Seputar Blora

Pendidikan dan Pelatihan Kerja Tahap I Tahun 2019


Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, menggelar pendidikan dan pelatihan kerja standar kompetensi tahap pertama tahun 2019.

Kepala UPT BLK Diperinakker Blora Amik Kristanti mengemukakan pelatihan tahap pertama tahun 2019 diselenggarakan mulai 21 Januari 2019 hingga 12 Maret 2019.

“Ada beberapa kelas, yaitu boga, komputer, salon kecantikan, bordir dan menjahit. Hanya saja waktu pelatihan berbeda masing-masing kelas dengan dipandu oleh instruktur yang membidangi dan bersertifikat,” jelas Kepala UPT BLK Amik Kristanti mewakili Kepala Diperinakker H. Setyo Edy, di Blora, Senin (4/2/2019).

Dijelaskannya, untuk kelas pelatihan tata boga dilaksanakan 20 hari. Pelatihan komputer 30 hari, salon kecantikan dan bordir 25 hari. Kemudian menjahit 35 hari.

“Jumlah peserta sebanyak 80 orang. Kami berharap agar waktunya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tekuni. Kalau tidak tahu silahkan bertanya kepada para instruktur. Harapannya, ini untuk masa depan peserta semuanya,” ujarnya.

Tujuan diadakan pelatihan, kata Amik Kristanti, untuk memberikan soft skill bagi calon tenaga kerja. Sehingga nantinya para peserta pelatihan tersebut bisa mendapat ilmu dalam bidang yang diikuti. Selain itu pelaksanaan pelatihan ini juga untuk mengurangi pengangguran yang terjadi di wilayah Blora.

“Diharapkan dengan pelatihan ini nantinya mereka nantinya bisa mendapat pekerjaan yang layak dengan bekal yang telah diterima selama pelatihan,” katanya.

Pesertanya, lanjutnya, berdasarkan hasil seleksi dan tes tertulis yang telah diinformasikan sebelumnya ke desa dan kelurahan.
Untuk menambah semangat, para peserta diminat membuat dan mempraktikkan yel-yel dari masing-masing kelas pelatihan.

Suasana nampak meriah ketika satu per satu kelompok kelas pelatihan meneriakkan yel-yel pada saat apel pagi sebelum pelatihan dimulai.

“Saya dari Kupang, NTT. Saya ikut pelatihan menjahit di BLK Blora melalui Yayasan Api Kasih Karunia. Ada sejumlah teman yang ikut pelatihan. Senang bisa bergabung dan menimba ilmu di BLK Blora,” kata Yulce, salah seorang peserta pelatihan kerja. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...