Seputar Blora

Kwarcab Blora Sukses Selenggarakan ETK 2018


Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Blora sukses menyelenggarakan kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2018.

Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Blora, Slamet Pamuji, SH, M.Hum mengemukakan kegiatan dilaksanakan selama dua hari, Sabtu (25/8) hingga Minggu (26/8/2018).

“Titik start ETK di lapangan golf Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan Kwartir Daerah Jawa Tengah dan Kwartir Cabang,” jelasnya, di Blora, Sabtu (26/8/2018).

Ia menjelaskan ETK diselenggarakan dengan maksud untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, meningkatkan pembinaan khususnya pada anggota Gerakan Pramuka Jawa Tengah serta dalam rangka menyemarakkan 57 Tahun Gerakan Pramuka di Kabupaten Blora.

Estafet Tunas Kelapa Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2018 menyusung tema “Pramuka Perekat NKRI” dan motto “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”

Bertindak sebagai pembina upacara pemberangkatan ETK di lapangan golf yaitu Ketua Kwarcab Blora H. Arief Rohman, M.Si.
Pada kesempatan itu, selaku pembina upacara, H. Arief Rohman, M.Si membacakan pesan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,SH, M.I.P selaku Mabida Gerakan Pramuka. Selain itu juga membacakan pesan dan kesan Ketua Majelis Pembimbing Cabang. Sebelum acara dimulai digelar display kepramukaan oleh SMPN 1 Blora.

Selanjutnya bertindak sebagai pembina upacara timbang terima di tapal batas desa Candi Kecamatan Todanan adalah Letkol Inf Ryzaldy Syahrazzy Themba, S.Sos. selaku anggota Mabicab.

Timbang terima antara Kwartir Cabang Kabupaten Blora dan Kwartir Cabang Kabupaten Pati berlangsung sukses dan khidmat.
Majelis Pembimbing Cabang Kabupaten Blora Letkol Inf Ryzaldy Syahrazzy Themba, S.Sos menyerahkan tunas kelapa kepada penerima Mabicab Pati Letkol Arm Arif Darmawan S,Sos, MM.

“Kami serahkan Tunas Kelapa untuk diteruskan sampai tujuan,” kata Letkol Inf Ryzaldy Syahrazzy Themba, S.Sos.

“Kami terima Tunas Kelapa untuk diteruskan sampai tujuan,” jawab Mabicab Pati Letkol Arm Arif Darmawan S,Sos, MM.

Pada saat yang bersamaan diikuti penyerahan pataka, pesan Ka. Mabida, Ka.Majelis Pembimbing Cabang, Ka. Mabiran, serta bendera Morse.

Adapun rute ETK yang ditempuh pada hari pertama, Sabtu (25/8). Dari titik start lapangan golf menuju finish di SDN 2 Sukorejo Kecamatan Tunjungan dengan jarak tempuh 4,2 km.

Dari SDN 2 Sukorejo Kecamatan Tunjungan dilanjutkan menuju finish di Lapangan Desa Kalangan Kecamatan Tunjungan, jarak tempuh 3,5 km.

Kemudian dari start Lapangan Desa Kalangan Kecamatan Tunjungan dilanjutkan menuju finish di SDN Bogorejo Kecamatan Japah dengan jarak tempuh 2,5 km.

Dari start SDN Bogorejo Kecamatan Japah menuju Pertigaan Padaan Kecamatan Japah dengan jarak tempuh 4 km.

Selanjutnya dari Pertigaan Padaan Kecamatan Japah menempuh jarak 5 km menuju finish di jembatan Dologan Kecamatan Japah.

Dari jembatan Dologan Kecamatan Japah Tim ETK melanjutkan perjalanan menuju desa Gunungan Kecamatan Todanan dengan jarak tempuh 4,5 km.

Berikutnya dari desa Gunungan Kecamatan Todanan menuju SMK Kozinatul Ulum Kecamatan Todanan menempuh jarak 4,7 km.

Dari titik start menuju finish, masing-masing dilaksanakan timbang terima antar etape dan kwartir ranting. Sedangkan di SMK Kozinatul Ulum Kecamatan Todanan merupakan tempat persemayaman ETK serta penyelenggaraan sarasehan.

Pada hari ke dua, Minggu (26/8) perjalanan ETK dilanjutkan dari SMK Kozinatul Ulum Kecamatan Todanan menuju Mts Candi dengan jarak tempuh 3,6 km kemudian menuju kwarran Pucakwangi berjarak tempuh 3,6 km. Setiba di kwarran Pucakwangi dilaksanakan timbang terima antar kwarcab.

Selama ETK berlangsung juga dilakukan kemah dan pagar betis sesuai lokasi kwartir ranting dan waktu yang telah di tentukan.
Pada kegiatann ETK 2018, Dinas Komunikasi dan Informartika Kabupaten Blora bertugas sebagai tim publikasi mulai dari start hingga finish. (Dinkominfo Kab Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...