Seni dan Budaya

Rumah Artefak Blora Kembali Dibuka, Patung Rekonstruksi Homo Erectus Progresif Pikat Pengunjung


Patung rekonstruksi homo erectus progresif yang berada di rumah artefak Blora menjadi daya tarik bagi pengunjung, khususnya pelajar. Patung itu bantuan dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran.

Rumah Artefak Blora mulai dibuka kembali setelah Blora masuk PPKM Level 2 dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Untuk Rumah Artefak Blora kembali dibuka setelah Blora masuk PPKM Level 2. Itu pun bagi pengunjung harus menerapkan protokol kesehatan, termasuk kapasitasnya juga dibatasi,” kata Kepala Seksi Sejarah Purbakala Dinporabudpar Kabupaten Blora Eka Wahyu Hidayat, di Blora, Kamis (23/9/2021).

Pihaknya mempersilahkan warga untuk datang dan mengunjungi serta meminta penjelasan dari petugas berkaitan dengan aneka benda yang menjadi koleksi di Rumah Artefak Blora.

Menurutnya, Rumah Artefak Blora dipersolek untuk memikat pengujung oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. BPSMP Sangiran dengan memberikan bantuan teknis berupa penataan display koleksi benda cagar budaya milik Pemkab Blora yang disimpan dan dirawat di Rumah Artefak.

Hal itu dilakukan sebagai amanah Undang-undang No 11 tahun 2010 Tentang Cagar Budaya yang menyatakan setiap orang berhak memperoleh dukungan teknis dan/atau kepakaran dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah atas upaya Pelestarian Cagar Budaya yang dimiliki dan/atau yang dikuasai.

Dengan adanya bantuan teknis tersebut nantinya pengunjung atau publik bisa mendapatkan informasi, melalui interpretasi terhadap koleksi secara baik, benar, dan menarik. Dengan demikian diharapkan Rumah Artefak mampu berperan optimal memberikan edukasi, informasi, dan hiburan kepada publik.

Ditambahkan, melalui penataan koleksi pada display secara menarik, baik dan benar, dilengkapi dengan label atau poster informasi yang mudah dipahami, tata cahaya yang mendukung untuk melihat secara nyaman, alat peraga dan patung rekonstruksi homo erectus progresif, diharapkan memberikan nuansa kesenangan dan pengetahuan secara sinergis.

“Memang patung rekonstruksi homo erectus progresif yang dipajang di Rumah Artefak menjadi salah satu ikon yang menari pengunjung. Silahkan kalau akan swafoto, tetapi hati-hati jangan sampai merusak patung,” ungkapnya.

Pihaknya berharp, kedepan Rumah Artefak menjadi salah satu tujuan kunjungan publik yang ingin memperdalam pengetahuan alam, budaya, dan sejarah manusia.

Kemudian, Rumah Artefak menjadi pilot project percontohan museum mini yang cukup informatif dan menarik. Berikutnya, Rumah Artefak menjadi ruang diskursus berbagai studi ilmu yang akan menguatkan dan memperkaya generasi muda pada pendidikan, budaya, kesenian, dan pariwisata yang menjadi kebanggaan Blora.

Pihaknya berterimakasih kepada BPSMP Sangiran yang telah memberikan bantuan teknis berupa penataan display koleksi yang dimiliki Rumah Artefak.

“Kita selama ini banyak mendapatkan bantuan teknis, ini bukan yang pertama, tapi kita memang ada beberapa kali bantuan teknis yang semacam ini, termasuk bantuan pelatihan pada teman-teman untuk perawatan terhadap temuan-temuan kita. Kita banyak dibantu, terima kasih BPSMP Sangiran,” ungkapnya.

Dirinya berkeinginan bahwa Rumah Artefak yang ada di Blora adalah sebagai embrio berdirinya museum. Karena memang di perda tentang cagar budaya hal itu merupakan amanat bahwa kita harus punya museum ini agar tercapai pelestarian dan pemanfaatan cagar budaya sesuai amanah UU No 11 tahun 2010 Tentang Cagar Budaya dan UU No 5 tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan.

Sementara itu, sejumlah siswa SMKN 1 Blora Jurusan Multi Media yang melaksanakan praktik kerja industri (prakerin) nampak asik membuat dokumentasi (foto dan video) dan bertanya kepada petugas tentang koleksi benda di Rumah Artefak yang terletak di kompleks GOR Mustika sebelah timur. Mereka mangaku senang bisa berkesempatan mengunjungi rumah artefak.

“Senang bisa belajar sejarah purbakala langsung dari petugas yang berkompeten. Kemudian membuat video, foto untuk konten media sosial,” ucap Elsa Kurniawati, salah satu siswa SMKN 1 Blora Jurusan Multi Media.

Hal senada disampaikan siswa lainnya, Aida Isma Febrianti. Menurutnya, sempat kaget ketika melihat patung rekonstruksi homo erectus progresif.

“Sempat kaget, tapi setelah dijelaskan petugas akhirnya bisa mengerti, saya buat video, foto dan swafoto dengan teman-teman. Rumah Artefak Blora sangat menarik, ada fosil paus purba dan benda pusaka. Saya baru pertama kali mengunjungi Rumah Artefak, asik pokoknya,” kata dia.

Untuk diketahui, di Rumah Artefak tersimpan sekitar 200 buah benda cagar budaya dari empat peradaban, mulai masa Prasejarah, masa Klasik Hindu Budha, masa Islam hingga masa Kolonial, yang sehari hari dijaga dan dirawat oleh petugas dari Dinporabudpar Blora.

Selain sebagai tempat penyimpanan artefak, di Rumah Artefak juga melaksanakan kegiatan perawatan dan konservasi benda cagar budaya, yang ditangani oleh para staf seksi sejarah kepurbakalaan, yang telah mendapatkan pelatihan di BPSMP (Balai Pelestarian Situs Manusia Purba) di Sangiran, BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Provinsi Jawa Tengah, dan lain-lain.

Ratusan benda cagar budaya di rumah artefak ini sebagian besar berasal dari hibah oleh masyarakat yang tergabung dalam komunitas FPSBB (Forum Peduli Sejarah Budaya Blora), dari hasil riset oleh BPSMP Sangiran di Blora.

Serta beberapa koleksi pemkab yang berasal dari temuan masyarakat yang diapresiasi dalam bentuk ganti untung.
Koleksi rumah artefak berupa fosil-fosil dari kepala banteng, kepala kerbau, gading gajah purba, peralatan manusia purba, perhiasan bekal kubur Kalang, arca dari masa klasik, peralatan dan berbagai senjata dari masa Islam serta kolonial.

Koleksi itu terus bertambah karena makin kuatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelestarian cagar budaya untuk anak cucu ke depan. Kegiatan konservasi serta perawatan di rumah artefak berjalan terbuka dan masyarakat yang tertarik bisa belajar bersama, bagaimana menangani benda cagar budaya sesuai standart perawatan yang benar. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...