Berita Terkini

Berkunjung ke Blora, Pemkot Prabumulih Studi Pengelolaan Sumur Minyak Tua


Walikota Prabumulih, Sumatera Selatan, Ir. H. Ridho Yahya, MM mengemukakan kunjungannya ke Kabupate Blora, Jawa Tengah, ingin melihat bagaimana model pengelolaan sumur minyak tua di wilayah kabupaten setempat.

“Kami sangat berterimakasih, disela kesibukan Bupati Blora sudah menyempatkan untuk menerima kami di tempat yang indah ini. Kami ingin melihat bagaimana model pengelolaan sumur minyak tua di Blora,” kata Walikota Prabumulih H. Ridho Yahya ketika diterima oleh Bupati Blora Djoko Nugroho di rumah dinas, Rabu (30/1/2019).

Di wilayah Prabumulih, kata Ridho Yahya, warganya belum diberi kesempatan oleh Pertamina untuk ikut mengelola sumur minyak tua.

Bupati Blora Djoko Nugroho mengucapkan selamat datang dan mengungkapkan rasa senangnya karena Blora menjadi daerah tujuan belajar pengelolaan sumur minyak tua.

“Suatu kehormatan bagi kami karena Walikota Prabumulih beserta rombongan memilih Kabupaten Blora sebagai tujuan kunjungan kerja tentang pengelolaan sumur minyak tua,” katanya.

Pengelolaan sumur minyak tua, menurut Bupati Blora, merupakan yang terbaik dan paling patuh terhadap regulasi sehingga daerah melalui BUMD dan masyarakat yang tergabung dalam komunitas penambang lokal dan diberikan izin dari Pertamina untuk mengelolanya.

Momentum ini pun tidak hanya digunakan Bupati Djoko Nugroho untuk menyampaikan beberapa hal tentang pengelolaan sumur minyak tua. Namun juga belajar kepada Prabumulih tentang pengelolaan city gas atau jaringan gas rumah tangga. Sebab, program city gas telah dikelola baik oleh BUMD dan menyasar ribuan sambungan rumah tangga.

“Kita disini untuk saling belajar. Prabumulih belajar sumur minyak tua yang nanti akan dijelaskan oleh Direktur BUMD PT. Blora Patra Energi (BPE), sedangkan kita belajar city gas,” kata Bupati Blora Djoko Nugroho.

Walikota Prabumulih, Ir. H Ridho Yahya, MM menyatakan, terkait jaringan gas rumah tangga, pihaknya pada tahun 2018 lalu mendapatkan tambahan 6000 sambungan rumah tangga. Melengkapi ribuan sambungan sebelumnya.

“Bagi kami kekayaan Sumber Daya Alam diberikan oleh Allah SWT untuk kemakmuran masyarakat yang ada di wilayah itu. Jika di Prabumulih ada gas alam dan minyak bumi, maka sudah seharusnya kedua SDA ini bisa memakmurkan masyarakatnya,” kata Ridho Yahya yang hadir berkunjung bersama Ketua DPRD, beberapa OPD terkait serta BUMD.

Menurutnya, Blora harus berjuang agar jumlah jaringan gas rumah tangganya meningkat.

Sekadar diketahui, sejak dibangun lima tahun lalu, hingga kini jumlah jaringan gas rumah tangga yang mengalir di Desa Sumber Kecamatan Kradenan baru sekitar 700 sambungan saja. Sedangkan jumlah gas yang dihasilkan dari PPGJ Blok Gundih di Desa Sumber kebanyakan dialirkan ke Tambaklorok Semarang.

Pada kesempatan yang sama, Direktur BUMD PT.BPE, Christian Prasetya menyampaikan bahwa pihaknya mulai dipercaya oleh Pertamina dan mengantongi izin pengelolaan sumur minyak tua pada tahun 2017. Dalam BUMD ini ada perkumpulan penambang minyak dan kelompok penambang.

“Kami mengelola sumur minyak tua yang ada di lapangan Ledok, tepatnya Desa Ledok Kecamatan Sambong, sejumlah 196 titik sumur. Namun yang beroperasi dan berproduksi sebanyak 125 titik sumur,” ujarnya.

Agar pengelolaan sumur minyak tua ini bisa menyerap tenaga kerja lokal sekitar tambang, kata dia, pihaknya sengaja memakai sistem timba menara kaki tiga. Jika ditimba dengan mesin maka akan minim pekerja.

“Setiap satu titik sumur setidaknya ada dua sampai empat pekerja setiap hari yang bertugas untuk menimba. Sehingga total ada 400 pekerja yang menambang minyak di lapangan Ledok ini,” katanya.

Dari jumlah sumur minyak tua tersebut, selama satu tahun di 2018 telah berhasil menaikkan minyak sebanyak 9.290.890 liter atau 58,430 barrel. Jika dirata rata setiap bulan menghasilkan minyak 775.000 liter atau 4,870 barrel.

Sejumlah regulasi yang mengatur tentang ini juga disampaikan mulai dari Permen ESDM hingga Perbup tentang pendirian BUMD PT. BPE.

“Lapangan migas yang kebanyakan identik dengan kerusakan lingkungan dan pencemaran tidak terjadi di Ledok. Di lingkungan sumur minyak tua kami, hutannya tetap lestari dan limbah dikelola dengan baik,” jelasnya.

Usai dialog di pendopo Rumah Dinas Bupati, rombongan Walikota Prabumulih beranjak ke lapangan guna melihat langsung kondisi sumur minyak tua di Desa Ledok, Kecamatan Sambong. Turut mendampingi Wakil Bupati Blora, H.Arief Rohman, M.Si, Direktur BUMD PT.BPE dan beberapa OPD terkait.

Setelah melihat sumur minyak tua, rombongan beralih ke kampus PEM Akamigas Cepu, karena Pemkot Prabumulih juga ingin mengajukan pendirian kampus migas di wilayahnya. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...