Seputar Blora

Prajurit Alugoro Semangat Latihan Peleton Beranting


Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 410/ Alugoro, Blora, Jawa Tengah meningkatkan latihan Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat.

Latihan dilaksanakan lebih satu bulan dipimpin dan didampingi langsung oleh Danyonif 410/Alugoro Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P.

“Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat adalah tanggal khusus, yaitu khusus untuk Korps Infanteri TNI AD yang diperingati setiap tanggal 15 Desember, guna mengenang Pertempuran Ambarawa. Sebelumnya bernama Hari Infanteri,” kata Danyonif 410/Alugoro Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, di Blora, Senin (3/12/2018).

Ia menjelaskan, perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Soedirman pada pertengahan Desember 1945 membuat tentara sekutu terjepit dan akhirnya mundur dari Ambarawa menuju Semarang.

Walaupun dihadang dengan seluruh kekuatan persenjataan modern serta kemampuan taktik dan strategi sekutu, para pejuang RI tak pernah gentar sedikit pun. Mereka melancarkan serangan dengan gigih seraya melakukan pengepungan ketat di semua penjuru kota Ambarawa.

“Oleh karena itu, untuk mengenang sejarah itu, selama satu bulan lebih prajurit Alugoro terus meningkatkan latihan dalam kegiatan Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dengan jiwa yang penuh semangat seperti para pejuang yang dahulu telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” tandasnya.

Menurut Danyon 410 Alugoro, berlatih pleton beranting memerlukan mental dan fisik yang prima, yaitu dengan cara pelatihan bertingkat, bertahap, dan berlanjut.

“Dari jarak lima kilometer hingga jarak 30 kilometer, dari berlatih pagi, siang, maupun malam hari. Itulah yang dilatihkan Prajurit Alugoro dalam membina kemampuan prajuritnya untuk menyusuri jalan-jalan dengan membawa rangsel, senjata, bendera serta tabung yang berisikan simbol dan dokumen serah terima Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya,” ujarnya.

Perlombaan Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya merupakan kegiatan tahunan bergengsi bagi Corps Infanteri, dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa korsa dan kebanggan terhadap Corps Infanteri.

“Kami terus memberikan motivasi dan ikut berjalan bersama anggota dalam latihan Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya, dengan tujuan agar mendapatkan hasil yang membanggakan di perlombaan,” katanya (Dinkominfo Kab. Blora/Alg).





    Berita Terbaru

    Pertemuan Gabungan Persit Sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi
    10 Desember 2018 Jam 11:42:00

    Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Candra Kirana (KCK) LX Batalyon Infanteri (Yonif) 410...

    Dzikir dan Haul Akbar Berlangsung Khidmat
    09 Desember 2018 Jam 08:13:00

    Ribuan umat muslim berbagai daerah dari dalam dan luar Kabupaten Blora mengikuti Majlis Dzikir...

    Pertunjukan Wayang Kulit dan Pengajian digelar Pepadi Pusat di Blok T
    08 Desember 2018 Jam 21:31:00

    Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) pusat Jakarta menggelar pertunjukan wayang kulit dan...