Seni dan Budaya

Memasyarakatkan Senam Yoga Untuk Kebugaran


Senam yoga bisa membantu manusia untuk segar bugar, awet muda dan seger waras (sehat). Hal itu disampaikan oleh Purwadi Setyanto, pendiri paguyuban senam dan olahraga Yoga Kembang Seroja Kabupaten Blora.

“Senam Yoga Kembang seroja ini saya rintis mulai tahun 1993. Awalnya melalui privat keluarga, tapi semakin hari banyak yang minat khususnya kaum perempuan, sehingga membuka group dengan mengatur jadwal latihan bersama pelatih khusus perempuan,” kata Purwadi, di rumahnya, Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora, Senin (11/3/2019).

Gayung bersambut, upaya untuk membantu warga segar bugar, awet muda dan seger waras melalui senam Yoga Kembang Seroja mendapat respon tidak hanya dari group pria dan wanita dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Blora. Tetapi juga merambah dengan group di wilayah kecamatan dan perdesaan.

“Para peserta memang  antusias  sehingga saya dan pelatih perempuan harus mengatur jadwal. Saat ini lebih dari 100 peserta yang kini rutin berlatih dengan kami. Mereka terbagi beberapa group. Selain itu masih saya buka untuk privat keluarga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sejatinya group peserta Yoga Kembang Seroja telah menetapkan sesepuh dan penasehat, yaitu Dra. Hj. Umi Kulsum, istri Bupati Blora Djoko Nugroho.

“Berdasarkan kesepakatan bersama, Ibu Umi Kulsum sudah ditetapkan sebagai sesepuh dan penasehat  group senam Yoga Kembang Seroja,” katanya.

Bahkan, ketika dihelat acara oleh salah satu stasiun televisi nasional di Blora beberapa tahun lalu, peserta Yoga Kembang Seroja sempat diminta tampil bersama Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho.

Purwadi menuturkan, ada peserta yang aktif dan pasif. Hal itu disebabkan karena kesibukan pekerjaan atau hal lain. 

Sebagai pendiri dan pelatih senam yoga di Blora, ia bersama Dewi Parwati, istrinya, tidak sekadar langsung bisa melatih. Melainkan melalui proses pelatihan yang matang hingga mendapatkan sertifikasi senam yoga hingga tingkat internasional.  

“Saya belajar senam yoga sejak kecil dari kakek. Kemudian saya perdalam dengan mengikuti organisasi hingga mendapakan sertifikasi. Niat saya membantu dan mengajak agar tetap segar bugar, awet muda dan seger waras melalui senam Yoga Kembang Seroja,” jelasnya.

Nama Kembang Seroja, kata Purwadi, merupakan akronim berbahasa Jawa, yaitu Kembang singkatan Kudu Eling Mlaku Becik Apik Ngalah (harus ingat jalan baik, lebib baik mengalah). Sedangkan Seroja singkatan dari Seger Waras Raga lan Jiwane (segar bugar raga dan jiwanya). 

Pada kesempatan yang sama, Dewi Parwati, pelatih senam Yoga Kembang Seroja perempuan mengatakan walau terlihat gerakannya santai, yoga bisa membakar lemak, menurunkan berat badan, menghaluskan dan menyegarkan kulit.

“Sehingga membangun rasa percaya diri kita. Karena gerakan yoga selalu disertai dengan relaksasi, maka yoga bermanfaat untuk kesehatan,” ujarnya.

Dikatakannya, yoga melancarkan peredaran darah, meningkatkan kerja jantung. Sehingga kebugaran, stamina dan daya tahan tubuh bisa terbangun baik.

Selain itu meningkatkan fleksibelitas tubuh, membangun otot dan menguatkan persedian. Bisa memperkuat  tulang serta mencegah osteoporosis, mengurangi gelaja sakit pinggang.

“Yoga juga bisa membangun kerja organ yang lebih optimal, sehingga membantu pengeluaran racun dari tubuh, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Yoga bisa rileks, mengurangi stress dan bahkan mencegahnya,” katanya.

Emosipun bisa dikendalikan dan dikuasai dengan mudah, serta membangun pikiran positif, meningkatkan fokus dan daya ingat.

“Yoga menerima kita apa adanya, kita datang dengan apa yang kita miliki dan dari sana, kita dapat pindah ke sikap atau asana (pose yoga) yang akan membantu kita dari dalam ke luar,” katanya.

Dengan melakukan latihan terus-menerus menciptakan cahaya keseluruhan yang memancar keluar.

“Memberi kita efek muda alami. Latihannya lebih kurang satu jam sekali pertemuan,” ujarnya.

Sementara itu Ely Nurlaely salah seorang peserta senam Yoga Kembang Seroja mengatakan, setelah mengikuti senam yoga, merasakan badan segar dan fresh.

“Setelah mengikuti senam yoga, badan terasa segar, aliran darah merasa lancar,” katanya.  (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Apel Gelar Pasukan Pengamanan Menghadapi Pemilu 2019
    22 Maret 2019 Jam 07:49:00

    Apel gelar pasukan berlangsung di Alun-Alun Blora, Jumat (22/3/2019). Apel dipimpin oleh...

    Pengumuman Pelaksanaan Itsbhat Nikah
    21 Maret 2019 Jam 19:37:00

    Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah bekerjasama dengan Institut Kewarganegaraan Indonesia...

    Kecamatan Blora Gelar Apel Bersama Jelang Pemilu 2019
    21 Maret 2019 Jam 14:40:00

    Camat Blora Kota, Kabupaten Blora, Sarmidi, SP, memantapkan slogan 5K untuk mensukseskan...