Berita Terkini

Musrenbang RKPD Tahun 2020 di Tingkat Kecamatan


Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) dan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 tingkat kecamatan.

Musrenbang RKPD berlangsung mulai Rabu (6/2/2018) hingga Kamis (14/2/2019) di masing-masing wilayah kecamatan.

Di kecamatan Japah, Musrenbang berlangsung di pendopo kantor kecamatan dipimpin oleh Camat Japah Minar Ami, dihadiri Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si, Forkopimca Japah, Anggota DPRD, Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Desa/Kelurahan setempat.

Minar Ami mengemukakan, RKPD Kabupaten Blora Tahun 2020 merupakan Tahun V (ke lima) pelaksanaan RPJMD Kabupaten Blora Tahun 2016 - 2021 yang diarahkan untuk meningkatkan iklim investasi dan berusaha yang kondusif dengan memanfaatkan potensi daerah didukung pemerataan infrastruktur wilayah yang berwawasa lingkungan.

“Musrenbangcam merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan desa/kelurahan di lingkup kecamatan. Tujuannya untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/ kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah di wilayah kecamatan,” kata Minar Ami, di Japah, Rabu (6/2/2019).

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan adalah usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang tertuang dalam daftar usulan desa/kelurahan yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan harus sesuai dengan sasaran dan prioritas pembangunan.

Termasuk, lanjutnya, kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa dan pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten Blora.

Isu strategis, lanjutnya, kualitas pembangunan manusia belum optimal, pemerataan dan mutu pendidikan masih rendah, derajat kesehatan masyarakat belum optimal, kuantitas dan kualitas infrastruktur belum memadai dan angka kemiskinan yang relatif tinggi.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Blora Irfan Agustian Iswandaru.

Menurutnya, arah kebijakan umum, kata Irfan Agustian Iswandaru, selaras dan sinergis dengan pembangunan nasional, antisipasi lingkungan internal dan eksternal, keberlanjutan program, percepatan pencapaian target pembangunan.

“Pendekatan substantifnya holistik, integratif, tematik, spasial. Berpedoman pada peraturan perundang-undangan, khususnya Permendagri 86/2017. Berpedoman pada RPJMD, memperhatikan capaian 2018 dan rencana target 2019,” jelasnya.

Kemudian, peningkatan keterkaitan dan keserasian pembangunan antar sektor, antar wilayah dan antar pemangku kepentingan, terpadu, berkesinambungan, berbasis potensi kawasan.

Di tempat yang sama, Wakil Bupai Blora H. Arief Rohman,M.Si mengapresiasi atas kinerja semua pihak di pemerintah kecamatan Japah pada tahun 2018.

“Kami mengapresiasi setinggi-tinggi atas kinerja di tahun 2018, diharapkan terus dipertahankan. Tentang dana desa menjadi amanah bagi kita semua untuk dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Wakil Bupati Blora juga mengajak semua pihak untuk memacu semangat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Blora.

“Mari bersama-sama mengentaskan da menurunkan angka kemiskinan di Blora,” katanya.

Pemkab Blora, menurut Wakil Bupati, akan mengupayakan jalan menuju desa Kalinanas Kecamatan Japah diusulkan menjadi jalan provinsi karena menghubungkan antar kabupaten, yakni kabupaten Pati dan Rembang.

Hal itu dikemukakan menyusul dibangunnya proyek nasional bendungan Randugunting di wilayah desa Kalinanas dan Gaplokan.

“Bendungan yang akan di bangun ini diharapkan mampu meningkatkan sektor pertanian di Japah, khususnya Desa Gaplokan dan Desa Kalinanas. Selain itu diharapkan bisa menyerap tenaga kerja. Khususnya sebagai destinasi wisata,” jelasnya.

Adapun jadwal musrenbang RKPD di kecamatan yaitu, Kecamatan Japah, Ngawen, dan Jiken, Rabu (6/2/2019).

Kecamatan Jepon dan Jati Kamis (7/2/2019). Kecamatan Bogorejo dan Kecamatan Kunduran, Senin (11/2/2019).

Kemudian, Kecamatan Kradenan, Kecamatan Kedungtuban, Kecamatan Banjarejo, Selasa (12/2/2016).

Selanjutnya, Kecamatan Blora, Todanan, Tunjungan dan Sambong, Rabu (13/2/2019).

Jadwal terakhir, Kecamatan Cepu dan Randublatung, Kamis (14/2/2019). (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...