Berita Terkini

Pelayanan Perizinan Berbasis OSS Disosialisasikan


Pemerintah Kabupaten Blora mulai menyiapkan inovasi pelayanan perizinan berbasis Online Single Submission (OSS). Persiapan itu diawali dengan melaksanakan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun tentang Pelayanan Perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

Sosaalisasi berlangsung di ruang pertemuan Sekretariat Daerah Kabupaten Blora, Kamis (1/11/2018). Acara dibuka langsung oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si didampingi Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si, dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora, Drs. Purwanto, MM.

Kepala DPMPTSP Drs. Purwanto, MM menjelaskan bahwa OSS adalah sistem yang mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan yang menjadi kewenangan Menteri/Pimpinan lembaga dan Kepala Daerah yang dilakukan secara elektronik.

“OSS ini merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian. Dengan adanya OSS, berbagai perizinan yang sebelumnya diperlukan, saat ini hanya dikelompokkan menjadi 2 jenis perizinan berusaha, yaitu: Izin Usaha, dan
Izin Komersial atau Operasional,” jelasnya.

Dengan adanya OSS ini, menurut Purwanto segala bentuk perizinan akan lebih cepat. Utamanya untuk menarik investor menanamkan modalnya di daerah maupun Indonesia. Pasalnya investasi merupakan salah satu pilar perekonomian nasional sehingga pemerintah merasa perlu melakukan berbagai upaya inovasi untuk menarik investasi asing ke tanah air salah satunya dengan OSS ini.

Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si dalam sambutannya berharap kedepan investasi di Blora agar terus ditingkatkan. Untuk itu diperlukan proses pelayanan perijinan yang praktis, murah, dan cepat.

“Saya berharap inventasi di Blora dapat terus ditingkatkan, karena hal ini akan sangat membantu perkembangan perekonomian di Kabupaten Blora. Untuk itu, proses perijinan harus praktis, tidak ribet dan murah,” tandasnya.

Terlebih, menurut dia, saat ini pembangunan Bandara Ngloram terus berlanjut dan akan ada banyak permohonan ijin usaha sebagai efek keberadaan bandara.

Untuk menjalankan sistem perizinan melalui OSS ini, lanjutnya, perlu dipersiapkan sarana dan prasarana di antaranya peralatan komputer, jaringan internet dan SDM untuk menjadi operator di setiap kantor Kecamatan.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala OPD terkait, Camat se-Kabupaten Blora, BPJS Kesehatan, KPP Pratama Blora dan beberapa stakeholder terkait. (Dinkominfo Kab.Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Pembangunan Jembatan Kradenan-Ngraho Dipercepat
    18 November 2018 Jam 14:29:00

    Proses pembangunan jembatan penghubung antara Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa...

    Kepala Desa Diminta Lebih Inovatif Memajukan Desa
    14 November 2018 Jam 07:30:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Bursa...

    Bupati Djoko Nugroho Lepas Keberangkatan Atlet Peparprov Jateng 2018
    14 November 2018 Jam 02:51:00

    Bupati Blora Djoko Nugroho melepas keberangkatan 13 orang atlet National Paralympic Committee...