Berita Terkini

Mancing Ikan Lele di Kali Gabus Diikuti Ratusan Ibu


Mancing ikan lele segar khusus peserta perempuan (ibu-ibu) sukses digelar di Kali Gabus Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Sabtu (19/1/2018).

Ratusan peserta perempuan baik warga sekitar dan istri pejabat Blora yang tergabung dalam organisasi wanita seperti PKK Kabupaten, Dharma Wanita, Persit, Bhayangkari juga ikut mancing ikan lele segar yang disebar oleh panitia di kali Gabus sebanyak lima kuwintal.

Masing masing mulai mencari tempat yang nyaman agar bisa mengulur kail meskipun waktu untuk memancing baru akan dimulai pukul 16:00 WIB. Cuaca yang saat itu hujan gerimis pun tak menjadi penghalang bagi ibu ibu untuk memancing. Ada yang pakai payung, ada yang duduk di tepi kali sambil pakai jas hujan, bahkan memakai helm.

Bupati Blora Djoko Nugroho yang mendukung acara tersebu hadir bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Umi Kulsum.

Mendekati detik-detik pukul 16.00 WIB, Bupati Blora memberikan aba aba sebagai tanda dimulainya mancing mania.

Suasana heboh dan meriah menjadi daya tarik dan perhatian ketika ada peserta yang mendapatkan tarikan kuat dari ikan lele. Apalagi ukuran ikan lele yang disebar cukup besar sehingga banyak ibu ibu yang histeris saat menarik ikan. Mereka dibantu menarik oleh anak atau suaminya.

“Senang rasanya bisa ikut mancing mania di Gabus ini. Awalnya takut memasang umpan cacing pada ujung kail. Namun saat ada tarikan ikan rasanya senang dan bingung bagaimana cara nariknya. Ikan lelenya besar, takut kalau kailnya patah. Tapi alhamdulillah bisa diangkat,” ucap Yuli, salah satu peserta mancing mania.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Umi Kulsum juga tak kalah seru. Ditemani sejumlah pengurus PKK dan Dharma Wanita, rupanya butuh waktu agak lama untuk mendapatkan ikan. Namun ketika dapat, semuanya heboh, dan disemangati Bupati Djoko Nugroho agar bisa mengangkat ikannya sendiri.

Menurut Bupati, acara ini diselenggarakan selain untuk sarana hiburan akhir pekan, juga untuk mengampanyekan gerakan gemar makan ikan (Gemari) bagi masyarakat umum.

"Ini sebagai ajang hiburan akhir pekan setelah bekerja selama seminggu, sekaligus kampanye gerakan gemar makan ikan. Harapannya setelah dapat ikan, bisa dibawa pulang untuk dimasak menjadi makanan bergizi dan dimakan bersama keluarga. Kita cukupi gizi anak-anak agar tidak stunting" kata bupati Djoko Nugroho.

Mancing ikan lele, kata Bupati Blora, sengaja digratiskan agar banyak ibu-ibu yang ikut.

“Lomba mancing mania ini digelar mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Lima kuwintal ikan lele ditebar oleh panitia di kali Gabus. Setelah pukul 17.00 WIB, bebas mancing,” jelasnya.
.
Ia menilai, ibu adalah tokoh penting dalam keluarga yang berperan dalam penyajian makanan dan asupan gizi bagi anak anaknya.

“Dengan demikian mereka dapat mengolah ikan yang didapat untuk memenuhi gizi anaknya. Ikan memiliki gizi yang tinggi dan bagus untuk perkembangan anak anak,”katanya.

Menurut Bupati, jangan sampai pertumbuhan seorang anak mengalami kekurangan gizi. Karena jika hal itu terjadi, maka anak tersebut rawan mengalami stunting atau gangguan pertumbuhan yang sangat rawan terjadi pada seribu hari pertama.

Hal ini selaras dengan komitmen pemerinah Kabupaten Blora Bupati Djoko Nugroho yang ingin mengurangi angka stunting.  (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Pemkab Blora Gelar Safari Ramadan 1445 Hijriah
    19 Maret 2024 Jam 03:56:00

    Safari Ramadan 1445 Hijriah bertajuk Blora Menyapa digelar perdana Pemerintah Kabupaten Blora di...

    Febe Oktora Damaris, Sosok Penulis Muda Peduli Pemajuan Budaya Blora
    18 Maret 2024 Jam 12:01:00

    Febe Oktora Damaris, siswi SMAN 1 Blora dalam artikelnya menuliskan apabila membahas tentang...

    Gaungkan Ajaran Samin Bisa Mendunia
    18 Maret 2024 Jam 11:13:00

    Ada yang istimewa di peringatan 117 tahun perjuangan Samin Surosentiko yang digelar oleh para...