Berita Terkini

Bimtek SDM Pusat Kesejahteraan Sosial Tahun 2021


Blora - Mewakili Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si membuka Bimbingan Teknis Sumber Daya Manusia Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Tingkat Kabupaten Blora Tahun 2021, Jumat (11/6/2021) di Ruang Pertemuan Setda Blora.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Blora membacakan sambutan Bupati dilanjutkan dengan paparan singkat terkait kondisi sosial wilayah Kab. Blora. Pihaknya menyambut baik adanya bimbingan teknis (bimtek) Puskesos kali ini.

“Kegiatan bimtek saat ini saya rasa waktunya sangat tepat karena Pemkab Blora dalam rangka Ngopeni Kadang Kekurangan baru saja me-launching SLRT Kabupaten Blora pada hari Jumat tanggal 4 Juni 2021” Kata Sekda membacakan sambutan Bupati Blora.

Dikatakannya, dengan bimtek ini diharapkan pula akan terjadi akselerasi pengembangan dan penumbuhan Puskesos-SLRT di Kab. Blora sebagai tempat pengaduan layanan dan program perlindungan sosial serta sebagai pusat pelaksanaan pelayanan dan rujukan terpadu, baik di kabupaten maupun desa atau kelurahan.

Sekda mengungkapkan, Puskesos - SLRT sebagai layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan perlu dikembangkan untuk memastikan bahwa masyarakat miskin maupun rentan miskin mendapatkan akses perlindungan dan pelayanan sosial yang lebih cepat serta menyeluruh.

Puskesos-SLRT adalah sistem layanan yang mengidentifikasi kebutuhan dan keluhan fakir miskin dan orang tidak mampu serta melakukan rujukan kepada pengelola program penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu yang ada di Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

"Harapannya dengan adanha Puskesos ini, maayarakat yang mempunyai keluhan tidak dilempar sana sani cukup datang ke Puskesos-SLRT keluhan masyarakat terselesaikan," tambahnya.

Sekda kemudian membuka acara Bimtek Puskesos secara resmi dan dilanjutkan dengan sosialisasi dan bimbingan dari Tim Dirjen Kemensos RI.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial P3A Kab. Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si pada kesempatan tersebut turut melaporkan terkait pelaksanaan SLRT di Kabupaten Blora.

“Bimbingan teknis SDM Puskesos di Kabupaten Blora Tahun 2021 dengan peserta sebanyak 39 orang yang terdiri dari manajer, supervisor, fasilitator, front office, back office, pelaksana Puskesos Desa Sendangwungu, Kec. Banjarejo, Pelaksana Puskesos Kelurahan Bangkle, Kec Blora dan OPD terkait,” terang Indah.

Dengan adanya bimbingan teknis ini, kata dia, bisa meningkatkan dan mengembangkan SDM Puskesos.

Setelah acara resmi dibuka, dilanjutkan dengan sosialisasi dan bimbingan yang dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan Tim dari Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat, Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos RI. (Tim Dinkominfo/Tim Liputan Prokompim).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...