Berita Terkini

Perlu Kesungguhan Penanggulangan Kemiskinan


Bupati Blora Djoko Nugroho menekankan kepada seluruh jajaran terkait, mulai dari OPD, Camat hingga Kades untuk sungguh-sungguh dalam penanggulangan kemiskinan di wilayah setempat.

Hal itu disampaikan ketika memimpin rapat koordinasi dan sinkronisasi data program kegiatan penanggulangan kemiskinan Kabupaten Blora di Ruang Pertemuan Setda Blora, Senin (18/2/2019).

Rakor ini sebagai tindak lanjut dari kunjungan kerja Wakil Gubernur Jawa Tengah di Kabupaten Blora beberapa waktu yang lalu.

"Saya tekankan kepada seluruh jajaran terkait, mulai dari OPD, Camat hingga Kades untuk sungguh-sungguh dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Blora," tegas Djoko Nugroho.

Untuk itu, Bupati Blora minta kepada para Kades dan Camat untuk melakukan pendataan terhadap warga miskin yang ada di wilayahnya masing-masing, untuk kemudian akan diberikan bantuan Bedah RTLH yang berasal dari APBN, APBD, CSR Bank Jateng dan BAZNAS.

Bantuan Bedah RTLH dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler APBN sebanyak 40 rumah, APBD Provinsi dan Kabupaten sebanyak 908 rumah, serta CSR Bank Jateng dan BAZNAS sebanyak 340 rumah.

Untuk DAK Reguler sebanyak 40 rumah akan diberikan kepada warga di Kelurahan Tambakromo, Cepu. Sedangkan bantuan Bedah RTLH yang berasal dari APBD Provinsi dan Kabupaten sebanyak 908 rumah diberikan kepada warga di 12 Desa Prioritas 1 dan 2. CSR Bank Jateng dan BAZNAS akan diberikan kepada masing-masing 10 keluarga di 34 Desa Prioritas 3.

BAZNAS Kabupaten Blora juga akan memberikan bantuan usaha produktif bagi masing-masing 10 keluarga di setiap Desa Prioritas 1 dan 2.

"Selain CSR Bank Jateng dan BAZNAS, saya minta kepada para Kades untuk dapat menyisihkan dana desa guna pendampingan usaha bagi warganya yang belum bekerja," lanjut Bupati.

Kepada tiap-tiap OPD di Kabupaten Blora, lanjutnya, diminta untuk menjadi bapak angkat bagi 5 orang miskin dengan memberikan bantuan masing-masing sebesar 5 juta rupiah setiap tahunnya.

Berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Reny Miharti, bantuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan berupa benih padi dan benih jagung.

"Kita alokasikan bantuan benih padi sebanyak 25kg per hektar dan benih jagung 15kg per hektar. Bantuan akan diberikan kepada kelompok-kelompok tani," ujarnya.

Di samping bantuan benih padi dan jagung, juga akan diberikan bantuan benih ikan sebanyak 10 ribu ekor dari Dinas Peternakan dan Perikanan.

Hadir dalam rakor Sekretaris Daerah dan Kepala Bappeda dan 11 OPD teknis terkait penanggulangan kemiskinan, seluruh Camat, Kades Desa Prioritas 1 dan 2, PD BPR Blora, PD BPR BKK, PDAM, BPE, BPH, BANK JATENG dan BAZNAS. (Dinkominfo Kab. Blora)


    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...