Berita Terkini

Tajak Sumur Minyak BNA-PO3 di Desa Semanggi


Pertamina EP Asset IV Cepu mulai melaksanakan pemboran sumur Banyuasin (BNA-P03) di Desa Semanggi, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

Pemboran diawali dengan melaksanakan syukuran tajak dihadiri Bupati Djoko Nugroho, GM PT. Pertamina EP Asset IV Cepu Agus Amperianto, Kepala DLH Blora, jajaran Forkopimca Jepon, Kades Semanggi dan warga sekitar, Rabu (7/11/2018).

Syukuran tajak dilaksanakan dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati bersama GM PT. Pertamina EP Asset IV Cepu yang kemudian diserahkan kepada operator pemboran dengan harapan bisa menghasilkan minyak sehingga bisa meningkatkan produksi nasional, dan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah.

Selain itu diserahkan santunan kepada 120 anak yatim yang berasal dari Desa Semanggi dan sekitarnya juga dilakukan dengan harapan semuanya bisa ikut mendoakan kesuksesan pemboran sumur minyak BNA-P03 ini.

GM PT. Pertamina EP Asset IV Cepu Agus Amperianto dalam sambutannya didampingi Cepu Field Manager Afwan Daroni, menjelaskan bahwa sumur BNA-P03 ini merupakan sumur baru yang akan dibor sedalam 2036 meter dan merupakan sumur terdalam diantara sumur tua yang ada di lapangan Banyuasin.

“Pemboran Sumur BNA-P03 akan membutuhkan waktu sekitar 41 hari dengan menggunakan Rig PDSI #25.2/LTO750-M. Kami mewakili PT Pertamina EP Asset IV Cepu berharap dukungan dari seluruh pihak agar proses pemboran ini berjalan lancar dan tanpa hambatan berarti serta tentunya Zero Accident. Kami targetkan nantinya bisa memproduksi minyak sebanyak 150 barel per hari,” ucap Agus Amperianto.

Apabila target tersebut berhasil didapatkan, kata dia, tentunya akan memberikan dampak positif bagi lingkungan masyarakat sekitar dan tambahan PAD bagi Kabupaten Blora.

Selama pemboran ini, Agus menyebutkan 16 kontraktor bergabung untuk bekerjasama dengan jumlah pekerja sebanyak 110 personil.

“Selama 24 jam pekerjaan terus berjalan dengan sistem shif,” jelasnya.

Bupati Djoko Nugroho mengapresiasi upaya PT Pertamina EP Asset IV Cepu yang terus begitu getolnya mencari titik-titik sumur baru untuk meningkatkan produksi minyak di Kabupaten Blora. Sehingga dirinya juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung kegiatan pemboran minyak ini.

“Pertamina ini bagian dari BUMN milik Pemerintah, saya selaku Bupati juga bagian dari Pemerintah. Tidak ada Pemerintah yang ingin menyengsarakan masyarakatnya, yang ada adalah ingin menyejahterakan masyarakatnya,” ujar Bupati.

Jika minyak ini nanti berhasil diproduksi, menurut bupati Djoko Nugroho, dipastikan efeknya akan sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Ayo didukung, jangan digangggu,” ujar Bupati kepada warga yang hadir.

Bupati juga meminta agar warga sekitar tidak mudah percaya pada isu-isu negatif yang sengaja disebarkan oleh oknum tertentu untuk mengganggu aktifitas pemboran minyak.

“Jangan gampang percaya kabar negatif. Kalau kurang jelas tentang aktifitas pemboran ini tanyakan langsung ke humasnya Pertamina melalui Kepala Desa. Saya hafal, biasanya ada saja oknum-oknum yang tidak suka dan membuat kabar miring tentang aktifitas migas,” lanjut Bupati.

Menurut Bupati, jika target 150 barel per hari tercapai di sumur BNA-P03, maka jumlah tersebut sama halnya dengan jumlah produksi seluruh sumur minyak tua yang ada di Kabupaten Blora.

Di tempat yang sama Camat Jepon, Free Bayu Alamanda menambahkan keterangan bahwa sebelum kegiatan pemboran dimulai, pihak Pertamina sudah terlebih dahulu melakukan perizinan dan berkoordinasi dengan Forkopimca.

“Alhamdulillah kemarin Pertamina sudah berkoordinasi dengan Forkopimcam baik untuk pengamanan maupun rekruitmen tenaga kerja yang dibutuhkan. Kami sepakat mengambil tenaga kerja dari wilayah ring satu Desa Semanggi,” terangnya.

Usai syukuran tajak, dilanjutkan dengan peninjauan lapangan sumur BNA-P03 oleh Bupati dan seluruh tamu undangan. Dalam peninjauan lapangan itu, semuanya diwajibkan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa rompi khusus dan helm.  (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:06:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021...