Berita Terkini

Penutupan Pelatihan Tenaga Kerja Berbasis Kompetensi Tahap II di BLK Blora


Bupati Blora H. Arief Rohman,S.IP,M.Si bersama Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST,MM menghadiri penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas Tahap II tahun 2021 di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Senin (10/5/2021).

Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi terselenggaranya pelatihan, dan berharap para peserta yang telah lulus segera mendapatkan pekerjaan dan hasil dari pelatihan bisa diimplementasikan kepada masyarakat.

“Kita punya MPP, nanti di sana juga ada showroom untuk UMKM, hasil dari BLK ini bisa ikut dipromosikan. Intinya, saya mengapresiasi terselenggaranya pelatihan dan berharap para peserta pelatihan yang telah lulus segera bisa mendapatkan pekerjaan dan hasil dari pelatihan bisa diimplementasikan kepada masyarakat,” kata bupati.

Bupati bersama wabup secara simbolis menyerahkan sertifikat kelulusan kepada peserta. Setelah itu menerima cendera mata berupa hasil karya peserta kelas menjahit.

Kepala UPTD BLK Blora Dra. Amik Kristanti dalam laporannya menyampaikan, melalui APBN 2021 pihaknya menerima 17 program kegiatan yang dilaksanakan tiga tahap. “Tujuannya adalah utuk pencari kerja, sehingga nanti bisa mandiri di dunia usaha dan industri,” ucapnya.

Untuk tahap II, jelas Amik, dimulai 5 April 2021 dengan membuka kelas Tata Boga (18 hari), Komputer (33 hari), Jahit (33 hari), Salon (33 hari) dan batik (33 hari). Masing-masing kelas 16 peserta, sedangkan untuk pelatihan pada Tahap III akan dilaksanakan 24 Mei 2021 selama 47 hari.

Amik menyebut, tiga bulan pasca pelatihan, para alumni/peserta diminta wajib melaporkan apakah sudah mendapatkan kerja atau belum.

Selama tahun 2018 hingga 2020, menurut Amik, BLK Blora telah meluluskan 928 orang. Dari jumlah yang diketahui dari data sebelum pandemi COVID-19 itu, sebagian besar sudah menekuni dunia usaha sendiri atau mendapatkan pekerjaan.

Dalam kesempatan yang sama Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinperinnaker Blora Sudharmono, S.Sos. M.Si mendukung program 99 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Blora.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan fashion show dari kelas menjahit yang disambut antusias Bupati dan Wakil Bupati Blora. Bahkan ketika akan masuk ke ruang acara, Bupati dan Wakil Bupati melihat dan mengapresiasi aneka hasil karya pelatihan, di antaranya batik, tas, taplak meja dan korden.

Hadir pada acara itu sejumlah Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi Dinperinnaker, juga instruktur pelatihan dari Kodim 0721/Blora. (Tim Dinkominfo Blora). 

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...