kabupaten setempat, Senin (6/8/2018).

Temu teknik dipimpin Kepala Dinrumkimhub Ir. Samsul Arief diwakili Sekretaris Dinrumkimhub Ir. Sri Daryanti selaku ketua seksi pawai pembangunan pada pantia peringatan HUT Ke-73 RI tingkat kabupaten Blora. Acara diikuti perwakilan dari masing-masing peserta karnaval se Kabupaten Blora.

Dalam acara itu, Sri Daryanti menyampaikan pawai pembangunan tahun ini bertajuk Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara.

“Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara yang dimaksud, dikaitkan dengan potensi unggulan seni budaya dan prestasi Blora sebagai upaya memberikan ruang bagi potensi para seniman, dan masyarakat di Kabupaten Blora untuk berkreasi dengan menampilkan hasil karyanya pada peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI,” jelasnya.

Sedangkan maksud dan tujuan, lanjutnya, yakni memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Blora tahun 2018, menumbuh kembangkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Sebagai sarana berkreasi dan berpartisipasi bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat Kabupaten Blora.

“Dan yang tak kalah penting adalah mempromosikan potensi pembangunan dan budaya Blora,” ujarnya.

Masih menurut Sri Daryanti, bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu parade yang bersifat apresiasif, atraktif dan kreatif.

“Materi garapan parade berorientasi antara lain pada potensi unggulan, seni budaya, nasionalisme, bhineka tunggal ika dengan memperhatikan unsur-unsur seni pertunjukan,” jelasnya.

Pesertanya, lanjut dia, terdiri katagori ana-anak, yakni Kelompok PAUD/TK dan kelompok SD. Jumlah peserta minimal 20 anak, dan maksimal 50 anak.

Kemudian, katagori remaja dan dewasa terdiri kelompok SMP, SMA/SMK, OPD, dan Kecamatan (umum). Jumlah peserta kontingen minimal 40 orang dan maksimal 70 orang.

Dijelaskannya, waktu dan tempat pelaksanaan untuk katagori anak, hari Sabtu, tanggal 11 Agustus 2018 dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Start depan kantor Pemkab Blora, kemudian finish di Super Blok (jalan GOR Blora).

Sedangkan katagori remaja dan dewasa dilaksanakan hari Sabtu, tanggal 18 Agustus 2018, pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai. Start Alun-Alun lora dan finish Blok T Blora.

“Ada ketentuan khusus yang harus dipatuhi oleh peserta pawai. Misalnya untuk katagori remaja dan dewasa tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu para peserta dimohon memperhatikan daerah persiapan masing-masing,” katanya.

Penilaian dilakukan oleh tim juri dengan ketentuan juara I,II dan III untuk masing-masing katagori.

Hingga temu teknik berlangsung peserta karnaval yang sudah mendaftar sebagai berikut :

Kelompok Bermain (PAUD/Taman Kanak-Kanak) : 73 peserta. Sekolah Dasar : 11 peserta. SMP : 5 peserta. SMA/SMK : 7 peserta. OPD : 14 peserta. Kecamatan/Umum : 5 peserta. Pada kesempatan itu, juga dilakukan pengambilan nomor undi oleh perwakilan peserta.  (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Tebar Keberkahan Ramadan, PWI dan LazisMU Berbagi Ratusan Bungkus Takjil
    29 Maret 2024 Jam 20:39:00

    Ratusan bungkus takjil dibagikan kepada masyarakat oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah...

    Jurnalis Diajak Bersinergi Jaga Situasi Kamtibmas Agar Tetap Aman dan Kondusif di Blora
    29 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto, SH, M. Si, mengajak jurnalis bersinergi untuk menjaga...

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...