Berita Terkini

Pemkab Blora dan Unissula Tandatangani Nota Kesepakatan Tri Dharma Perguruan Tinggi


Pemkab Blora dan Unissula Tanda Tangani Nota Kesepakatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Pemerintah Kabupaten Blora bersama Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menandatangani nota kesepakatan bersama pelaksaknaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kamis (7/2/2019).

Penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Understanding) dilakukan langsung oleh Bupati Djoko Nugroho dan Rektor Unissula, Ir. Prabowo Setiyawan, MT, PhD, disaksikan beberapa Kepala OPD terkait dan jajaran pimpinan Unissula lainnya di kantor Bupati Blora.

Rektor Unissula, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebuah perguruan tinggi mempunyai tiga tugas utama yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kedatangannya ke Blora ingin melaksanakan tiga tugas utama tersebut untuk masyarakat.

“Salah satu hadits menerangkan bahwa sabik-baiknya manusia adalah yang bisa memberikan manfaat untuk sekitarnya. Begitu juga dengan Unissula,” kata Prabowo Setiyawan, Rektor Unisulla.

Pihaknya ingin memberi manfaat untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Blora melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian. Yang salah satunya akan diwujudkan dengan pelaksanaan program KKN atau Kuliah Kerja Nyata.

Menurutnya pihak Unissula sudah melakukan MoU dengan beberapa kabupaten dan belum lama ini menerjunkan mahasiswa KKN di Kabupaten Semarang dan Jepara. Harapannya dalam waktu dekat, Blora juga bisa menjadi lokasi KKN mahasiswa.

“KKN kami tidak hanya selesai satu tahap saja, lalu ditinggal. KKN akan kami lakukan bertahap dan berkelanjutan sehingga ada suatu pendampingan untuk masyarakat, sehingga hasilnya bisa terukur dan perubahannya bisa dirasakan,” lanjutnya.

Jika ada permasalahan lain yang butuh diteliti dan diatasi bersama, pihaknya juga bersedia membantu sesuai disiplin ilmu yang ada di Unissula.

Pada acara yang sama, Bupati Djoko Nugroho menyambut baik penandatanganan MoU tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Unissula. Ia meminta agar OPD terkait segera melakukan tindak lanjut dengan Unissula sesuai permasalahan yang ada di Kabupaten Blora.

“Terimakasih Unissula yang telah datang ke Blora untuk menjalin kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya.

Kehadiran perguruan tinggi di Kabupaten Blora, lanjut Bupati Blora, merupakan hal yang penting dan diharapkan bisa membantu Pemkab dalam mengatasi masalah yang ada, seperti kemiskinan dan stunting.

“Bantu kami agar masyarakat bisa keluar dari garis kemiskinan dengan pemberdayaan berbasis potensi desa. Kami minta OPD terkait untuk menindaklanjuti kesepakatan ini sesuai bidang masing masing,” kata Bupati Blora.

Bupati berharap dengan pelaksanaan KKN nanti, mahasiswa Unissula bisa memberi edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan, membiasakan hidup sehat dan mencegah pernikahan dini.

“Angka pernikahan dini di Kabupaten Blora ini masih tinggi. Orang desa kebanyakan malah bangga ketika anak gadisnya dilamar laki-laki meskipun belum cukup umur,” katanya.

Pola pikir seperti ini, kata Bupati, yang harus diubah. Semuanya dinilai kompak untuk mengubah kebiasaan pola pikir seperti ini.
Jika pernikahan dini terjadi, katanya, bukan tidak mungkin anak yang dilahirkan nanti akan memiliki potensi stunting. Karena rahim ibu yang belum siap untuk dibuahi sehingga pertumbuhan janin tidak maksimal, akhirnya anak yang dilahirkan mengalami keterlambatan pertumbuhan baik secara fisik maupun mental.

Usai penandatanganan MoU, diakhiri dengan saling tukar cindera mata berupa plakat logo masing-masing lembaga dan foto bersama. (Dinkominfo Kab.Blora)

    Berita Terbaru

    Workshop Fotografi dan Videografi Bagi OPD
    20 April 2019 Jam 06:52:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda)...

    Dekranasda Blora Gelar Pameran Produk Unggulan Daerah
    18 April 2019 Jam 09:30:00

    Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tingkat Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar pameran...

    Wabup Arief Rohman Gunakan Hak Pilih di TPS 11 Desa Sendangwungu
    18 April 2019 Jam 09:21:00

    Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si melakukan pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 11 Desa Sendangwungu,...