Berita Terkini

Jaringan Gas Rumah Tangga di CPP-PPGJ Dilanjutkan


Pemerintah Kabupaten Blora, meminta proyek jaringan gas rumah tangga (jargas) di kawasan Central Processing Plant (CPP) Proyek Pengambangan Gas Jawa (PPGJ) Blok Gundih, Kecamatan Kradenan bisa dilanjutkan.

Sebab target 4000 sasaran rumah tangga di tujuh desa yang telah dibangun sejak 2013 lalu, hingga kini baru ratusan sasaran rumah tangga di Desa Sumber saja yang bisa menikmati manfaat jaringan gasnya.

Hal itu diutarakan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si ketika menerima kunjungan kerja tim Komisi VII DPR RI yang membidangi ESDM, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di kantor Pertamina EP IV Cepu, Jumat (2/11/2018).

“Sesuai arahan dan usulan Bapak Bupati terkait jaringan gas rumah tangga agar terus dilanjutkan. Maka hal ini kami sampaikan langsung kepada Komisi VII DPR RI supaya direspon. Akan ditindaklanjuti dengan mengundang Dirjen Migas dan PGN (Perusahaan Gas Negara) guna membahas hal tersebut, mungkin ada kendala dan bagaimana penyelesaiannya,” ucap H. Arief Rohman M.Si.

Ketua tim Komisi VII DPR RI yang datang ke Blora, Ir. H. M Ridwan Hisyam yang sepakat untuk mendorong kelanjutan jaringan gas rumah tangga (city gas) sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar PPGJ. Karena menurutnya city gas yang masuk ke pemukiman diyakini sangat ekonomis bagi masyarakat.

“Dari laporan Bupati dan Wakil Bupati, city gas baru berjalan beberapa saja dan ini akan kami dorong agar bisa berjalan lagi,” ucapnya.

Kepala Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Zaki Bachroni membenarkan jika belum semua warga di Desanya bisa menikmati manfaat jaringan gas rumah tangga. Padahal pembangunan jaringan gasnya sudah dimulai sejak 2013 lalu.

“Manfaat jaringan gas rumah tangga ini luar biasa bagi masyarakat, mereka lebih hemat dan aman menggunakan jargas. Harapannya kedepan untuk segera mengaktifkan lagi sisa jargas yang sudah terpasang di rumah warga. Pasalnya sejak diujicobakan Juli 2016 lalu, baru sekitar 650 SR yang sudah tersambung,” ucap Zaki Bachroni.

Zaki menyatakan bahwa dari 13 dukuhan yang ada di Desa Sumber, baru 7 dukuhan yang terpasang jaringan gas. Masih ada 6 dukuhan lagi yang belum terpasang.

“Semoga benar-benar bisa dilanjutkan agar tidak terjadi kecemburuan sosial,” kata Kades Sumber.

Sementara itu Kepala Desa Mojorembun, Syaifudin Zuhri, mengemukakan wilayahnya juga masuk ring satu CPP PPGJ Blok Gundih.

Menurutnya, sejak dipasangi jaringan gas pada tahun 2013 lalu, hingga kini belum ada rumah warganya yang teraliri gas. Bahkan beberapa jaringan yang terpasang rusak karena tak kunjung terpakai.

“Jaringan gas rumah tangga itu apa? Mungkin warga kami sudah lupa karena sudah terlalu lama dipasangi alatnya namun tak kunjung mengalir gasnya. Ya mudah-mudahan bisa segera terealisasi,” ungkap Kades Mojorembun.  (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...