Seputar Blora

Pagelaran Wayang Kulit di Kecamatan Ngawen Hibur Ratusan Warga


Pemerintah Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar pertunjukan wayang kulit untuk memberi hiburan kepada warga masyarakat. Panitia penyelenggara menampilkan dalang Ki Sigit Ariyanto, S.Sn, Sabtu (8/9/2018).

Camat Ngawen Drs. Sunanto, MM mengemukakan acara diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di wilayah kecamatan setempat.

"Acara ini terselenggara berkat antusias dan dukungan dari berbagai pihak seperti BUMN, BUMD, pengusaha, kepala desa serta warga masyarakat. Sehingga kami yang dituakan, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya khususnya kepada panitia penyelenggara," ujar Sunanto, Camat Ngawen.

Berbagai agenda kegiatan dalam menyemarakkan HUT ke-73 RI, kata Camat Ngawen, telah diselenggarakan dengan baik dan lancar oleh panitia. Diantaranya lomba sepak bola antar desa, bola voly antar desa, catur, bulu tangkis karnaval SD/SMP/SMA dan umum.
Kegiatan yang telah berlangsung, kata Camat, diapresiasi dengan luar biasa. Termasuk upacara, juga berlangsung khidmat.

"Sehingga, pada malam ini merupakan puncak acara. Yaitu pertunjukan seni wayang kulit bersama dalang Ki Sigit Ariyanto," jelasnya dalam sambutan di panggung, didampingi Danramil dan Kapolsek Ngawen.

Pada kesempatan itu, Camat Ngawen, juga memperkenalkan nama Kapolsek Ngawen AKP Joko Priyono, SH dan Danramil Ngawen Kapten CPL Sumanto kepada warga masyarakat.

“Keduanya adalah pejabat forkopimca Ngawen. Yang belum kenal bisa saling kenal sehingga kalau bertemu dalam kesempatan lain bisa saling bertegur sapa,” kata Camat Sunanto.

Di tempat yang sama, hadiah aneka lomba, diserahkan secara bergantian kepada para juara oleh Camat, Sekcam dan Forkopimca Ngawen.

Sementara itu pertunjukan wayang kulit dimulai setelah tokoh wayang Ramawijaya diserahkan oleh Camat kepada Ki Sigit Ariyanto. Adapun lakon wayang yang dipentaskan yaitu Brubuh Alengka. Sedangkan Jolang, pelawak lokal, tampil memukau dan menghibur berkolaborasi dengan waranggana.

Hingga paripurna, pagelaran wayang kulit disiarkan langsung melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang.
Ratusan warga, antusias menyaksikan setelah sebelumnya dipersilahkan menikmati jamuan makan malam gratis yang disediakan oleh panitia.

"Pertunjukan wayang ini digelar sudah empat kali setiap tahun selama kami menjabat Camat Ngawen. Jadi kami harapkan warga masyarakat bisa menyaksikan, sekaligus sebagai upaya pelestarian seni tradisi," ucapnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Peringatan HPS 2018 Momentum Promosi Potensi Blora
    20 September 2018 Jam 13:52:00

    Kabupaten Blora menjadi tuan rumah peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 tingkat Provinsi...

    Ciptakan Kamtibmas Jelang Pemilu 2019
    20 September 2018 Jam 07:28:00

    Kapolres Blora AKBP Saptono,S.I.K.,M.H memimpin rapat lintas sektoral pengamanan Pemilu 2019....

    Polres Blora Gelar Apel Pasukan Operasi Mantab Brata Candi 2018
    19 September 2018 Jam 11:57:00

    Kepolisian Resor (Polres) Blora, Jawa Tengah melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap...