Seni dan Budaya

Termasuk Sektor Terdampak Pandemi, Ratusan Pekerja Seni Blora Terima Bansos Sembako


Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si., mengatakan pekerja seni termasuk sektor yang terdampak pandemi.

Hal itu disampaikan Bupati Blora pada acara penyerahan bantuan sosial sembako kepada ratusan pekerja seni Blora setelah melewati verifikasi Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora, Selasa, (27/7/2021) bertempat di pendopo rumah dinasnya.

“Pekerja seni termasuk sektor yang terdampak pandemi ini, sebelumnya biasanya manggung melaksanakan pertunjukan,kini tidak bisa melaksanakan, kita juga sedih, kita juga prihatin terhadap kondisi ini,” ucap Bupati Arief.

Bantuan sosial berupa sembako dari Pemkab Blora. Bantuan diserahkan oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, didampingi Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST., MM., dan Kapolres AKBP Wiraga Dimas Tama, S.I.K.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 4 perwakilan pelaku seni yang diundang Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora.

Menurut Bupati, bantuan sosial yang diwujudkan dalam bentuk sembako tersebut, diharapkan dapat sedikit meringankan beban para pekerja seni yang kini tak lagi menggelar pertunjukan akibat pandemi.

Bupati menyampaikan terimakasihnya kepada rekan-rekan pekerja seni yang telah bersabar dalam menghadapi ujian hidup akibat adanya pandemi Covid-19.

“Terimakasih apresiasi teman-teman yang sudah luar biasa, sudah bersabar kami juga mohon maaf belum bisa memberikan yang lebih karena memang dampak ini kita rasakan semuanya,” ungkapnya.

Kedepannya, Pemerintah Kabupaten Blora bersama dengan Forkopimda akan terus berupaya agar kasus Covid-19 di Blora dapat turun dan situasi . Sehingga Blora yang saat ini di level 3 nanti dapat turun ke level 2 dan menuju ke level 1.

Kita berdoa semoga bisa turun level, kalau sekarang level 3 semoga bisa turun ke level 2 dan nanti menuju new normal level 1.

“Kalau nanti sudah new normal level 1 kembali memulihklan pertunjukan seni, ini menjadi PR kita semua, kita minta tolong pekerja seni untuk ikut berpartisipasi mnurunkan angka covid-19 dengan protokol kesehatan dan vaksinasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3A Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si mengungkapkan bahwa Pemkab Blora akan memberikan bantuan sosial bagi mereka yang terdampak pandemi Covid-19 baik yang terpapar maupun terdampak secara ekonomi.

“Kami juga berikan bantuan untuk yang terpapar, juga yang terdampak secara ekonomi seperti pekerja seni, kepada PKL beberapa waktu lalu, dan juga masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Menurut Indah, awalnya ada sebanyak 255 data penerima dari pekerja seni telah diusulkan kepada Pemkab Blora, namun setelah diverifikasi Dinas Sosial P3A hanya sebanyak 237 yang berhak menerima.

“Data yang masuk ada 255 kemudian kami harus verifikasi, setelah kami verifikasi tinggal 237 yang akan kami salurkan. Berkurang 18 karena ada data yang dobel, ada yang tercatat menerima BST, PKH/BPNT, dan sebagainya,” jelasnya.

Sebagai informasi penyerahan secara simbolis dilakukan kepada perwakilan pekerja seni diantaranya Eksi Wijaya dari Aliansi Pekerja Seni, Aiyrton Lintar Zeta dan Danang Priyo Utomo dari FMC, Joko Lastiyono, Muhammad Nadin, dan Prayitno dari pekerja seni Barongan.

Turut hadir pada penyerahan bantuan tersebut perwakilan Dinporabudpar dan Bagian Kesra Setda Kabupaten Blora. (Tim Dinkominfo Blora/Tim Liputan Prokompim).

    Berita Terbaru

    Wabup Minta Industri Kecil Menengah di Blora Terus Berinovasi
    17 September 2021 Jam 19:09:00

    Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM secara simbolis menyerahkan bantuan untuk kegiatan...

    Infografis Monitoring Data COVID-19, Jumat 17 September 2021
    17 September 2021 Jam 18:22:00

    Infografis monitoring data COVID-19 diharapkan menjadi perhatian seluruh warga masyarakat Blora...

    World Cleanup Day 2021, Wabup Ingatkan Resik Iku Becik
    17 September 2021 Jam 18:20:00

    Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati,ST.,MM., memimpin apel World Cleanup Day 2021 di kawasan...