Seni dan Budaya

Club Blora Menulis Wadah Penggiat Sastra Remaja


Club Blora Menulis (CBM) merupakan salah satu kelompok penggiat sastra yang dibentuk pada tanggal 28 januari 2018. CBM beranggotakan pelajar SMP, SMA/SMK serta penggemar sastra lainnya di Blora.

CBM berdiri diprakarsai Neneng Khusnul Ulfu 'Aini, salah seorang penggiat sastra remaja Blora.

“Club ini bermula ketika kami menawarkan kepada adik tingkat untuk membentuk sebuah Club Blora Menulis. Tak disangka, ternyata banyak kalangan pelajar yang berminat dan bergabung dalam Club Blora Menulis (CBM),” katanya, di Blora, baru-baru ini.

Menurutnya, banyak pelajar yang secara tidak sengaja memiliki kesamaan minat dan bakat dalam dunia kepenulisan mulai bertemu di organisasi ini.

Pada tahun 2019 CBM memasuki periode ke dua yang ditandai dengan bergantinya jabatan ketua. Periode pertama diketuai oleh Hirdina sedangkan periode kedua diketuai oleh Dea Irma.

Logo dari CBM sendiri juga memiliki arti yang dirakit dengan sedemikian rupa sehingga membuat kesan dinamis dalam kelompok tersebut. Para penggiat sastra berusaha menggembangkan kembali kesusastraan yang mungkin sudah jarang diminati.

“Club Blora Menulis sendiri selain menggunakan teknologi untuk berkomunikasi, juga kerap mengadakan pertemuan (meet up) yang dilakukan disalah satu tempat guna membahas program-program untuk bagaimana selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh CBM,” jelasnya.

Karya CBM dalam buku perdana telah dicetak dan diterbitkan diberi judul Senja, Hujan dan Harapan. Buku itu berisi kumpulan sajak atau puisi karya anggota CBM. Buku perdana ini merupakan tahap awal sebagai penyemangat agar anggota CBM lebih kreatif dan menggali karya sastra.

“Saya merasa senang bergabung di CBM, selain bisa mendapat berbagai ilmu baru, juga menambah wawasan dalam hal sastra dan tentunya menambah teman,” kata Evi Windi salah satu anggota CBM.

Karya-karya CBM terdapat di blog clubbloramenulis.blogspot.com. Agenda anniversary satu tahun CBM, yaitu telah membuat short movie yang bisa dilihat dalam chanel youtube Club Blora Menulis.

Untuk program CBM selanjutnya adalah penerbitan buku kedua.

“Dengan semangat para penggiat sastra akan terus mengembangkan potensi-potensi yang ada tentunya dalam bidang sastra dan bahasa di wilayah kabupaten Blora,” kata Neneng. (Dinkominfo Kab. Blora/Ghina).

    Berita Terbaru

    Workshop Fotografi dan Videografi Bagi OPD
    20 April 2019 Jam 06:52:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda)...

    Dekranasda Blora Gelar Pameran Produk Unggulan Daerah
    18 April 2019 Jam 09:30:00

    Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tingkat Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar pameran...

    Wabup Arief Rohman Gunakan Hak Pilih di TPS 11 Desa Sendangwungu
    18 April 2019 Jam 09:21:00

    Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si melakukan pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 11 Desa Sendangwungu,...