SMK Muhammadiyah 1 Blora Launching Technopark


Sekolan Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Blora, Provinsi Jawa Tengah melaunching technopark sebagai ruang penggabungan hasil karya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan industri di sekolah setempat, Selasa (9/10/2018).

Launching dihadiri Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Blora Drs. Achmad Wardoyo, Kepala Dinkominfo Drs. Sugiyono yang diwakili Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Ignatius Ary Soesanto, Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Pati Santoso yang diwakili Kepala Seksi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) BP2MK Agus Rumanto.

Selain itu, hadir perwakilan Dindagkop UMKM, Camat Blora, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Blora.

Ketua panitia launching technopark Luhur Heri Santoso mewakili Kepala SMK Muhammadiyah 1 Salamun, dalam sambutannya antara lain mengemukakan hasil yang ditampilkan dalam technopark yaitu Gastrack Musaba Chasis (GMC), yakni bangun motor trail menggunakan produk Musaba Teknik yang bisa digunakan untuk berbagai jenis sepeda motor.

Kemudian, jam dengan modul led P10 menggunakan tambahan modul Real Time Clock (RTC) dan Arduino Nano. Yang diprogram mengambil data dari RTC, baik jam, menit, detik, tanggal, bulan dan tahun.

Selanjutnya, produk makanan dari bahan makanan lokal karya siswa tata boga ditampilkan di technopark. Di antaranya kue berbahan dari kulit kacang hijau dan labu kuning.

Sementara itu dari unit Multi Media SMK Muhammadiyah 1 Blora menampilkan jasa pembuatan desain, website desain dan fotografi serta video shooting yang bertujuan menumbuhkan daya cipta dan kreasi peserta didik.

Selain itu, ada d’blangkrah traktor, salah satu karya alat pertanian hand traktor dengan menambahkan sistem kemudi.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Blora, Widodo, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih bahwa sejak berdiri hingga sekarang, SMK Muhammadiyah 1 Blora masih dipercaya mendidik putra puti Blora.

“Sehingga kita harus punya konsekwensi yang harus dipenuhi untuk mendorong kreativitas, inovasi yang harus dimunculkan dan dikembangkan. Sekaligus sebagai lahan dakwah untuk meningkatkan iman kepada peserta didik,” jelasnya.

Masih menurut Widodo, perlu mensinergikan potensi SMK Muhammadiyah 1 Blora dengan dunia industri.

“Hal ini dikarenakan perkembangan insdustri yang sangat cepat sehingga harus diketahui oleh anak didik. Tentu saja diperlukan kerja keras dari semua komponen yang dilandasi ikhlas dalam ibadah,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho, mengapresiasi setinggingi-tingginya atas capaian prestasi dari SMK Muhammadiyah 1 Blora.

“Luar biasa SMK Muhammadiyah 1 Blora. Prestasinya membanggakan Kabupaten Blora. Ini bisa memotivasi adik-adik pelajar untuk terus berkarya,” ucapnya.

Adanya technopark, lanjut Wakil Bupati Arief Rohman, diharapkan menjadi percontohan. Sedangkan hasil produksinya bisa dimanfaatkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Seperti hasil dari jurusan tata boga, sesekali perlu dimanfaatkan pada acara di Setda Blora. Termasuk traktor, dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, mungkin bisa dimanfaatkan untuk petani, silahkan disesuaikan SPEK-nya,” ujarnya.

Kepala Seksi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) BP2MK Agus Rumanto berharap agar technopark ada penggabungan Iptek, perguruan tinggi, pemerinah pusat dan pemerintah daerah.

“Technopark itu mendidik. Ada pembelajaran kewirausahaan, pembelajaran berbasis industri. Harapannya harus menjadi embrio Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Untuk mengembangkan diri sendiri dan percontohan serta kerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah,” jelasnya.

Dengan demikian, kata dia, lulusan SMK Muhammadiyah 1 Blora begitu lulus bisa langsung mandiri atau dapat kerja.

“Pesan kami, technopark bisa berkelanjutan. Karena ada managemen, akuntabel dan efektif serta efisiensi,” tandasnya.

Usai acara seremonial dilanjutkan dengan penggutingan pita di pintu masuk technopark oleh Agus Rumanto didampingi oleh Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman dan sejumlah pimpinan OPD terkait yang hadir. Kemudian dilanjutkan meninjau ruangan dan hasil karya siswa SMK Muhammadiyah 1 Blora.

Dalam acara launching tenchnopark, disuguhkan acara hiburan musik dari group musaba plus, tari kreasi Bleger Wengker, demo meracik minuman dan memasak makanan oleh siswa jurusan tata boga. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    DPK Gelar Bimtek Pengelola Perpustakaan Sekolah
    22 Oktober 2018 Jam 09:07:00

    Bupati Blora Djoko Nugroho mengemukakan perlunya waktu khusus untuk mewajibkan siswa gemar...

    Porprov Jateng : Novita Persembahkan Medali Emas Cabang Lari Half Maraton
    20 Oktober 2018 Jam 09:52:00

    Kabupaten Blora mengawali perolehan medali di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XV 2018...

    Kodim Gelar Makutarama Blora Off Road
    20 Oktober 2018 Jam 08:44:00

    Komando Distrik Militer (Kodim) 0721 Blora menggelar event Makutarama Blora Off Road For...