Batupasir Kuarsa


   Batupasir kuarsa merupakan endapan batupasir yang kaya akan mineral kuarsa (SiO2). Berdasarkan hasil survey dilapangan, potensi batupasir kuarsa yang tersingkap dipermukaan berada di Desa Ngampel dan Desa Sendangharjo, Kecamatan Blora. Sebagian besar sudah dilakukan penambangan secara tradisional oleh masyarakat sekitar. Batupasir kuarsa yang ditambang, belum dimanfaatkan untuk keperluan industri maupun keperluan pembangunan lainnya, berdasarkan informasi, hanya sebagai tanah untuk timbunan, atau biasa disebut tanah urug oleh para penambang. Salah satu kegunaan batupasir kuarsa untuk industri adalah sebagai bahan campuran semen yang pemanfaatannya diolah dan diekstrak kandungan Si-nya.


            Secara petrologi kenampakan fisik batupasir kuarsa berwarna coklat keputihan sampai abu-abu kekuningan, ukuran butir pasir halus sampai pasir sangat kasar, masif dan perlapisan, semen silika dan kaya akan mineral kuarsa. Batupasir kuarsa yang dijumpai merupakan batupasir kuarsa dari Formasi Ngrayong. Kondisi singkapan pada lokasi ini merupakan perselingan antara batupasir kuarsa dengan batugamping dan batulempung.


            Penambangan di desa Ngampel sudah dilakukan cukup lama, berdasar informasi sudah ditambang selama ± 20 tahun dan dilakukan secara turun temurun dalam satu keluarga. Luas potensi batupasir kuarsa ini mencapai 577,2 ha. 

    Berita Terbaru

    SMK Muhammadiyah 1 Blora Sepakati Kerjasama Dengan YIMM dan Axioo
    23 September 2017 Jam 13:14:00

    SMK Muhammadiyah 1 Blora melaksanakan penandatanganan kerjasama (MOU) dengan Dunia Usaha (DU)...

    Kominfo dan DPR RI Gelar Seminar Sosial Media
    23 September 2017 Jam 12:16:00

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama denga Dewan Perwakilan Rakyat...

    Penyampaian Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Blora Tahun 2017 disertai Nota Keuangannya
    22 September 2017 Jam 09:12:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menyelenggarakan rapat paripurna dalam...