Batupasir Kuarsa


   Batupasir kuarsa merupakan endapan batupasir yang kaya akan mineral kuarsa (SiO2). Berdasarkan hasil survey dilapangan, potensi batupasir kuarsa yang tersingkap dipermukaan berada di Desa Ngampel dan Desa Sendangharjo, Kecamatan Blora. Sebagian besar sudah dilakukan penambangan secara tradisional oleh masyarakat sekitar. Batupasir kuarsa yang ditambang, belum dimanfaatkan untuk keperluan industri maupun keperluan pembangunan lainnya, berdasarkan informasi, hanya sebagai tanah untuk timbunan, atau biasa disebut tanah urug oleh para penambang. Salah satu kegunaan batupasir kuarsa untuk industri adalah sebagai bahan campuran semen yang pemanfaatannya diolah dan diekstrak kandungan Si-nya.


            Secara petrologi kenampakan fisik batupasir kuarsa berwarna coklat keputihan sampai abu-abu kekuningan, ukuran butir pasir halus sampai pasir sangat kasar, masif dan perlapisan, semen silika dan kaya akan mineral kuarsa. Batupasir kuarsa yang dijumpai merupakan batupasir kuarsa dari Formasi Ngrayong. Kondisi singkapan pada lokasi ini merupakan perselingan antara batupasir kuarsa dengan batugamping dan batulempung.


            Penambangan di desa Ngampel sudah dilakukan cukup lama, berdasar informasi sudah ditambang selama ± 20 tahun dan dilakukan secara turun temurun dalam satu keluarga. Luas potensi batupasir kuarsa ini mencapai 577,2 ha. 

    Berita Terbaru

    Pertemuan Gabungan Persit Sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi
    10 Desember 2018 Jam 11:42:00

    Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Candra Kirana (KCK) LX Batalyon Infanteri (Yonif) 410...

    Dzikir dan Haul Akbar Berlangsung Khidmat
    09 Desember 2018 Jam 08:13:00

    Ribuan umat muslim berbagai daerah dari dalam dan luar Kabupaten Blora mengikuti Majlis Dzikir...

    Pertunjukan Wayang Kulit dan Pengajian digelar Pepadi Pusat di Blok T
    08 Desember 2018 Jam 21:31:00

    Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) pusat Jakarta menggelar pertunjukan wayang kulit dan...