Berita Terkini

Program Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy Diharapkan Berkelanjutan di Blora


Mewakili Bupati H. Arief Rohman, S.I.P., M.Si., Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, S.T., M.M., (9/6/2021) menghadiri pembukaan Program Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) yang dilaksanakan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Yogyakarta di Kabupaten Blora, Rabu (9/6/2021).

Bertempat di ruang pertemuan Hotel Kryiad Arra Cepu, acara pembukaan juga dihadiri Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta yang diwakili Kepala Sub Koordinator TU sekaligus peneliti BPSDMP Kominfo Yogyakarta, Suwarto, S.H., M.PA., bersama Kepala Dinkominfo Blora Drs. Sugiyono, M.Si., serta perwakilan Dindagkop UKM.

Di depan Wakil Bupati, Suwarto, S.H., M.PA., menyampaikan bahwa pelatihan DEA yang mengutakaman tentang digital konten ini ditujukan untuk para pelaku usaha kecil menengah agar kedepan bisa tetap eksis membangun ekonomi di tengah pandemi yang serba online melalui berbagai kanal digital seperti media sosial dan lainnya.

“Kami menggandeng Mitra Global Tech Company, Perguruan Tinggi, dan Start-up Lokal. Sasaran program ini adalah mencetak Digital Entrepreneur (Digipreneur) baru dengan target nasional sejumlah 22.000 orang dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.,” ungkapnya.

Pada DEA 2021 ini, menurutnya pengusaha UKM dan UMKM akan dilatih untuk mengenal dan mengevaluasi model bisnisnya. Selain itu juga membuat foto produk dan konten yang lebih menarik disertai copywriting yang mengajak konsumen membeli, optimasi media sosial dan marketplace.

“Pada awalnya kami akan melaksanakan program ini di Kudus, namun karena pertimbangan pandemi Covid-19 yang meningkat disana sehingga kami alihkan ke Blora. Alhamdulillah disambut baik Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, sehingga bisa terlaksana mulai hari ini. Antusias pelaku UKM juga luar biasa. Untuk tahap awal ini ada 239 pandaftar, dan yang lolos sebanyak 101 peserta,” terang Suwarto.

Pengumuman pandaftaran sebelumnya telah dimuat di akun instagram BPSDMP Kominfo Yogyakarta, Dinkominfo Blora hingga akun instagram Bupati Blora.

Pihaknya juga menyatakan bahwa semua peserta telah menjalani swab antigen dan dinyatakan negative Covid-19.

Pelaksanaannya juga akan dipisah per kelas 25-26 orang sesuai protokol kesehatan.

“Acara dilaksanakan selama dua hari, mulai hari ini hingga Kamis (10/6/2021) besok. Peserta tidai bermalam di hotel, melainkan pulang ke rumah dan besok kembali ke hotel guna mengantisipasi terjadinya kerumunan,” tambahnya.

Selama pelatihan peserta mendapatkan masker, hand sanitizer, uang saku, fasilitas makan siang, sertifikat kepesertaan, serta ilmu jualan online yang dapat diaplikasikan langsung.

Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati pun mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini.

Dirinya berharap agar program ini bisa berkelanjutan di Kabupaten Blora karena masih banyak teman-teman pelaku UKM yang masih ingin mengikuti.

“Kami mewakili Bapak Bupati mengucapkan terimakasih kepada BPSDMP Kominfo Yogyakarta yang telah mengadakan program DEA di Kabupaten Blora. Beliau titip salam untuk teman-teman semua. Karena masih mengikuti pembekalan kepemimpinan dari Kementerian Dalam Negeri, hingga mewakilkan kepada kami,” ucap Mbak Etyk, sapaan akrabnya.

“Sebenarnya pelaku UKM di Kabupaten Blora jumlahnya sangat banyak, ribuan. Oleh sebab itu, kalian 101 pelaku UKM yang terpilih harus bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini. Kami juga berharap nantinya BPSDMP Kominfo Yogyakarta bisa melaksanakan tahap selanjutnya di Blora saja. Kami dari Pemkab siap mendukung penuh, apalagi untuk teman-teman UKM,” sambung Wakil Bupati.

Pembukaan dilakukan dengan penyematan tanda peserta pelatihan oleh Wakil Bupati kepada empat perwakilan pelaku UKM, dilanjutkan foto bersama. Usai pembukaan, langsung dibagi menjadi empat kelas untuk melanjutkan sesi materi. (Tim Dinkominfo/Tim Liputan Prokompim Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...