Seputar Blora

Polres Blora : 25 Anggota Purna Tugas, Dua Naik Pangkat, Sembilan dapat Penghargaan


Sebanyak 25 keluarga besar Polres Blora, Polda Jateng purna tugas tahun 2018. Mereka terdiri dari tiga berpangkat perwira menengah, delapan perwira pertama, dan 14 bintara Polres Blora.

Pelepasan dilakukan dengan menggelar budaya rutin upacara pelepasan anggota polri yang sudah purna tugas dengan prosesi gerbang pora di Mapolres Blora, Senin (14/9/2018).

Pada prosesi itu. belasan pasukan pedang pora membentuk formasi barisan penghormatan saat para purnirawan yang datang bersama istri berjalan di atas karpet merah dan dihormati bagaikan raja dan ratu.

Diiringi musik yang gemuruh, para purnawirawan ini melewati barisan tersebut dengan langkah tegap dan perlahan. Ssesekali suasana terlihat haru kendati ada seulas senyum.

Para polisi wanita juga menaburkan kembang terhadap para polisi yang telah mengabdikan lebih dari separuh masa hidupnya untuk berbakti di Korps Bhayangkara.

Kapolres Blora, AKBP Saptono, S.I.K, M.H juga memberi penghargaan dan kenang-kenangan kepada sejumlah anggota Polres Blora yang sudah purna tugas.

“Hari ini kita laksanakan budaya pelepasan para senior kita di Polri yang sudah purna tugas. Mungkin acara ini masih terbilang sangat sederhana dibanding dengan nilai pengabdiannya yang rata-rata sudah 37 tahun lebih mengabdi menjadi Bhayangkara sejati,” ujar Kapolres.

Masih terlihat kegagahan prajurit Bhayangkara meskipun usia sudah tidak lagi muda, namun tetap berjalan tegap menggandeng pasangan saat melewati gerbang pora. Namun demikian dalam balutan seragam nan gagah, tidaklah bisa menyembunyikan perasaan haru, bahkan nampak seorang pernawirawan yang matanya berkaca-kaca terharu dengan segala kenangannya.

"Sepertinya baru kemarin melaksanakan tugas sebagai Polisi, namun tiada terasa 40 tahun sudah saya abdikan jiwa raga untuk Kepolisian di Polres Blora ini," ucap Kompol (purn) Sumaidi selesai gerbang pora.

Setelah selesai gerbang pora sebanyak 25 purnawirawan yang pensiun di tahun 2018 ini bersama di arak keliling kota Blora naik dokar. Bahkan Kapolres Blora beserta Ketua Cabang Bhayangkari ikut pawai bersama dengan Wakapolres dan para Pejabat Utama beserta istri.

Seperti kisah pahlawan berkuda berdua bersama pasanganya, terlihat situasi yang meriah saat mereka di arak dengan andong.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Kapolres yang berkenan memberikan sebuah penghargaan seperti ini pada kami, ini adalah sebuah penghargaan yang akan selalu kami kenang,” kata Sumaidi.

Acara dihadiri seluruh keluarga besar Polres Blora dan Bhayangkari.

Kapolres Blora seusai acara berharap bahwa ini adalah wujud penghargaan bagi prajurit Bhayangkara Polres Blora.

"Meskipun sudah memasuki masa purna bhakti namun mereka masih semangat, ini harus menjadi contoh bagi kita semua yang masih berdinas agar selalu semangat dalam melaksanakan tugas,” ucap AKBP Saptono, Kapolres Blora.

Pada kesempatan yang sama dua personel Polsek dan sembilan personel Polres Blora, Polda Jawa Tengah mendapatkan penghargaan serta kenaikan pangkat pengabdian atas dedikasinya yang tinggal tiga bulan memasuki masa pensiun.

Dua personil Polsek yang memperoleh kenaikan pangkat pengabdian dari AIPTU ke IPDA adalah atas nama Puryanto KSPKT Polsek Japah dan Suwanto Kanit Provos Polsek Jati.

Kenaikan pangkat itu dikarenakan selama bertugas menjadi anggota Polri tidak pernah melakukan pelanggaran dan mendapatkan penghargaan berupa pangkat pengabdian.

Selanjutnya, ada 9 personel lain dari Satuan Sabhara Polres Blora yang mendapat penghargaan atas tugasnya dalam upaya penangkapan tersangka Ilegal Loging atau penjarahan hutan. Pemberian tersebut sebagai bentuk apresiasi pimpinan kepada anggotanya yang dinilai berprestasi dalam menjalankan tugas.

Kapolres Blora dalam amanatnya, mengatakan pada dasarnya kenaikan pangkat ini merupakan salah satu wujud penghargaan pimpinan terhadap anggota atas prestasi dan jerih payah yang dikerjakan selama ini.

“Saya ucapkan selamat kepada anggota yang Naik Pangkat pengabdian, terima kasih atas kerja keras, tangggungjawab dan dedikasinya selama bertugas dikedinasan untuk kemajuan Polri, khususnya di wilayah Kabupaten Blora. Penghargaan tersebut sangat pantas diberikan kepada anggota Polri yang telah berdinas dengan baik dan menghadapi masa pensiun tidak ada cacat, catatan yang buruk, dan memberikan inovasi dan kontribusi yang baik kepada institusi Polri ini,” ujar AKBP Saptono.

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, bagi sembilan personel yang mendapatkan penghargaan (reward), ini merupakan bentuk penghargaan institusi kepada anggota yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

"Semoga penghargaan ini dapat memicu semangat anggota yang lainnya untuk terus berprestasi," imbuhnya.

Kapolres meminta kepada semua personel untuk tetap profesional dalam menjalankan tugas, dan menjaga sikap netral, terlebih pada menjelang tahun 2019 ini merupakan tahun politik. Dimana ada dua event besar yang akan dihelat yakni Pileg dan Pilpres.

“Saya minta semua personil untuk selalu siap dalam menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Blora. Tingkatkan patroli dan deteksi dini. Sehingga pelaksanaan Pemilu tahun 2019 bisa sukses berjalan aman dan lancar seperti Pilkada Jateng yang lalu. Juga sikap netralitas kita sebagai anggota Polri untuk tidak terjun dalam politik praktis harus kita junjung tinggi," tandasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Bersama FK Metra, Masyarakat Desa Jagong Diajak Nonton Bareng
    19 Desember 2018 Jam 05:03:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Nonton Bareng (Nobar)...

    Hery Sutiyono Jadi Ketua KONI Blora Masa Bhakti 2018-2022
    18 Desember 2018 Jam 09:57:00

    Hery Sutiyono secara aklamasi terpilih kembali menjadi ketua umum Komite Olahraga Nasional...

    Bupati Djoko Nugroho Buka Musyawarah Olahraga Kabupaten KONI Blora
    18 Desember 2018 Jam 09:02:00

    Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Blora menggelar musyawarah olahraga...