Berita Terkini

DPK Gelar Bimtek Pengelola Perpustakaan Sekolah


Bupati Blora Djoko Nugroho mengemukakan perlunya waktu khusus untuk mewajibkan siswa gemar membaca buku di perpustakaan sekolah. Demikian hal itu disampaikan saat memberi arahan bimbingan teknis pengelola perpustakaan Sekolah Dasar (SD) di pendopo kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, Senin (22/10/2018).

“Saya ingin ada waktu khusus atau semacam kewajiban satu atau dua jam siswa berada di perpustakaan sekolah,” kata Bupati Blora Djoko Nugroho.

Kewajiban itu, menurut Bupati Djoko Nugroho, karena keprihatinan terhadap minat baca yang tergolong masih rendah khususnya di kalangan anak-anak.

“Membaca itu penting. Dan bagimana mengajak anak untuk gemar membaca, menjadi tanggung jawab kita bersama,” tandasnya.
Kondisi yang terjadi saat ini, menurut Bupati Djoko Nugroho, minat baca dan kebiasaan membaca di Kabupaten Blora relatif masih rendah. Skala rasio 1 dibanding 76 orang, dari jumlah 844.490 orang penduduk di Kabupaten Blora.

“Yang menjadi anggota umum barub 11.097 orang,” katanya.

Program dan stimulasi pemerintah untuk meningkatkan minat dan budaya baca yang masih belum meningkatkan kualitas literasi masyarakat.

“Bantuan perpustakaan desa, pembinaan perpustakaan belum berdampak optimal dalam mewujudkan kebiasaan membaca pelajar dan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Djoko Nugroho meminta kepada peserta bimtek agar mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya bisa diterapkan untuk pengelolaan perpustakaan sekolah.

Dalam kesempatan itu, Bupati mohon dukungan dan doa restu atas rencana pembangunan gedung perpustakaan kabupaten Blora.
Kepala Dinas Perpustkaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora Drh. R. Gundala Wejasena dalam laporannya antara lain mengemukakan penyelenggaraan bimtek bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengelola perpustakaan SD.

“Pengelola perpustakaan SD, kami sebut pustakawan, adalah motor perubahan untuk mewujudkan generasi yang lebih adil dan berguna karena dibentuk perpustakaan,” jelasnya.

Peserta bimtek, kata Gundala Wejasena, adalah 70 orang pengelola perpustakaan Sekolah Dasar penerima Dana Alokasi Khusus Tahun 2017/2018.

Bimtek, lanjutnya, diselenggarakan selama tiga hari, Senin (22/10/2018) hingga Rabu (24/10/2018) dengan sejumlah nara sumber,  di antaranya dari anggota DPRD Kabupaten Blora yakni Achlif Nugroho Widi Utomo dan beberapa pejabat terkait di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...