Berita Terkini

Aktualisasi Diri Para Santri Melalui Porsadin


Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si mengatakan melalui Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN merupakan ajang aktualisasi diri santri dari seluruh Madrasah Diniyah (Madin) di bidang olahraga dan seni Islami.

Demikian hal itu disampaikanoleh Wakil Bupati Blora ketika membuka PORSADIN ke V tingkat Kecamatan Jiken di Madrasah Diniyah (Madin) Al Muttaqin Desa Nglobo, Minggu (10/2/2019). Acara diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Diniyah dan Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Jiken.

Wakil Bupati Blora berpesan kepada seluruh anak-anak atau santri Madin yang mengikuti PORSADIN untuk terus semangat. Mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk meraih prestasi.

“Jiken dulu pernah jadi juara umum PORSADIN di tingkat Kabupaten. Buat adik-adik, ayo tunjukkan kemampuanmu agar prestasi sebagai juara umum nantinya bisa kembali ke tangan kontingen Kecamatan Jiken. Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas,” ujarnya.

PORSADIN, lanjutnya, merupakan ajang aktualisasi diri adik-adik santri dari seluruh Madin di bidang olahraga dan seni Islami. Selain kemampuan mengaji, melalui acara ini bakat lainnya bisa disalurkan dan dijadikan modal menjadi atlet profesional.

“Khusus untuk guru-guru Madin, kami dari Pemkab Blora terus berusaha agar insentifnya terus bertambah. Mohon maaf jika saat ini hanya mampu memberikan insentif sebesar Rp 400.000 per tahun. Kita upayakan nanti mendapatkan insentif Rp 400.000 per bulan. Mohon doanya,” lanjut Wakil Bupati.

Ia meminta pihak terkait agar insentif guru-guru Madin bisa dicairkan sebelum lebaran tahun ini. Harapannya bisa untuk menambah kebutuhan lebaran.

Dikatakannya, Pemprov juga sedang merencanakan insentif untuk guru-guru Madin se Jateng.

“Alhamdulillah nanti juga akan ada tambahan dari Gubernur H. Ganjar Pranowo. Harap administrasinya segera dipenuhi untuk pencairannya nanti,” katanya.

Pendidikan anak atau santri di Madrasah Diniyah, katanya, sangatlah penting dan merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa. Selain ilmu agama, di Madin inilah pelajaran akhlak diberikan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia PORSADIN V FKDT Kecamatan Jiken, Suhudi menyampaikan bahwa pelaksanaan PORSADIN ini diselenggarakan selama satu hari dengan mempertandingkan 11 macam lomba mulai lomba puisi islami, lomba menyanyi islami, lomba atletik, tenis meja, bulutangkis dan lainnya.

“Pesertanya dari 12 Madin se Kecamatan Jiken. Pemenangnya nanti akan maju mewakili Kecamatan Jiken dalam ajang PORSADIN V tingkat Kabupaten Blora yang akan diselenggarakan pada bulan Maret nanti. Insya Allah lokasinya di Kecamatan Kunduran,” jelasnya.

Hadir dalam pembukaan PORSADIN tersebut, perwakilan Forkopimcam Jiken, perwakilan FKDT Kabupaten Blora, Kepala Desa Nglobo, tokoh agama dan masyarakat setempat. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Karnaval Pelajar di Blora Meriah
    19 Agustus 2019 Jam 07:42:00

    Karnaval pelajar tingkat PAUD/TK, SD dan SMP di Kabupaten Blora berlangsung meriah, Senin...

    Pemkab Blora Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah
    18 Agustus 2019 Jam 17:39:00

    Pemkab Blora Blora menyerahkan bantuan kepada para korban kebakaran yang berada di Dukuh Jajar...

    Kapolres Blora Inspektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih
    17 Agustus 2019 Jam 15:53:00

    Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto menjadi inspektur upacara penurunan bendera...