Seni dan Budaya

Lafal Asmaul Husna Nuansa Religi Pusat Kota Blora Terkini


Pemerintah Kabupaten Blora mempercantik seputar bundaran atau Alun-Alun dengan tiang lampu dan pernik religius lafal Asmaul Husna.

Dalam beberapa hari ini sudah ada 99 lampu bertuliskan lafal Asmaul Husna di sepanjang kawasan pusat kawasan pusat kabupaten yang dikenal dengan kuliner sate.

Bupati Blora, H. Arief Rohman,S.IP mengatakan tiang lampu bertuliskan lafal Asmaul Husna juga akan dipasang di sepanjang Jalan Pemuda.

Yakni, mulai dari Alun-Alun sampai dengan Tugu Pancasila.

"Ya jumlahnya ini sesuai dengan Asmaul Husna 99 tiang. Jadi sepanjang Alun-Alun, Jalan Pemuda sampai Tugu Pancasila. Kalau enggak cukup ya bolak-balik berarti dua sisi," ucap Arief Rohman, Rabu (5/5/2021).

Bupati Blora Arief menjelaskan hiasan lampu bertuliskan lafal Asmaul Husna merupakan hasil kerja sama dengan Pertamina.

"Itu dari Pertamina, itu prosesnya sudah lama sebelum kemarin pembahasan (CSR) ini. Jadi kita kerja sama dengan Pertamina," katanya.

Menurut Bupati, hadirnya lampu tersebut juga didasarkan dari aspirasi masyarakat Blora.

"Ya sebagian aspirasi masyarakat ingin biar wajah Blora ini sejuk dan sebagainya, ada nuansa religi juga lah, sesuai visi misi kita ada Blora mengaji dan sebagainya, ini salah satunya usulan dari masyarakat itu," jelasnya. 

Meski sampai saat ini belum terpasang semuanya, Arief memerintahkan agar sebelum Idulfitri, sudah rampung dikerjakan.

"Ya kita penginnya sebelum Idulfitri sudah selesai. Karena konsepnya pakai konten lokal, ya saya minta pakai kayu jati biar nambah juga konten lokalnya," jelasnya.

Selain tiang lampu berlafal Asmaul Husna, nantinya akan ada tambahan lagi di sejumlah titik terkait ornamen-ornamen yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Blora.

"Kita rencana nanti juga ada Tugu Barongan nanti (kerja sama) dengan Semen Indonesia, nanti di perbatasan Ngampel, tapi masih penjajakan," ujarnya.

Sementara itu, dua orang pengunjung yang berada di Alun-Alun, Yeti dan Lilis mengaku dengan adanya tiang lampu Asmaul Husna semakin mempercantik pemandangan di sekitar Alun-Alun.

"Sebulan yang lalu belum ada sih, tapi sekarang ada dan semakin lebih indah. Apalagi ada tulisan Asmaul Husna, jadi tidak hanya ada unsur keindahannya saja, tapi ada juga unsur religi dan pendidikan bagi anak," kata Yeti.

Ungkapan senada disampaikan Lilis.

"Kalau menurut saya lebih cantik karena kalau malam-malam itu biar ada pemandangan yang lebih indah, dan terus ada tulisan Asmaul Husna jadi kalau lewat kita bisa baca sambil belajar," ucapnya. (Tim Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Perempuan Diajak Ikut Berperan Dalam Pembangunan Politik di Indonesia
    13 Agustus 2022 Jam 18:00:00

    Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM membagikan pengalamannya selama berkecimpung dalam...

    Sebanyak 288 Jemaah Haji Kabupaten Blora Tiba dengan Selamat dan Sehat di Kampung Halaman
    13 Agustus 2022 Jam 17:44:00

    Sebanyak 288 jemaah haji Kabupaten Blora tahun 2022 akhirnya tiba kembali di kampung halaman....

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Sabtu 13 Agustus 2022
    13 Agustus 2022 Jam 16:45:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...