Seputar Blora

Ratusan Siswa Ikut Lomba MAPSI SD Kecamatan Blora


Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) ke-21 Sekolah Dasar (SD) tingkat kecamatan Blora, kabupaten Blora, Jawa Tengah sukses digelar. MAPSI tahun 2018 menggelar aneka cabang lomba diikuti ratusan peserta.

Ketua panitia MAPSI 2018 Kecamatan Blora, Sugeng Hariyadi, S.Ag mengemukan kegiatan itu diselenggarakan setiap tahun sebagai tolok ukur kurikulum Pendidikan Agama Islam dan baca tulis huruf Al Quran Sekolah Dasar khususnya di Kecamatan Blora.

“Tujuan lainnya yaitu meningkatkan pengamalan ibadah sholat dan menggairahkan belajar membaca dan menulis huruf Al Quran bagi peserta SD khususnya di Kecamatan Blora,” kata Sugeng Hariyadi, di Blora, Kamis (6/9/2018).

Selanjutnya, meningkatkan akhlakul karimah atau budi pekerti luhur, menumbuh kembangkan ketrampilan hidup (life skill) dan rasa cinta seni Islami bagi peserta didik.

“MAPSI ini berlangsung sehari di SDN 1 Jetis dan SDN 2 Jetis. Kemudian di aula KPRI Wargo Tunggal,” jelasnya.

Bidang lomba mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI), menurut Sugeng Hariyadi, meliputi lima sub cabang lomba yang diikuti 139 peserta.

Terdiri rumpun pengetahuan PAI dan Baca Tulis Al Quran (BTQ) putra dan putri 100 peserta. Rumpun adzan dan iqamah diikuti 27 peserta.

“Untuk rumpun cerdas cermat Islami tidak diadakan seleksi, untuk pengirimian lomba MAPSI tingkat kabupaten Blora diambilkan dari Juara II putra dan putri rumpun pengetahun PAI dan BTQ,” ujarnya.

Berikutnya, rumpun teknologi informasi dan komunikasi islami (TIKI) diikuti tujuh peserta dan lomba kewirausahaan Islam putra dna putri diikuti lima peserta.

Lebih lanjut disampaikan Sugeng Hariyadi, bidang lomba seni Islami meliputi delapan cabang lomba yang diikuti 140 peserta.

Terdiri Hifdzil Qur’an putra dan putri sejumlah 50 peserta. Tilawatil Quran putra dan putri 13 peserta. Khat Al Quran putra dan putri 19 peserta. Kaligrafi Al Quran putra dan putri 12 peserta. Lomba khithabah (pitado) putra dan putri diikuti 20 peserta.

“Untuk lomba rebana hanya diikuti 1 group yaitu dari SD Islami Baitun Nur. Karena hanya satu , maka tidak diseleksi dan berhak mewakili UPT TK/SD Kecamatan Blora untuk lomba MAPSI di tingkat Kabupaten Blora,” ungkapnya.

Kemudian lomba cerita Islami putra dan putri diikuti 12 peserta. Serta, macapat Islami putra dan putri diikuti 14 peserta.

“Masing-masing ditentukan kejuaraannya oleh dewan juri. Ditetapkan Juara I,II,III dan juara harapan I, II, III. Untuk Juara I dan Juara II dari masing-masing cabang lomba putra dan putri nanti akan mewakili UPT TK/SD Kecamatan Blora mengikuti lomba MAPSI tingkat Kabupaten Blora pada pertengahan bulan September 2018,” imbuhnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Kepala Desa Diminta Lebih Inovatif Memajukan Desa
    14 November 2018 Jam 07:30:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Bursa...

    Bupati Djoko Nugroho Lepas Keberangkatan Atlet Peparprov Jateng 2018
    14 November 2018 Jam 02:51:00

    Bupati Blora Djoko Nugroho melepas keberangkatan 13 orang atlet National Paralympic Committee...

    Pembangunan Jalan TMMD di Desa Kadengan Dinikmati Warga
    13 November 2018 Jam 13:00:00

    Kodim 0721/Blora telah selesai melaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)...